4 Langkah Mudah Bersihkan Noda di Sofa dengan Lemon & Baking Soda

Inkana Putri - wolipop Kamis, 23 Jul 2020 12:45 WIB
Bersihkan sofa Foto: Shutterstock
Jakarta -

Aktivitas membersihkan rumah sering sekali menjadi hal yang melelahkan. Apalagi jika banyak noda membandel yang sulit dibersihkan. Sofa berbahan dasar kain menjadi salah satu furniture yang sering sekali terkena noda membandel seperti debu, air, atau tumpahan lainnya. Namun jangan khawatir, noda-noda membandel pada sofa bisa dihilangkan dengan mudah. Cukup sediakan baking soda dan lemon.

Melansir Green House Eco-Cleaning, lemon merupakan antibakteri kuat yang dapat hilangkan kuman dan bakteri pada sofa. Lemon juga memiliki aroma jeruk sehingga meninggalkan wangi yang segar. Sedangkan, baking soda merupakan zat pemutih alami yang bisa menghapus noda termasuk pada sofa. Penasaran bagaimana cara usir noda membandel dengan dua bahan dapur ini? Berikut caranya:

1. Siapkan Peralatan

Langkah pertama yang harus Anda lakukan saat membersihkan sofa adalah menyiapkan peralatan seperti kain bersih, sikat, baking soda, mangkuk dan dua buah lemon. Mulailah menyeka sofa dengan kain kering untuk menghilangkan debu atau kotoran kering.

2. Tabur Baking Soda

Taburkan sedikit baking soda pada sofa dan diamkan selama 15 hingga 20 menit. Hal ini dilakukan untuk mengeluarkan noda-noda dan bakteri pada sofa. Selanjutnya, bersihkan taburan baking soda menggunakan kain basah atau vakum.

3. Sikat Sofa

Baking soda memang disebut mampu hilangkan noda dan bakteri, namun membersihkan sofa dengan baking soda saja tidaklah cukup. Agar noda membandel benar-benar hilang, Anda perlu campur baking soda dengan perasan air lemon. Gunakan sikat bersih untuk menyikat sofa menggunakan campuran air tersebut, lalu bersihkan kembali menggunakan kain yang bersih untuk mengangkat noda.

4. Keringkan Sofa

Langkah terakhir adalah mengeringkan sofa. Campuran baking soda dan lemon memang tidak akan meninggalkan bau yang tidak sedap pada sofa, namun jika sofa terlalu lama dibiarkan dalam keadaan basah bisa menimbulkan jamur atau bau. Oleh karena itu, pastikan selalu untuk keringkan sofa. Anda bisa keringkan sofa secara alami dengan menjemurnya di bawah sinar matahari atau menggunakan hair dryer.

Nah, itulah empat langkah mudah yang bisa Anda lakukan untuk membersihkan noda membandel pada sofa di rumah. Selain sofa, langkah ini juga bisa Anda aplikasikan pada sprei, gorden, bahkan microwave sekalipun.

Bagi Anda yang ingin bersihkan sofa dengan cara yang lebih praktis dan mudah, saat ini Grab Clean & Fix menghadirkan layanan Sofa Cleaning. Ada juga layanan Sedot Tungau yang bisa dipesan melalui aplikasi Grab untuk membersihkan tungau pada sofa atau tempat tidur.

Dengan tenaga kerja profesional dan alat pembersih yang memadai, sofa Anda tentu akan jauh lebih bersih dibandingkan membersihkannya sendiri. Buka aplikasi Grab dan nikmati layanan Grab Clean & Fix tanpa perlu ribet.

(prf/eny)