Mengenal Tanaman Hias Miana yang Cantik, Ini Cara Perawatannya Agar Rimbun

Gresnia Arela Febriani - wolipop Rabu, 23 Des 2020 18:30 WIB
Miana or coleus plant with Latin name Plectranthus Scutellarioides has a perfect red color with beautiful patern on the leaves. This plant is perfect for an ornamental plant in the yard and also has many benefits for traditional medicine. Tanaman hias Miana memiliki warna yang cantik. Foto: Instagram @airy_garden_official.
Jakarta -

Kamu tentu sudah tak asing ketika melihat tanaman hias ini. Yap, tanaman hias miana atau yang mempunyai nama ilmiah Coleus atropurpureus. Tanaman ini mempunyai nama berbeda di setiap daerah, yaitu Sigresing (Batak), Adong-adong (Palembang), Jawek Kotok (Sunda), Iler (Jawa Tengah), Ati-ati (Bugis) dan Serewung (Minahasa).

Tak hanya sebagai hiasan saja, tanaman miana juga bisa menjadi semak yang dapat mencapai tinggi sekitar 1,5 m. Selain mempercantik rumah, tanaman hias miana mempunyai beragam khasiat bagi kesehatan tubuh mulai dari sebagai obat wasir, bisul, demam nifas, radang telinga, dan obat haid tidak teratur.

Cara Perawatan Tanaman Hias Miana

Koleksi tanaman hias Miana yang mempunyai warna yang cantikKoleksi tanaman hias Miana yang mempunyai warna yang cantik. Foto: Instagram @airy_garden_official.

Wolipop berbincang dengan penjual aneka tanaman hias yaitu Ekawati dari @airy_garden_official tentang tanaman hias miana. Ekawati menjelaskan cara merawat miana yang menurutnya tidak sulit untuk dirawat.

"Tanaman hias miana menyukai lokasi yang terang (bright light) dan bisa beradaptasi di full sun atau sinar matahari langsung. Penyiraman 1-2 hari sekali, karena miana termasuk tanaman yang menyukai air. Akan tetapi jika kamu terlambat menyiram, akan membuat miana layu," ungkap Eka saat dihubungi oleh Wolipop, Kamis (17/12/2020).

Selain bisa ditanam di tanah langsung, miana juga bisa ditanam di pot kesayangan kamu. Supaya pertumbuhan miana tidak meninggi, miana harus sering ditrimming atau dipangkas agar tumbuh rimbun.

Tanaman ini juga tahan banting terhadap sinar matahari. Daunnya tidak mudah terbakar ketika terkena sinar matahari langsung. Pertumbuhan pucuk daun yang baru warna kuning cerah akan muncul.

Eka mengatakan sinar matahari yang optimal sangat mempengaruhi terhadap warna miana. Semakin banyak mendapatkan paparan sinar matahari, warnanya akan semakin memikat mata. Warna daunnya beraneka ragam mulai dari keemasan, kehitaman (Curly Lava), pink (Alabama SUmset), merah (Plum Parfait), kekuningan (Yellow Parpait), ungu hingga konbinasi beragam warna.

Akan tetapi jika tanaman miana kamu tampak layu, sebauknya langsung pindahkan ke dalam ruangan atau ruangan yang tidak terkena matahari langsung.

Pupuk Untuk Tanaman Hias Miana

Koleksi tanaman hias Miana yang mempunyai warna yang cantikKoleksi tanaman hias Miana yang mempunyai warna yang cantik. Foto: Instagram @airy_garden_official.

Eka melanjutkan jika untuk pemupukan, miana tidak memerlukan perlakuan khusus. "Cukup dipupuk dengan pupuk kompos atau pupuk kandang alami sebulan sekali. Karena jenis miana termasuk tanaman yang fast growing atau tumbuh dengan cepat. Walaupun tidak sering diberi pupuk khusus," ucapnya.

Kamu juga bisa memberikan pupuk jenis penumbuh dan juga pembasmi hama, agar miana dapat tumbuh rimbun dan menghasilkan warna yang cantik.

Penyakit Miana dan Solusinya

Koleksi tanaman hias Miana yang mempunyai warna yang cantikKoleksi tanaman hias Miana yang mempunyai warna yang cantik. Foto: Instagram @airy_garden_official.

Tanaman hias Miana mempunyai bentuk daunnya yang unik dan beragam. Mulai dari oval, tepinya bergerigi hingga bentuknya yang keriting. Menurut Eka, penyakit tanaman hias miana biasanya terserang ulat dan kutu putih.

"Untuk pencegahannya harus dilakukan penyemprotan insektisida secara berkala, selama dua minggu sekali atau pas terlihat ada gejala serangan hama tersebut," kata Eka.

Bagaimana, kamu tertarik untuk menambah daftar koleksi di rumah dengan menanam tanaman hias miana?

(gaf/eny)