Tips Merawat Gigi Agar Tetap Putih saat di Rumah Menurut Dokter

Vina Oktiani - wolipop Sabtu, 28 Nov 2020 18:00 WIB
examination and treatment of the teeth in the dental clinic Foto: thinkstock
Jakarta -

Memiliki gigi yang putih dan bersih adalah idaman banyak orang. Tak sedikit yang rela mengeluarkan uang lebih demi bisa mendapatkan tampilan gigi yang lebih putih. Namun sebenarnya ada beberapa tips yang dapat dilakukan untuk mencegah gigi menjadi kuning dan menjaganya tetap putih.

Dokter gigi Deviana Maria melalui press conference Ratanovation pada Jumat (27/11/2020) memberikan beberapa tips dan penjelasannya seputar hal tersebut. Berikut ini 4 tips merawat gigi agar tetap putih saat tetap di rumah menurut dokter Deviana.

1. Rajin Menggosok Gigi

Dokter gigi Deviana menjelaskan bahwa untuk menjaga dan merawat gigi agar tetap putih dan bersih, kamu perlu menggosok gigi dan membersihkannya secara rutin. Setidaknya kamu perlu menggosok gigi sebanyak dua kali sehari pada pagi dan malam hari setelah makan.

2. Pilih Pasta Gigi yang Ditujukan untuk Memutihkan Gigi

Tips merawat gigi agar tetap putih yang kedua adalah dengan menggunakan pasta gigi yang memang ditujukan untuk memutihkan gigi. Pasta gigi tersebut akan membantumu untuk memperoleh gigi yang lebih putih dan sehat.

3. Flossing Pakai Benang Gigi

Menurut Deviena, melakukan flossing menggunakan benang gigi cukup penting. Hal itu dikarenakan dengan menggunakan benang gigi, sisa-sisa makanan di sela-sela gigi yang mungkin sulit dibersihkan dengan hanya menggunakan sikat gigi saja akan terangkat.

"Sebenarnya flossing itu sangat berpengaruh karena banyak sisa-sisa makanan di antara gigi yang kita susah bersihkan. Dan itu mempengaruhi juga ke warna gigi. Karena kalau di sela-selanya warnanya itu sudah sedikit berubah karena stain ataupun gigi bolong, maka itu akan membuat gigi terlihat lebih coklat ataupun kuning," jelas Deviana.

4. Menghindari Makanan dan Minuman Berwarna

Cara lain untuk menjaga agar gigi tetap putih adalah dengan menghindari makanan dan minuman berwarna. Menurut dokter Deviana, salah satu penyebab utama gigi menjadi kuning adalah kunyit. Namun jika memang kalian sering mengonsumsi kunyit maka Deviena menyarankan untuk segera berkumur setelahnya.

(vio/vio)