Jangan Salah! Begini Cara Tentukan Porsi Makanan Ideal untuk Anjing

Jihaan Khoirunnisaa - wolipop Minggu, 13 Des 2020 17:30 WIB
Garbolnas Foto: shutterstock
Jakarta -

Anjing pada umumnya memiliki sistem pencernaan sensitif sehingga tidak merespons dengan baik makanan yang berlebihan. Oleh karenanya, kamu perlu tahu seberapa banyak porsi atau takaran makan yang ideal, guna menghindari tekanan pada pencernaan mereka.

Terlebih, takaran atau porsi makanan bisa berbeda sesuai dengan usia serta kondisi kesehatan. Agar tidak salah, begini cara tentukan porsi ideal untuk anjing kesayanganmu. Simak penjelasannya seperti dikutip dari akc.org berikut:

Berapa Banyak Anak Anjing Harus Makan?

Anak anjing umumnya sedang mengalami masa pertumbuhan yang cepat, sehingga perlu makanan yang lebih banyak dari anjing dewasa. Namun, makanan ini sebaiknya dibagi menjadi beberapa porsi kecil, dan diberikan dengan frekuensi lebih sering.

Untuk usia 1 bulan pertama, anak anjing perlu makanan dengan jumlah sedikit sebagai transisi dari air susu induk ke makanan padat. Barulah memasuki usia 4 bulan, anak anjing bisa makan tiga kali dalam sehari.

Selain itu, perhatikan juga konsumsi kalsium dalam setiap makanannya. Jika konsumsi kalsium rendah, maka anak anjing akan rentan terhadap penyakit tulang metabolik dan masalah kondisi ortopedi, seperti arthritis onset dini.

Bagaimana dengan Anjing Dewasa?

Untuk menentukan seberapa banyak porsi ideal untuk anjing dewasa, kamu bisa mulai menghitung berat tubuhnya. Lalu, kalkulasikan 10 persen dari bobot tubuh anjing. Itulah porsi tepat dalam menyediakan makanan untuk anjing dewasa.

Namun, anjing sering kali memohon untuk minta makanan tambahan, meskipun sudah diberikan. Nah, jangan sampai kamu terjebak dengan tatapan mata anjing ini, ya. Menggemaskan, tapi sebetulnya anjing dewasa cukup diberikan makanan dua kali dalam sehari.

Jika ia masih meminta, kamu bisa memberikan treats sebagai pengganti makanan. Dengan begitu, kamu bisa pastikan ia makan sesuai dengan porsi yang dianjurkan.

Ragam pilihan makanan untuk anjing dari Pedigree kini bisa kamu dapatkan di Lazada. Cukup buka aplikasi Lazada di handphone, barang bisa langsung diantarkan ke depan rumah. Tidak hanya itu, belanja makanan anjing di lazada juga lebih hemat karena ada promo Lazada 12.12 Garbolnas. Diskonnya nggak main-main bahkan kamu bisa dapetin promo hadiah gratis untuk snack anjing kesayangan dengan min belanja IDR 150,000

GarbolnasGarbolnas Foto: dok. Lazada

Jangan lewatkan juga kesempatan ngedapetin voucher senilai Rp 120 Ribu hingga Rp 1,2 Juta yang akan dibagi-bagikan setiap 2 jam sekali selama periode Garbolnas dan dapat langsung digunakan tanpa minimal pembelanjaan! Dahsyat banget, bukan? Makanya, yuk, kunjungi Lazada dan belanja keperluan untuk anjing kesayanganmu sekarang!

Sambil belanja barang-barang berkualitas, kamu juga bisa menyaksikan tayangan tv show terbaru dari Lazada, Ratu Jumawah, hanya di channel live streaming, LazLive aplikasi Lazada hingga 14 Desember 2020 di jam 18.30 WIB - 20.00 WIB! Talk show termegah dengan host multitalenta Soimah ditemani co-host super duper mega bintang, Ivan Gunawan, dengan bintang tamu spektakuler: Irfan Hakim, Aming, Al Ghazali, Alyssa Daguise, Melaney Ricardo, dan Ichsan Akbar. Tonton dan dapatkan kesempatan memenangkan voucher jutaan rupiah dan grand prize sepeda motor setiap harinya!

(akn/eny)