ADVERTISEMENT

Deretan Kontroversi Brand Hijab Rabbani yang Sebut Wanita Berbaju Seksi Bodoh

Gresnia Arela Febriani - wolipop Kamis, 29 Des 2022 06:00 WIB
Papam reklame brand hijab Rabbani yang menuliskan qurban tidak wajib. Deretan konten Rabbani yang tuai kontroversi. Foto: Dok. akun Twitter @ajgdefg.
Jakarta -

Brand hijab dan busana muslim Rabbani menjadi perbincangan di media sosial, karena konten video Reels di Instagram. Dalam unggahannya, Rabbani menyorot cara berpakaian wanita yang menyebabkan terjadinya pelecehan seksual. Rabbani juga menyebut bodoh wanita yang berpakaian terbuka.

"Ketika perempuan berpakaian minim. Jika terjadi pelecehan. Siapakah yang salah? Posisi wanita tidak salah jika dilihat dari sudut wanita karena setiap wanita berhak menggunakan pakaian apapun. Jadi laki-lakinya aja yang mesum. Namun jika dilihat dari sudut pandangan pria. Wanita yang berpakaian terbuka itu bodoh. Tidak ada asap tidak ada api. Wanita yang berpakaian terbuka akan mengundang seorang pria yang berniat berpikiran buruk," tulis dalam keterangan video Rabbani.

Konten tersebut mendapatkan beragam komentar dari netizen termasuk aktivis perempuan hingga publik figur Tanah Air. Rabbani disebut warganet minim empati terhadap korban pelecehan seksual. Wolipop sudah menghubungi Rabbani, namun belum mendapatkan tanggapan.

Bukan kali ini Rabbani menjadi sorotan, berikut ini delapan kontroversi konten dan iklan brand asal Bandung yang menuai kritik dari warganet:

1. Rabbani Salahkan Korban Pelecehan Seksual

Konten Instagram brand hijab dan busana muslim, Rabbani kembali menjadi kontroversi di media sosial.Konten Instagram brand hijab dan busana muslim, Rabbani kembali menjadi kontroversi di media sosial. Foto: Dok. Instagram @rabbaniprofesorkerudung.

Rabbani membuat konten tentang cara berbusana wanita yang menjadi penyebab terjadinya pelecehan seksual. Konten Rabbani yang menjadi sorotan itu diunggah ke akun Instagram @rabbaniprofesorkerudung yang memiliki lebih dari 330 ribu pengikut. Dalam unggahan Reels itu ada kata-kata yang menyebutkan posisi wanita yang berpakaian terbuka itu bodoh dan mengundang pria untuk berpikiran buruk.

"Ketika perempuan berpakaian minim. Jika terjadi pelecehan. Siapakah yang salah? Posisi wanita tidak salah jika dilihat dari sudut wanita karena setiap wanita berhak menggunakan pakaian apapun. Jadi laki-lakinya aja yang mesum. Namun jika dilihat dari sudut pandangan pria. Wanita yang berpakaian terbuka itu bodoh. Tidak ada asap tidak ada api. Wanita yang berpakaian terbuka akan mengundang seorang pria yang berniat berpikiran buruk," tulis dalam keterangan video Rabbani.

Dalam unggahannya brand hijab dan busana muslim dari Bandung ini juga memberikan saran bagi pria agar tetap menjaga pandangan. Namun Rabbani juga bertanya pada netizen dengan menyebut wanita yang berpakaian terbuka 'bodoh.'

"Tidak berlaku untuk sebaliknya. Wanita sehendaknya menggunakan pakaian tertutup. Tidak memberikan kesempatan untuk pria yang berpikiran jorok. Pria seharusnya menjaga dan minimalisir pandangan yang mengundang syahwat. Pria yang salah atau wanitanya yang bodoh," tulis akun Instagram Rabbani meminta pendapat netizen.

2. Iklan Kambing Berhijab Jelang Idul Adha 2019

Papam reklame brand hijab Rabbani yang menuliskan qurban tidak wajib.Papam reklame brand hijab Rabbani yang menuliskan qurban tidak wajib. Foto: Dok. akun Twitter @ajgdefg.

Menjelang Hari Raya Idul Adha tahun 2019, Rabbani memasang baliho dengan kalimat yang membuat publik bertanya-tanya. Terlihat dalam baliho itu kambing memakai hijab. Dan ada tulisan qurban tidak wajib. "Selamat Idul Adha 1440 H. Korban tu gak wajib, yang wajib tu berhijab," tulis Rabbani.

Netizen Twitter ramai membahas tentang baliho yang terdapat di gerbang tol Pasteur, Bandung, Jawa Barat. Mereka menganggap tidak seharusnya hewan dipakaikan hijab.

3. Rabbani Pakai Tagline Teroris

Brand hijab dan busana muslim, Rabbani membuat tagline yang menjadi kontroversi.Brand hijab dan busana muslim, Rabbani membuat tagline yang menjadi kontroversi. Foto: Dok. akun Twitter @GujiZ.

Ada-ada saja iklan produk Rabbani yang membuat geleng-geleng kepala. Kali ini, Rabbani membuat tagline dari singkatan Teroris, yaitu Tebar Obral Produk Diskon. Rabbani menuliskan ada diskon produk sekitar 50% dan 90% tanya syarat pembelanjaan.

4. Rabbani Membuat Visual Banjir

Unggahan iklan Rabbani tentang banjir, tuai kecaman dari netizen.Unggahan iklan Rabbani tentang banjir, tuai kecaman dari netizen. Foto: Dok. akun Twitter @yudhst.

Salah satu warganet geram dengan iklan Rabbani di media sosial. Rabbani mengucapkan rasa syukur karena banjir datang dan membuat visual seolah-olah orang sedang tenggelam.

5. Rabbani Edit Foto Barack Obama Pakai Baju Koko dan Michelle Obama Berhijab

Rabbani mengedit foto Barack Obama mengenakan baju koko dan Michelle berhijab.Rabbani mengedit foto Barack Obama mengenakan baju koko dan Michelle berhijab. Foto: Dok. akun Twitter @faannniiii_.

Ketika Barack Obama dan Michelle Obama mengunjungi Indonesia pada 2017, Rabbani memasang spanduk yang terdapat foto mantan presiden Amerika ke-44 itu pakai baju koko dan istrinya berhijab. Di Twitter, spanduk Rabbani langsung mendapatkan komentar pedas dari warganet.

6. Rok yang Dijadikan Hijab dengan Kalimat Nyeleneh

Iklan Rabbani yang menyorot tentang rok.Iklan Rabbani yang menyorot tentang rok. Foto: Dok. akun Twitter @saeval.

Tak hanya baliho kambing yang dipasang hijab, Rabbani menyindir anak zaman now yang disebut prestasinya semakin menurun. "Anak zaman now, rok makin di atas, prestasi makin di bawah". Dalam iklannya, Rabbani menampilkan seorang remaja wanita yang memakai rok dibuat pengganti hijab.

7. Rabbani Akan Memberikan Rina Nose Hijab Gratis

Rabbani menyindir Rina Nose dengan memberikan hijab gratis.Rabbani menyindir Rina Nose dengan memberikan hijab gratis. Foto: Dok. akun Twitter @fitriandiani.

Brand busana muslim Rabbani menjadi perdebatan netizen pada 2017. Saat itu Rabbani mengunggah foto dan caption di Instagram yang menarik perhatian dengan membawa nama Rina Nose.

Dalam kontennya Rabbani mengaku ingin memberikan kerudung gratis kepada Rina Nose yang sudah memutuskan lepas jilbab. Pihak Rabbani mengatakan akan memberikan jilbab gratis tersebut bila Rina Nose mau berkerudung kembali. Hal ini menuai ragam respon baik pro dan kontra.

Banyak netizen yang mengatakan kalau label busana muslim dengan tagline 'Professor Kerudung Indonesia' itu memanfaatkan momen orang lain untuk meraup keuntungan hingga menghina sang selebriti. Beberapa netizen juga menyebutkan seharusnya Rabbani langsung menghubungi Rina Nose bukan mengunggahnya ke Instagram dan Facebook.

8. Tagline Ambigu Baliho Rabbani Tuai Kritik

Kalimat nyeleneh brand hjijab dan busana muslim, Rabbani.Kalimat nyeleneh brand hjijab dan busana muslim, Rabbani. Foto: Dok. akun Twitter @radenzulfikar.

Rabbani membuat publik bingung dan emosi lewat tagline yang ambigu. "Tidak semua cewek berhijab itu polos lho!". Dalam baliho tersebut terlihat remaja memakai hijab putih polos dan wanita yang memakai hijab warna-warni dan ada juga hijab motif.

(gaf/gaf)