10 Tanaman Hias yang Tidak Mudah Mati, Minim Perawatan

Eny Kartikawati - wolipop Kamis, 26 Nov 2020 19:00 WIB
Tanaman hias yang tidak mudah mati. Foto: iStock Tanaman hias yang tidak mudah mati. Foto: iStock
Jakarta -

Mau ikut coba tren tanaman hias tapi kamu takut tanamannya tak awet? Kamu bisa memulainya dengan 10 tanaman hias yang tidak mudah mati berikut ini.

Tanaman hias ada banyak jenisnya. Jika kamu termasuk orang yang tak punya banyak waktu luang untuk merawat tanaman, sebaiknya jangan pilih tanaman hias yang perlu perawatan intens.Meskipun tanaman hias itu sedang tren seperti janda bolong atau monstera.

Sebaiknya pilih tanaman hias yang tidak mudah mati. Tanaman-tanaman hias yang minim perawatan ini keindahannya sama dengan tanaman hias yang juga tren belakangan ini.

Rekomendasi Tanaman Hias yang Tidak Mudah Mati

Buat kamu para pemula yang ingin mencoba memiliki tanaman hias, berikut 10 tanaman hias yang tidak mudah mati seperti dikutip dari cnbcindonesia.com:

1. Bambu China

Tanaman hias yang satu ini tidak bisa banyak terpapar sinar matahari secara langsung, karena daun bambu China dapat terbakar. Biasanya tanaman hias ini disusun berbeda-beda agar menciptakan kesan minimalis.

Lucky Bamboo Plant. Small bamboo in the pot.Tanaman hias bambu China. Foto: iStock

Kamu bisa menaruh bambu China di vas berukuran sedang, lalu isi dengan air 2 cm. Jangan lupa juga beri sedikit kerikil sebagai penyangganya.

Hati-hati saat merawatnya karena bambu China sangat sensitif terhadap klorin. Jadi, siram tanaman ini dengan air suling yang telah diendapkan selama 24 jam, agar klorin yang ada di dalam klorin menguap.

Bambu China yang sehat terlihat dari akarnya yang berwarna merah. Agar tanaman hias ini lebih sempurna pertumbuhannya, gantilah air setiap minggu.

2. Lidah Buaya

Tanaman hias satu ini punya bentuk yang unik. Selain ditanam di kebun, lidah buaya dapat ditempatkan di dalam rumah. Untuk ukurannya, kamu nggak perlu khawatir karena tak terlalu besar dan terbilang cocok untuk di taruh di dalam rumah.

tanaman lidah buayatanaman hias tidak mudah mati lidah buaya Foto: istimewa

Cara merawatnya gampang yakni hanya membutuhkan cahaya matahari. Jadi pastikan lidah buaya ditaruh di tempat yang terpapar secara langsung ya. Kalau indoor, bisa taruh dekat jendela.

3. String of Pearls

Buat kamu yang ingin menanam tanaman hias tidak mudah mati dan dapat bertahan lama, string of pearls bisa jadi pilihan. Tanaman hias ini bisa hidup selama lima tahun, jika ditanam dengan benar.

Tanaman hias tidak mudah matiTanaman hias tidak mudah mati, string of pearls Foto: iStock

Spring of pearls memiliki ciri khas daun yang tebal. Bentuknya bulat seperti mutiara, serta punya warna hijau yang sangat cantik. Ada fakta menarik lagi dari tanaman hias ini. Spring of pearls tidak memiliki masalah hama atau penyakit.

4. Sirih Gading

Jika berniat menanam sirih gading untuk dijadikan tanaman hias indoor, pastikan rumah kamu memiliki sinar matahari dengan baik.

Tetapi, jika ingin mendapatkan kecantikan warna yang ditampilkan tanaman hias ini, dikutip dari SF Gate, tidak perlu sering ditaruh di tempat dengan sinar matahari langsung.

Sirih gadingSirih gading Foto: Getty Images/iStockphoto/FeelPic

Hal tersebut menyebabkan warna hijau di semua bagian termasuk daun, serta pertumbuhan pada tanaman hias ini akan terhambat. Sirih gading dapat hidup pula di tempat yang kering. Jadi, enggak perlu khawatir jika lupa menyiramnya.

5. Jade Plant

Succulent houseplant Crassula on the windowsill against the background of window. Selective focusJade plant. Foto: iStock

Tanaman hias indoor berikutnya adalah jade plant. Mengutip Gardening Know How, tanaman hias jade plant terbilang cukup mudah dalam perawatannya. Hanya membutuhkan air yang cukup, serta pastikan terkena sinar matahari secara langsung agar pertumbuhannya sempurna.

6. Peace Lily

Tanaman hias yang tidak mudah mati satu ini bukan hanya mudah dirawat tapi juga bisa menghasilkan bunga. Peace lily bisa berbunga dua kali dalam setahun. Jika merawatnya secara baik, tanaman ini bisa tumbuh dengan sempurna.

Spathe flower in flowerpot on wooden backgroundPeace Lily. Foto: iStock

Tanaman hias ini cocok tumbuh di musim tropis seperti di Indonesia. Warna yang ditawarkan bunga ini pun sangat cantik yaitu putih.

Menariknya lagi, ternyata peace lily bermanfaat bagi ruangan di rumah. Salah satunya bisa menyaring polutan seperti karbondioksida dan formaldehida.

Next: Tanaman Hias yang Tidak Mudah Mati: Begonia

Selanjutnya
Halaman
1 2