Liputan Khusus Tanaman Hias Mahal

Cerita Pria Bisnis Tanaman Hias Sultan, Rela Tukar Mobil dengan Tanaman

Gresnia Arela Febriani - wolipop Sabtu, 28 Nov 2020 17:30 WIB
Iqbal Akbar Muhammad yang menukarkan mobil dengan tanaman hias bersama kakaknya. Foto: Tangkapan layar
Jakarta -

Pria ini pernah viral karena membeli tanaman hias yang seharga mobil. Dia menukarkan mobilnya dengan dua jenis tanaman hias.

Dalam video viral yang berdurasi 15 detik itu, pria tersebut membeli Philodendron dan Caladium. Dia membayarnya dengan menukarkan mobilnya Toyota Avanza.

Ialah Iqbal Akbar Muhammad, pria yang rela menukarkan mobil pribadi dengan tanaman hias. Iqbal merupakan kolektor dan penjual tanaman hias asal Kediri, Jawa Timur.

Iqbal pun mengungkapkan cerita sebenarnya di balik kisahnya yang viral disebut rela menukar mobilnya dengan tanaman hias. Kata Iqbal, mobil tersebut miliknya dan kakaknya.

Iqbal Akbar Muhammad yang menukarkan mobil dengan tanaman hiasIqbal Akbar Muhammad yang menukarkan mobil dengan tanaman hias Foto: Dok. Instagram @iqbalxakbar

"Kebetulan yang jual masih teman dan dia nggak mau dijual pakai uang. Ya itu akhirnya dengan mobil terus ditukar dengan tiga jenis Philodendron, Philodendron Florida Beauty Variegated, Philodendron Caramel Marble Variegated, Philodendron Stroberry Shake Variegated dan satu jenis Caladium Hybrid aku lupa namanya," ucapnya panjang lebar.

Mengenai anggapan warganet kalau apa yang dilakukannya menukar mobil dengan tanaman hias adalah hoax, Iqbal menegaskan aktivitas tersebut nyata adanya. Menurutnya dalam bisnis tanaman hias, hal tersebut biasa dilakukan.

"Di dunia tanaman hias ada circlenya gitu, nah yang tergolong transaksinya paling kecil termasuk saya. Makanya kemarin agak minder karena beredar ke teme-temen. Padahal itu cuman buat kenang-kenangan aja divideoin. Yang ambil videonya kakak saya Ilham Akbar Soleh," kata Iqbal.

Iqbal mengatakan jika video membeli tanaman hias dengan ditukar mobol dibuatnya dengan tujuan untuk membangkitkan semangat para petani yang ada di Kediri, Jawa Timur. Katanya, lewat menjual tanaman hias saja, ia bisa membeli mobil.

Iqbal Akbar Muhammad yang menukarkan mobil dengan tanaman hiasIqbal Akbar Muhammad yang menukarkan mobil dengan tanaman hias Foto: Dok. Instagram @iqbalxakbar

Iqbal menambahkan tanaman hias yang dibayarnya dengan menukar mobil itu memang berharga mahal. Oleh karena itu dia tak segan untuk melakukan transaksi tersebut.

"Karena aku suka dan aku jual yang versi babynya, lumayan untuk kebutuhan ekspor. Permintaannya lagi naik harganya juga lagi bagus. Karena kita butuh master piece dan penjual ini konsisten dan masih ramah di kantong ya saya langsung ambil," jelasnya mengungkapkan alasan membeli tanaman hias seharga mobil.

Menurut Iqbal, harga satu jenis Caladium Hybrid memang sudah fantastis. Ditambah dengan Philodendron Florida Beauty Variegated, Philodendron Caramel Marble Variegated dan Philodendron Stroberry Shake Variegated, yang juga berharga sultan.

"Kebetulan dari harga empat tanaman itu Rp 105 juta. Kalau satu Caladium Rp 57 juta. Sisanya digabung dengan tiga Philodendron," tambahnya.

Bisnis Tanaman Hias

Iqbal mengaku dia dan kakaknya memang suka merawat tanaman hias. Mereka pun mempunyai bisnis tanaman hias yang diberi nama 'Akbar Garden.'

Iqbal yang berdomisili di Desa Doko, Kecamatan Ngasem, Kabupaten Kediri, Jawa Timur itu mengaku bisnis tanaman hias awalnya adalah milik kakaknya. Sang kakak sudah sejak SMP menyukai tanaman hias. Dia sendiri baru-baru ini saja bergabung dengan usaha sang kakak setelah bisnis wedding organizer mengalami penurunan karena pandemi.

Iqbal Akbar Muhammad yang menukarkan mobil dengan tanaman hias bersama kakaknya.Iqbal Akbar Muhammad yang menukarkan mobil dengan tanaman hias bersama kakaknya. Foto: Dok. Instagram @iqbalxakbar

"Kakak saya sendiri itu sejak SMP sudah main tanaman. Sekarang kakak saya 25 tahun. Dia mulai dari gelombang cinta. Dan dia ada naik turunnya juga, semuanya ada prosesnya juga," kata Iqbal.

Iqbal tertarik mengurus bisnis tanaman hias kakaknya saat usaha tersebut tak terurus. Dia dan sang kakak pelan-pelan mengumpulkan berbagai tanaman hias.

"Dulu tanaman kita sudah ada tapi gak sebanyak sekarang. Dan kumpulinnya pelan-pelan. Nggak nyangka juga sekarang harganya sudah mahal. Dulu pertama kali beli Rp 200-300 ribu. Sekarang kecil aja Rp 3 juta," ucapnya.

(gaf/eny)