8 Tanaman Hias Beracun, Lidah Mertua Hingga Dolar

Eny Kartikawati - wolipop Selasa, 22 Des 2020 05:30 WIB
Philodendron Silver Cloud. Tanaman hias beracun. Foto: Getty Images/iStockphoto/dropStock
Jakarta -

Tanaman hias jadi hobi yang tren selama pandemi Corona. Namun bagi kamu yang suka mengoleksi tanaman perlu diperhatikan apakah tanaman hias beracun atau tidak.

Beberapa jenis tanaman hias bisa berisiko membahayakan pemiliknya termasuk anak-anak. Tanaman hias beracun bisa menyebabkan orang yang terkena mengalami gatal-gatal, sakit perut hingga muntah. Apa saja yang termasuk tanaman hias beracun? Berikut ini 8 jenis tanaman hias beracun seperti dikutip dari CNBCIndonesia.com:

Daftar Tanaman Hias Beracun

1. Lidah Mertua

Tanaman hias Lidah Mertua memiliki ciri daun yang keras, tegak dengan ujung meruncing. Tanaman ini sebenarnya memiliki banyak manfaat. Salah satunya membuat udara tetap bersih.

lidah mertua tanaman penangkal polusiLidah mertua tanaman hias beracun tapi bisa jadi penangkal polusi. Foto: Adelia Putri/detikHealth

Namun, tanaman ini termasuk 'beracun', meski tak terlalu tinggi. Lidah mertua bisa menyebabkan muntah dan diare.

2. Kuping Gajah

Anthurium Magnificum atau tanaman hias kuping gajah memiliki daun yang besar dan hijau. Tak heran tanaman hias ini menawan menjadi pajangan di rumah. Namun ternyata kuping gajah termasuk tanaman hias beracun.

Tanaman hias ini ternyata bisa menyebabkan gangguan pernapasan, karena menutup jalur keluar masuk udara. Menggosokkan daun ke tangan juga bisa menyebabkan sensasi terbakar pada kulit. Termasuk rasa gatal yang tak biasa.

3. Philodendron

clean image of propagation of Philodendron Monstera, Swiss Cheese Plant leaves, cuttings in water rooting in glass vase, copy spacePhilodendron Foto: Getty Images/iStockphoto/dropStock

Philodendron termasuk tanaman hias yang hits selama pandemi Corona ini. Tanaman hias ini disukai karena bisa jadi pemanis ruangan. Namun hati-hati jika kamu meletakkannya di dalam rumah karena tak aman bagi anak. Seperti dikutip poison.org, jika daun philodendron tertelan bisa menyebabkan bibir, lidah dan tenggorokan membengkak.

4. Dieffenbachia

Tanaman hias Dieffenbachia masuk dalam suku Araceae atau talas-talasan. Bentuknya mirip aglonema. Tanaman hias beracun ini bisa menyebabkan gatal-gatal bila terkena getahnya. Sehingga harus dijauhkan dari anak-anak.

5. Lily

Lily flowers blooming in the garden. Stargazer lily. Oriental lilyBunga Lily. Foto: Getty Images/iStockphoto/izzzy71

Bunga lily memiliki warna yang cantik. Tapi ada racun di baliknya. Terjilat saja bisa menyebabkan sakit perut dan muntah-muntah.

6. Wisteria

Purple wisteria blossoms in springtime delicate petalstanaman hias wisteria. Foto: iStock

Tanaman Wisteria ini populer di China dan Jepang. Namun seperti dikutip dari poison.org, tanaman hias beracun ini bisa menyebabkan mual, muntah, diare, pusing hingga pingsan jika termakan

7. Foxglobe

Digitalis purpurea is biennial plant, with soft, hairy, toothed, ovate and lance-shaped leaves. But, it may be annual or perennial depending on the species. It is commonly called foxglobe, but also called throat wort, fairy finger, lion's mouth and witch's bells. It is characterized by a thick, cylindrical stem that reaches a height of 2 meters. Flowers grow in the first or second year, depending on the species, and are tubular and bell-shaped with a range of colors such as pink, purple, white, yellow and blue. Its blooming time is spring. Its blooming time is from late spring to early summer.Tanaman hias foxglobe. Foto: iStock

Foxglobe sebagai mana dimuat Net Doctor termasuk dalam tanaman hias beracun, meski memang dikembangkan juga untuk mengobati penyakit jantung. Foxglobe memiliki warna ungu menggantung. Bila termakan, tanaman tersebut bisa menyebabkan mual, kejang, mengigau dan detak jantung dan beraturan.

8. Dolar

ZamioculcasPohon dolar termasuk tanaman hias beracun. Foto: Dok. Istock

Zamioculcas zamiifolia atau di Indonesia dikenal dengan nama pohon dollar termasuk tanaman yang bisa hidup dalam kondisi minim cahaya. Tanaman ini memiliki beberapa nama lain yaitu ZZ atau zanzibar gem.

Tanaman yang mempunyai warna hijau mengilap ini sempat viral karena hoax dianggap sebagai penyebab kanker pada 2016. Nyatanya, pohon dollar bukanlah tanaman penyebab kanker.

Namun memang senyawa oksalat yang terkandung di pohon dolar dapat menyebabkan iritasi pada kulit dan gatal. Bila tak sengaja tersentuh, sebaiknya langsung cuci tangan dengan sabun.

Itulah delapan tanaman hias beracun yang sebaiknya dijauhkan dari jangkauan anak-anak.



Simak Video "Awasi Tanaman Hiasmu dari Pencuri"
[Gambas:Video 20detik]
(eny/eny)