ADVERTISEMENT

Kisah Hijrah Miss International Kevin Liliana Mantap Pakai Hijab Sejak Pandemi

Gresnia Arela Febriani - wolipop Senin, 12 Des 2022 05:00 WIB
Foto Kevin Liliana,  Miss International 2017 kini mantap berhijab. Foto Kevin Liliana. Foto: Dok. Andhika Prasetia/Detikcom.
Jakarta -

Kevin Liliana merupakan Runner-Up 1 Puteri Indonesia 2017 dan dimahkotai sebagai Puteri Indonesia Lingkungan 2017. Wanita asal Jawa Barat ini kemudian mengharumkan nama Indonesia dengan menjadi pemenang kontes Miss International 2017 yang digelar di Jepang.

Lima tahun berlalu setelah kemenangannya itu, penampilan Kevin Liliana kini sudah berbeda. Wanita 26 tahun itu tampil berhijab. Berbincang dengan Wolipop, Kevin berbagi kisah soal hijrahnya.

Kevin menceritakan kegiatannya usai menjabat sebagai Miss International 2017 dirinya melanjutkan kuliah S-1. "Saya waktu saya masih ikut Putri Indonesia dan Miss International 2017 belum beres kuliah itu masih cuti kuliah. Jadi beresin kuliah," ungkap Kevin kepada Wolipop di Denpasar Room Hotel Westin Jakarta (21/11/2022).

Kemudian ia bekerja di televisi swasta sebagai pembawa berita. Dia bekerja sambil melanjutkan studi S-2 di PPM School of Management, Jakarta Pusat.

Pada 2020, Kevin resign dari pekerjaannya. Dia menikah dan menjadi ibu rumah tangga. Setelah dua tahun tak bekerja, Kevin kembali berkarier. Sudah satu bulan belakangan ini, wanita kelahiran 5 Januari 1996 ini aktif mengajar S-1 di PPM School of Management.

Foto Kevin Lilliana Junaedy.Foto Kevin Lilliana Junaedy. Foto: Dok. Andhika Prasetia/Detikcom.

Kevin Mulai Berhijab

Kevin merasakan perubahan dalam hidupnya saat pandemi Corona melanda. Baru saja menikah dan resign dari pekerjaan, dia menjadi mempunyai banyak waktu untuk sendiri, termasuk mendekatkan diri pada Allah SWT.

"Aku menjadi lebih mempunyai banyak waktu untuk mendekatkan diri. Salat menjadi lebih khusyu dan tidak terburu-buru. Jadi punya banyak waktu untuk berdoa dan membaca Al-Qur'an. Akhirnya sedikit-sedikit belajar ke acara-acara formal sudah membiasakan diri untuk berhijab," kata Kevin.

Ibu satu orang anak ini memutuskan berhijab setelah melahirkan anaknya pada 21 Oktober 2020. Ia mengungkapkan apa yang menggerakan hatinya untuk berhijab.

"Karena dalam masa pandemi lebih paham arti Al-Qur'an sampai terjemahannya dan merasa cukup puas dengan kehidupan dan pencapaian yang sudah didapat. Ini merasa memang titik awal saatnya melihat lebih jauh bukan hanya untuk di dunia ini," ujar Kevin.

"Memang terdengernya klise ya, tapi memang dititik itu merasa hidup saya sudah merasa dipuaskan dengan dikasih kebebasan yang amat sangat dari Allah. Jadi sudah merasa sangat cukup dan waktunya saya mengumpulkan masa depan saya yang tidak hanya di dunia ini saja," lanjutnya lagi.

Foto Kevin Liliana,  Miss International 2017 kini mantap berhijab.Foto Kevin Liliana, Miss International 2017 kini mantap berhijab. Foto: Dok. Instagram @kevinlln.

Pertama kali Kevin mencoba menggunakan hijab pashmina. Dia terus berproses dan berusaha memperbaiki diri.

Ia juga menuturkan reaksi sang suami, Oskar Mahendra saat melihat Kevin mulai berhijab. "Dia lebih meyakinkan aja, dia bilang aku sudah cukup yakin atau belum dan bakal konsisten. Karena dia paham dunia aku seperti apa dulu di dunia kecantikan. Dia bilang jangan sampai ini karena aku merasa sesaat dan turun lagi dan bimbang," tirunya.

Setelah berhijab Kevin merasakan perubahan dalam dirinya. Dia lebih menjaga sikap dan tak mau lagi teledor dalam menjalankan perintah agama.

"Perubahannya aku lebih menjaga sikap karena sudah menjadi seorang ibu dan lebih behave sebagai wanita. Secara agama lebih takut untuk teledor dan takut bikin kesalahan di mata Allah. Pakai hijab sebagai pengingat untuk berproses menjadi orang yang lebih baik lagi," jelasnya.

Foto Kevin Liliana,  Miss International 2017 kini mantap berhijab.Foto Kevin Liliana, Miss International 2017 kini mantap berhijab. Foto: Dok. Instagram @kevinlln.

Runner-Up 1 kontes kecantikan Puteri Indonesia 2017 mewakili provinsi Jawa Barat ini melanjutkan bukan hanya berhijab yang ingin ia tekankan tetapi juga memberikan contoh kepada sang anak.

"Aku ingin memberikan contoh kepada anak aku, kalau ada beberapa nilai agama yang harus diikuti dari kecil. Aku biasain lihat aku sholat dan mengaji. Jadi harapannya anak aku tidak harus dipaksa untuk mengamalkan nilai agama," kata Kevin.

Di akhir wawancara, Kevin yang tengah mengandung buah hati yang kedua ini ingin memberikan pesan untuk kamu yang ingin mulai berhijab.

"Kita nggak pernah tahu kita akan goyah atau tidak, tapi yang pasti kita bisa mulai belajar sedikit-sedikit dengan menguatkan diri. Buat aku si pasti motivasi untuk menggunakan hijab itu pasti akan lebih kuat dibandingkan dengan di tengah-tengah kemudian tiba-tiba goyah imannya. Karena aku juga ngerasain apalagi melihat dulu rambut aku dan untuk mempertahankan jauh lebih berat," sebutnya.

"Jadi pastinya kita harus ingat tujuan kita hidup di dunia ini apa? Aku itu sudah sangat puas dengan kehidupan aku dan aku yakin wanita lainnya juga mempunyai garis kepuasan masing-masing di dunia ini. Saatnya menabung untuk di kehidupan masa depan," pungkas Kevin.

(gaf/eny)