Manfaat Menanam dan Budidaya Tanaman Hias Monstera, Populer untuk Pecinta Kebun

Tim Wolipop - wolipop Selasa, 28 Jul 2020 11:40 WIB
Tanaman hias kini menjadi primadona di masa pandemi. Aktivitas budidaya tanaman dirasa mampu mengobati penat di rumah. Foto: Grandyos Zafna/Manfaat Menanam dan Budidaya Tanaman Hias Monstera, Populer untuk Pecinta Kebun
Jakarta -

Tanaman hias monstera merupakan tanaman yang berasal dari hutan tropis Amerika Tengah bagian selatan sampai Amerika Utara. Penyebaran tanaman ini dari Meksiko bagian selatan sampai Panama dan Amerika Selatan.

Dilansir Balai Penelitian Tanaman Hias Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian Kementan, tanaman ini dapat tumbuh sebagai tanaman autotrof independen atau epifit yang tumbuh menjalar berumpun atau merambat di bawah vegetasi hutan dengan intensitas cahaya rendah. Penyebaran alami tanaman dibantu oleh manusia dan hewan seperti burung.

Tanaman Monstera dikenal juga sebagai tanaman biofarmaka tradisional. Bahkan buahnya disebut diduga menjadi faktor penyebaran alami baik secara vegetatif maupun generatif. Beberapa spesies Monstera ditemukan tumbuh alami di Afrika dan Indomalaya.

Sifat tanaman ini sensitif terhadap salinitas tanah yang tinggi dan lingkungan yang dingin. Karena itu Monstera tidak ditemukan di daerah tropis pada daerah pantai atau dataran tinggi yang dingin ekstrim atau bersalju atau daerah dengan frekuensi sering terjadinya embun beku.

Dalam jurnal Institut Pertanian Bogor bertajuk 'Panen dan Penanganan Pascapanen Asparagus umbellatus, Monstera, dan Philodendron di Naaldjwik, Belanda Selatan, Belanda, karya Asti Kusriyanti dan Darda Efendi, disebutkan, monstera merupakan genus dari famili Araceae.

Tanaman ini memiliki kurang lebih 25 spesies jenis Monstera. Jenis yang hits yakni Monstera deliciosa. Monstera memiliki daun yang lebar dengan pola lubang pada helaian, mengkilap, dan berwarna hijau pekat. Selain hijau, tanaman ini ada juga yang berwarna putih kekuningan dari jenis variegata.

monsteramonstera Foto: instagram

Manfaat menanam dan budidaya tanaman hias monstera yakni dapat memperbaiki kualitas udara terutama jika tanaman diletakkan di dalam ruangan. Lain lagi bagi kepercayaan masyarakat China. Mereka meyakini tanaman itu adalah simbol kemakmuran dan kesehatan.

Manfaat menanam dan budidaya tanaman hias monstera lainnya yakni daun potong tanaman Monstera sering dipergunakan dalam rangkaian bunga. Daunnya yang lebar dan dengan pola lobang dan belahan pada helaiannya dan mengkilap dapat digunakan sebagai visualisasi dasar pada rangkaian bunga.

Dari segi harga, tanaman monstera sangat bermanfaat karena memiliki nilai jual. Tanaman ini disebut berharga ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Tanaman yang dapat diperdagangkan sebagai tanaman hias yakni Monstera Deliciosa. Namun cara memperbanyak tanaman hias monstera sangat mudah yakni dengan stek batang. Batang monstera mengeluarkan akar-akar gantung yang mampu memproduksi akar sejati.

Manfaat menanam dan budidaya tanaman hias monstera lainnya yakni buahnya disebut dapat dimakan. dan aromanya seperti buah nanas dan rasanya seperti buah pisang. Tanaman ini dikenal sebagai sumber nutrisi tinggi terutama unsur K (Kalium) dan vitamin C.

Namun untuk beberapa kasus dapat menimbulkan reaksi alergi. Bahkan buah yang masih muda dan bagian tanaman lainnya bersifat racun dan tidak dapat dimakan. Getah atau cairan yang keluar dari jaringan tanaman mengandung trichoschlereida yang dapat menyebabkan iritasi pada kulit.

Untuk merawat tanaman ini juga sangat mudah. Monstera dapat tumbuh pada kondisi yang kurang cahaya. Bahkan dapat tumbuh di ruangan AC. Tanaman ini juga relatif tahan hama dan penyakit. Pemupukan dapat dilakukan sebulan sekali. Sebagai tanaman taman, pola pertumbuhan tanaman ini tumbuh di bawah naungan atau merambat di bawah pohon besar yang menaunginya atau pada pot di dalam ruangan.



Simak Video "Kreasi Emak-emak Sulap Sampah Plastik Jadi Tikar "
[Gambas:Video 20detik]
(nwy/pal)