Liputan Khusus Tanaman Hias Mahal

Kisah Kolektor Tanaman Hias, Dulu Beli Murah Kini Berharga Puluhan Juta

Gresnia Arela Febriani - wolipop Minggu, 29 Nov 2020 18:15 WIB
Foto: Instagram @mira_medya Foto: Instagram @mira_medya
Jakarta -

Tanaman hias masih menjadi primadona selama pandemi COVID-19. Tak heran harga tanaman hias menjadi melambung tinggi, karena banyaknya permintaan. Beberapa jenis tanaman hias dengan harga selangit ini pun mendapat julukan tanaman sultan.

Salah satu pecinta tanaman hias dengan koleksi tanaman sultan ini adalah wanita bernama Mira Medyaningrum. Mira sudah menjadi pecinta tanaman hias sejak 2018 sebelum orang-orang kini menggandrungi tanaman tersebut.

Mira awalnya mengoleksi tanaman hias di rumahnya agar sirkulasi udara lebih sehat. Dia merasa kondisi rumahnya mudah berdebu karena letaknya yang berada di pinggir jalan.

"Kebetulan lokasi rumah ada di pinggir jalan. Jadi banyak debu jalan yang masuk ke pekarangan atau carport. Jadi memelihara tanaman sebagai penghalang masuknya debu. Saya memilih jenis tanaman yang menjuntai dan menutupi area pagar depan. Kemudian lanjut menutupi area teras agar tersaring lagi, tidak terlalu masuk ke area teras rumah," ucap Mira saat dihubungi Wolipop belum lama ini.

Mira Medyaningrum kolektor tanaman hias sultanMira Medyaningrum kolektor tanaman hias. Foto: Instagram @mira_medya

Kini koleksi tanaman hias Mira sudah beraneka jenis. Dia bukan hanya memiliki tanaman hias yang menjuntai untuk menutupi area pagar depan rumahnya. Mira memiliki tanaman hias yang harga di pasarannya mencapai jutaan bahkan puluhan juta.

Beberapa tanaman hias berharga mahal itu adalah jenis Philodendron dan Monstera. Mira mengakui dulu saat membeli kedua jenis tanaman tersebut harganya masih di bawah Rp 500 ribu. Namun kini harga beberapa jenis kedua tanaman tersebut sudah mencapai jutaan.

"Apabila tanaman hias yang saya beli itu nilainya berkali-kali lipat sekarang, ya Alhamdulillah yaa.... Jika ada niatan untuk menjual dan ada yang membelinya sudah menjadi rezeki saya artinya," kata Mira yang kini mulai berbisnis tanaman hias.

Dijuluki sebagai kolektor tanaman hias sultan, Mira mengatakan tak merasa cocok dengan julukan tersebut. Karena menurutnya tanaman hias miliknya sudah umum di kalangan kolektor.

Mira Medyaningrum kolektor tanaman hias sultanKoleksi tanaman hias di rumah Mira Medyaningrum. Foto: Instagram @mira_medya

"Saya punya beberapa jenis Philodendron seperti Paraiso Verde, Melanochrysum, Billitieae, Tortum, Radiatum, Corcovanda, Pastazanum, Ring of Fire, Caramel Marble, Callosum. Dan jenis Monstera Variegata, Thai Constellation dan Esqueleto. Dan jenis-jenis ini sudah banyak para plant lovers yang koleksi juga dari dulu yaa. Jadi apakah termasuk tanaman sultan?" begitu katanya.

Mira mempunyai beragam koleksi tanaman hias, mulai dari jenis Philodendron, Calathea, Ficus, Alokasia, Monstera, Homalomena, Pakis, kaktus dan sukulen, Pilea, Colocasia, Begonia, Dischidia, Fittonia, Epipremnum dan lainnya. Berapa kira-kira jumlah tanaman hiasnya?

Mira hanya bisa tertawa saat ditanya jumlah tanaman hiasnya. Dia mengaku tak pernah menghitung jumlah koleksi tanaman hias yang memenuhi rumahnya. Mira pun mengaku awalnya suaminya sempat komplain karena tanamannya bertambah terus. Akan tetapi sejak Mira mulai usaha kecil dari tanaman tanaman, suaminya akhirnya mendukung.

Bagaimana Mira merawat tanaman hiasnya? Klik halaman selanjutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2