Begini Cara Rawat Vacuum Cleaner agar Tak Cepat Rusak

Inkana Putri - wolipop Sabtu, 12 Des 2020 19:19 WIB
Bersihkan rumah Foto: Shutterstock
Jakarta -

Vacuum cleaner bisa jadi alat yang ampuh untuk menjaga kebersihan rumah. Bersih-bersih pun terasa lebih mudah. Namun salah menggunakan vacuum cleaner bisa membuatnya cepat rusak sehingga tidak bisa berfungsi dengan baik.

Vacuum cleaner biasanya harus lebih sering dibersihkan daripada peralatan rumah tangga lainnya setidaknya setiap 1-2 minggu. Perawatan yang tepat akan membuat vacuum cleaner lebih awet dan berfungsi. Nah, supaya vacuum cleaner kamu awet dan tidak cepat rusak, berikut cara merawatnya yang benar dilansir dari washingtonpost.

Rutin Bersihkan Filter

Setiap vacuum cleaner standar biasanya memiliki satu filter yang perlu dibersihkan atau diganti secara teratur. Sebelum memakainya, ada baiknya untuk selalu biasakan diri membersihkan filternya terlebih dahulu. Dengan begitu udara pada vacuum cleaner bisa mengalir bebas dan bekerja lebih efektif.

Filter yang bersih akan mencegah debu dan kotoran memasuki mesin dan mencegah debu tidak masuk kembali ke ruangan. Jika filter vacuum cleaner dapat dicuci, pastikan filter tersebut sudah benar-benar kering sebelum dipasang kembali.

Ganti Kantong

Kebanyakan kantong vacuum cleaner memiliki batas garis untuk memberi tahu pengguna kapan kantong tersebut perlu diganti. Selain garis, sebagian vacuum cleaner juga punya sensor khusus yang memberi tahu kapan harus mengosongkan kantong tersebut. Batas dan sensor ini bertujuan untuk menjaga daya hisap vakum. Oleh karena itu, pastikan untuk mengganti atau mengosongkan kantong sebelum penuh. Mengingat kantung bisa saja pecah jika terlalu penuh oleh debu dan kotoran.

Cabut Kabel Perlahan

Mencabut kabel dengan terburu-buru memang bisa menghemat waktu. Namun, hal sepele ini justru bisa membuat vacuum cleaner cepat rusak karena bisa membengkokkan ujung steker. Jadi, pastikan untuk selalu hati-hati saat mencabut kabel. Pastikan juga untuk mencabut kabel saat vacuum cleaner tidak digunakan agar tidak rusak.

Bersihkan Sikat

Gulungan sikat pada vacuum cleaner biasanya sering sekali terdapat rambut atau bulu yang tersangkut. Jadi, jangan lupa untuk bersihkan juga segala kotoran yang tersangkut pada sikat. Menjaga sikat tetap bersih akan membuat vacuum cleaner bekerja lebih efektif sehingga hasilnya akan jauh lebih bersih dan karpet terlihat lebih rapi.

Hindari Sampah Kaca dan Serangga

Membersihkan serpihan kaca dengan vacuum cleaner mungkin bisa mempercepat kerja, namun hal ini juga bisa merusak mesin. Pasalnya, pecahan kaca dapat menembus kantong vacuum cleaner sehingga menyebabkan kantung bocor. Saat kantong bocor, kotoran dan debu bisa dengan mudah masuk ke dalam mesin hingga merusaknya. Sama halnya dengan kaca, serangga juga bisa membuat mesin rusak atau membuat kantung menjadi bau jika kantung terus dibiarkan dan tidak dibersihkan.

Nah, itulah beberapa cara untuk menjaga vacuum cleaner tetap bersih dan awet. Bagi Anda yang sedang mencari vacuum cleaner, ragam jenis vacuum cleaner dari Black & Decker bisa kamu dapatkan di Lazada! Apalagi sekarang sedang berlangsung promo Lazada 12.12 Garbolnas sampai tanggal 14 Desember nanti! Ada diskon hingga 70% ditambah voucher dan flexi combo yang bikin belanja jadi lebih hemat!

Selain itu, selama periode Lazada 12.12 Garbolnas berlangsung, kamu bisa dapatkan diskon sampai dengan 99% serta kesempatan membeli barang impian seharga Rp 12 di Crazy Flash Sale Lazada 12.12. Jangan lupa, masih banyak diskon meriah lainnya untuk tiga hari ke depan serta kesempatan untuk ngumpulin voucher Rp 1,2 juta dan Rp 120 ribu setiap 2 jam sekali yang bisa langsung digunakan tanpa minimum pembelian!

(prf/eny)