Mengenal Monstera atau Janda Bolong, Tanaman Hias yang Harganya Mahal

Lukita Wardani - wolipop Rabu, 12 Agu 2020 14:42 WIB
Woman taking care of plants at home Tanaman hias monstera. Foto: Getty Images/Alpgiray Kelem
Jakarta -

Seiring dengan tren berkebun di tengah pandemi Corona, tanaman hias pun digemari. Dan salah satu tanaman hias yang banyak diburu hingga harganya mahal adalah monstera. Pada toko tanaman hias online maupun offline, monstera dijual mulai dari puluhan ribu hingga jutaan rupiah. Apa keistimewaan tanaman monstera atau juga dikenal dengan nama janda bolong?

Monstera adalah spesies tanaman tropis merambat yang asli dari Amerika Tengah. Tanaman monstera terkenal dengan lubang daun yang dimilikinya secara alami sehingga dijuluki dengan Swiss Cheese Plant.

Seperti dikutip dari The Sill, ada dua spesies monstera yang dibudidayakan menjadi tanaman hias yaitu monstera deliciosa dan monstera adansonii. Monstera adansonii memiliki daun yang lebih panjang dan lentik serta memiliki lubang daun yang tertutup sepenuhnya. Sedangkan monstera deliciosa memiliki lubang daun yang tumbuh ke arah tepi dan terbuka saat matang.

Tanaman monstera bagian dari Araceae, family aroid mereka adalah salah satu dari sedikitnya aroid yang menghasilkan buah untuk dimakan. Monstera deliciosa merupakan jenis tanaman yang jarang berbunga atau menghasilkan buah.

Monstera telah ada dan dikenal dalam dunia botani sejak awal abad ke-20. Sebelumnya tanaman tersebut dikenal oleh suku-suku di Amerika Tengah.

Cara Merawat Monstera

Apakah kamu termasuk yang tertarik menanam tanaman hias monstera? Monstera kini termasuk tanaman hias yang langka. Dan cara penanaman monstera dibutuhkan kesabaran. Karena monstera memiliki perkembangbiakkan yang lambat.

Berikut cara merawat tanaman hias monstera atau janda bolong:

1. Hindari sinar matahari langsung
Tanaman ini harus mendapat sinar matahari yang tidak terpapar langsung atau intensitas sedang. Tidak cocok untuk sinar matahari langsung dan intens.

2. Siram secara teratur setiap minggu
Biarkan campuran pot mengering sebelum disiram. Karana tanah harus keadaan kering saat disentuh. Sirami lebih sering saat musim panas dan berikan pemupuk selama pertumbuhan.

Woman taking care of plants at homeCara merawat monstera. Foto: Getty Images/Alpgiray Kelem

3. Perhatikan kelembaban ruangan
Simpan tanaman dalam ruangan yang lembab agar dapat berkembang dengan baik.

4. Perhatikan suhu ruangan
Suhu ruangan terbaik untuk menyimpan monstera ialah tidak di bawah 15 ° C. Taruhlah pada suhu 18 ° C-30 ° C.

Penyebab Tanaman Monstera Mati

Masalah yang kerap terjadi pada setiap tanaman ialah muncul hama. Meskipun monstera bebas dari hama, tetap saja harus diperhatikan dan segera semprot obat hama yaitu minyak hortikultura (neem) dan pembersih tanaman secara teratur.

Adapun permasalahan yang umumnya timbul pada tanaman monstera yaitu daun menjadi coklat dan kering di bagian tepinya. Biasanya penyebab masalah ini karena penumpukan garam yang tinggi atau bahkan tidak ada garam sama sekali.

Masalah lainnya yang menyebabkan tanaman mosntera mati adalah menguning. Daun kuning cerah atau batang hitam saat campuran pot basah ini disebabkan terlalu banyak air. Ada pula masalah lainnya yaitu daun melengkung, tetapi masih hijau. Hal ini disebabkan karena rootbound, kekurangan air atau kelebihan air apabila disertai daun kuning atau bisa jadi karena suhu ruangan yang terlalu dingin.

Agar tanaman monstera bisa bertahan lama, bagi kamu yang memiliki hewan peliharaan lebih baik jauhkan tanaman hias dari jangkauan hewan peliharaan juga anak kecil.



Simak Video "Tips Potong Rambut Anak Tanpa Rewel"
[Gambas:Video 20detik]
(eny/eny)