Tips Mudah Bikin Kamar Tidur Jadi Lebih Sejuk Walau Tak Pakai AC

Vina Oktiani - wolipop Jumat, 18 Des 2020 11:12 WIB
Mock up frame in bedroom interior, marine room with sea decor and furniture, Coastal style, 3d render Ilustrasi Kamar Tidur / Foto: iStock
Jakarta -

Ingin memiliki kamar tidur yang sejuk walau tanpa menggunakan AC? Beberapa tips bikin kamar tidur jadi lebih sejuk atau adem ini mungkin bisa kamu coba. Selain bisa membuat kamarmu merasa lebih nyaman, pastinya bisa bikin kantongmu tetap aman karena nggak perlu pakai listrik untuk menyalakan AC.

Walaupun udara di luar lagi panas-panasnya, tapi jika kamu tahu bagaimana cara yang tepat untuk membuat kamar tidurmu jadi lebih adem, pastinya akan sangat membantu. Jika kamu penasaran, kamu bisa melihat beberapa tips bikin kamar tidur jadi lebih sejuk, seperti dilansir dari Beautynesia.id.

Tips Bikin Kamar Tidur Jadi Lebih Sejuk

1. Pasang Exhaust Fan

Cara pertama adalah pasanglah exhaust fan. Benda ini adalah kipas yang berfungsi untuk mengeluarkan udara panas yang berada di kamar tidurmu. Udara panas di ruangan tidurmu akan terbuang keluar dan menjadi cukup lebih sejuk dari sebelumnya. Benda ini juga biasanya dipasang di kamar mandi atau dapur yang berguna untuk menyedot udara panas.

2. Tanaman

Taruhlah beberapa tanaman khusus dalam ruangan di kamar tidurmu. Selain mempercantik untuk hiasan ruangan, tanaman akan berfungsi untuk mengeluarkan oksigen sehingga udara dalam kamar pun cukup sejuk. Kamu bisa menanam sendiri tanaman-tanaman kecil dalam pot lucu atau membelinya di toko-toko tanaman.

3. Cat dinding kamar dengan warna cerah

Terdapat warna tertentu yang sangat mudah menyerap panas. Salah satunya warna hitam. Usahakan warna cat dinding kamarmu berwarna cerah seperti putih, atau biru sehingga terkesan lebih sejuk dan dingin.

4. Mengganti sprei

Cobalah untuk menggunakan sprei berbahan katun yang nyaman digunakan saat musim panas atau dingin. Sprei yang memiliki bahan dasar katun akan lebih sejuk dan dingin saat digunakan di musim panas.

5. Kurangi perabotan dalam kamar

Perabotan yang cukup memadati ruangan kamarmu juga mempengaruhi sirkulasi udara yang masuk. Perabotan yang menumpuk dan terlalu banyak justru akan membuat udara semakin pengap dan panas. Maka dari itu mulailah dengan merapikan barang-barangmu dan memilah-milahnya.

Itulah beberapa tips bikin kamar tidur jadi lebih sejuk atau adem. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

(vio/vio)