Liputan Khusus Hobi Tanaman Hias

Kisah Meisya Siregar Ketagihan Tanaman Hias, Suka Ajak Ngobrol 30 Tanamannya

Gresnia Arela Febriani - wolipop Sabtu, 24 Okt 2020 20:00 WIB
Meisya Siregar yang hobi koleksi tanaman hias Meisya Siregar dan koleksi tanaman hiasnya. Foto: Dok. pribadi Meisya Siregar
Jakarta -

Artis bernama lengkap Meisya Najelina Siregar ini mulai tertarik megoleksi tanaman hias sejak awal pandemi Corona. Dia melirik hobi tanaman hias saat melihat banyak kerabatnya yang juga memelihara tanaman tersebut.

"Awal pandemi sudah mulai ketularan orang-orang pelihara dan adoptasi tanaman. Karena banyak cerita gagalnya, aku sempat mengurungkan niat. Karena aku tahu, aku itu orangnya nggak terlalu telaten. Sementara katanya kalau punya tanaman itu kayak punya bayi, harus dilihatin segala macem," cerita Meisya Siregar saat berbincang dengan Wolipop, Kamis (22/10/2020).

Pada akhirnya rasa takut Meisya itu terkalahkan setelah melihat aneka tanaman hias yang cantik. Presenter, model dan aktris ini memberanikan diri memiliki satu jenis tanaman hias yaitu ketapang biola.

"Ketapang biola yang membuat aku jatuh cinta. Karena lucu banget kayak berdoa bentuk daunnya ke atas kalau mekar. Kalau sudah mulai tua rontok ke bawah," ujarnya.

Meisya Siregar yang hobi koleksi tanaman hiasMeisya Siregar yang hobi koleksi tanaman hias Foto: Dok. pribadi Meisya Siregar

Sayangnya, sesuai dengan kekhawatirannya, tanaman hias pertama Meisya Siregar itu mati. Kata Meisya, saat itu dia masih belum paham bagaimana cara merawat tanaman hias ketapang biola.

"Tanaman ketapang biola pertama aku itu gundul. Tinggal batangnya doang, karena nggak tahu dia maunya di mana. Aku coba di dalam tapi rontok perlahan, aku taruh di luar gosong. Jadi ternyata dia itu suka banget matahari tapi nggak terlalu matahari langsung, kalau pun langsung asupan airnya harus cukup, media tanam yang menyimpan air cukup lama. Dia senang air dan matahari setelah aku cari tahu," tutur istri Bebi Romeo itu.

Setelah berhasil merawat ketapang biola, perlahan Meisya membeli jenis tanaman hias lainnya. Koleksinya pun semakin bertambah banyak. Apalagi selain membeli sendiri, tak sedikit juga dia mendapat hadiah tanaman hias dari kerabat.

Meisya Siregar yang hobi koleksi tanaman hiasMeisya Siregar yang hobi koleksi tanaman hias Foto: Dok. pribadi Meisya Siregar

"Ada yang dikasih tetangga, ada yang dikasih sahabat dan beli sendiri, diendorse dan semakin lama kan semakin banyak. Pada akhirnya proses semakin banyak itu aku justru semakin menikmati dengan merawatnya," ungkap Meisya kini kecanduan merawat tanaman hias.

Meisya merasa hobi tanaman hias ini cocok untuknya yang benar-benar memilih di rumah saja selama pandemi Corona. Dia termasuk orang yang menyimpan kekhawatiran tinggi jika beraktivitas ke luar rumah. Oleh karena banyak di rumah, dia pun bisa mempelajari seluk-beluk tanaman hias.

"Semenjak di rumah aku belajar bagaimana karakter tanaman, philodendron, calateya, sansevieria, pokoknya semuanya aku pelajari kelemahan dan kekurangannya tanaman itu, apa yang suka dan nggak suka. Jadi trial and eror," jelasnya.

Suka-Duka Meisya Siregar Merawat Tanaman Hias

Meisya mengungkapkan dia turun langsung menangani tanamannya. Setiap pagi ibu tiga anak itu mengecek satu per satu tanaman-tanamannya. Dia juga yang menyiram puluhan tanaman hiasnya tersebut.

"Aku sendiri yang merawat, kasih pupuk, serum, motongin yang mati, pindah pindahin itu aku yang lakuin dan antisipasi. Tapi kalau aku harus mengangkat pot yang besar itu minta bantuan," kata Meisya.

Dalam merawat tanaman hiasnya, Meisya juga bukan hanya sekadar menyiram dan memberikan pupuk. Dia bahkan melangkah lebih jauh dengan mengajak tanaman-tanaman hiasnya mengobrol.

"Dulu kan aku sempat ngatain orang yang sering ajak ngomong tanamannya, eh sekarang malah ketulah, karena aku sendiri suka ngajakin ngomong tanamanku. Ada perasaan bahagia dan koneksivitas ketika diajak ngobrol itu, ada hubungan dan relasi yang membuat aku happy. Dan secara nggak langsung pengaruh ke tanaman itu. Memang beneran jadi pengaruh atau nggak aku nggak pernah perhatiin," ujarnya.

[Gambas:Instagram]



Ngomong-ngomong Meisya punya berapa banyak koleksi tanaman hias ya? Dengan tertawa, mantan presenter infotainment itu mengatakan jumlah tanaman hiasnya sangat banyak dan beraneka jenis.

"Caladium ada empat macam motif, ada philodendron, spathiphyllum, homalomena, calatheas ada lima macam, philodendron birkin, yang kecil-kecil ada namanya hipostes, dollar besar, ketapang biola, sansevieria, pakis, karet kebo, tanaman kemoceng, kadaka. Di dalam rumah ada peperomia, scindapsus variegata. Kalau di depan rumah semuanya tanaman tropical, kaktus koboy dan centong," tutur Meisya yang bisa menjelaskan dengan detail jenis tanaman hiasnya.

Jika dihitung kata Meisya, dia memiliki sekitar 30 tanaman hias. Namun karena koleksi tanaman hiasnya bentuknya kecil, rumahnya pun tidak terlihat dipenuhi tanaman

"Aku itu nggak kayak hutan rimbun belantara karena kecil-kecil. Aku juga minta izin Bebi kalau mau menaruh, karena dia itu nggak suka sempit kan. Jadi aku kasih touch setiap sudut rumah, nggak terlalu rimbun kok, yang paling gede cuma enam tanaman," ucap artis yang memiliki bisnis rendang dengan nama Rendang Nantulang itu.

Kecanduan memiliki tanaman hias, Meisya mengaku tak rela mengeluarkan uang mahal untuk membeli tanaman. Kalau ada tanaman hias yang harganya sangat mahal, dia lebih memilih cuci mata saja.

Meisya Siregar yang hobi koleksi tanaman hiasMeisya Siregar yang hobi koleksi tanaman hias Foto: Dok. pribadi Meisya Siregar

"Ngapain beli hampir juta-jutaan, lebih baik beli yang kecil-kecil dan aku rawat dari nol. Karena tujuannya berkebun itu kan kita melihat mereka tumbuh, kepuasannya di situ. Kalau aku sendiri cari tanaman yang sesuai dengan budget misalnya paling mahal Rp 350 ribu. Kalau lebih dari itu walaupun tanamannya langka dan mahal, aku mending beli yang kecil dan merawat dari awal," ungkapnya.

Meisya Siregar sangat menikmati merawat tanaman-tanaman hiasnya dari nol. Dia menyukai proses mengurus tanaman hiasnya dari kecil hingga tumbuh sehat. Dan bonus dari memiliki tanaman hias, rumahnya jadi lebih asri, cantik dan estetik.

Namun Meisya akan sangat bersedih ketika tanamannya terlihat akan mati. Apalagi dia merawat tanaman-tanaman hiasnya itu setiap hari dengan penuh cinta. Biasanya ketika tanaman hiasnya mati atau rusak, dia akan mengajak mereka ngobrol.

"Duh jangan mati dong kamu. Haduh kasihan kamu patah. Aku merasa dosa banget ketika tanamannya daunnya robek," begitu kata Meisya yang benar-benar kecanduan hobi tanaman hias.

(gaf/eny)