ADVERTISEMENT

3 Doa Ziarah Kubur Singkat, Arab dan Latin, untuk ke Makam Orang Tua

Anggi Mayasari - wolipop Senin, 19 Sep 2022 05:00 WIB
Doa Ziarah Kubur Singkat Doa Ziarah Kubur Singkat, Arab dan Latin. Foto: Dok. Detikcom
Jakarta -

Banyak orang Indonesia melakukan tradisi ziarah kubur dengan mengunjungi pemakaman keluarga atau kerabat. Membaca doa ziarah kubur singkat bisa dilakukan saat mengunjungi makam.

Melaksanakan ziarah kubur tak lengkap tanpa membaca doa untuk seseorang yang telah meninggal. Melantunkan doa ziarah kubur ini bertujuan agar keluarga atau kerabat yang telah meninggal tetap diberi keselamatan oleh Allah SWT.

Doa ziarah kubur singkat ini bersumber dari beberapa hadits. Meskipun tak ada ketentuan khusus, bacaan doa yang diajarkan Rasulullah SAW dapat dilantunkan ketika berziarah.

Dalam riwayat Ahmad, Malik, dan Nasa'i, disebutkan bahwa Rasulullah keluar pada suatu malam berjalan menuju Baqi' Al-Garqad. Beliau berdiri dekat Baqi lalu mengangkat kedua tangannya lalu pergi.

"Aku diperintahkan menuju ke penghuni kuburan Baqi untuk mendoakan mereka," kata Rasulullah.

Berikut ini Doa Ziarah Kubur Singkat menurut Hadits yang bisa dibaca:

1. Doa Ziarah Kubur Singkat Arab

السَّلَامُ عَلَيْكُمْ أَهْلَ الدِّيَارِ مِنَ الْمُؤْمِنِينَ وَالْمُسْلِمِينَ وَإِنَّا إِنْ شَاءَ اللهُ بِكُمْ لَلَاحِقُونَ أَسْأَلُ اللهَ لَنَا وَلَكُمُ الْعَافِيَةَ

Doa Ziarah Kubur Singkat Latin

Assalamu 'alaikum ahlad diyaari minal mu 'miniina wal muslimiin, wa innaa in syaa alloohu bikum laahiquun, nas 'alullooha lanaa wa lakumul 'aafiyah'

Artinya:

Keselamatan semoga tetap tercurahkan kepada para penghuni kubur dari golongan orang-orang mukmin dan orang-orang muslim, dan sesungguhnya Insya Allah kami akan menyusul kalian. Kami memohon kepada Allah keselamatan untuk kami dan untuk kalian semua," (HR Muslim).

2. Doa Ziarah Kubur Singkat Arab

اَللَّهُمَّاِنِّياَسْئَلُكَبِحَقِّمُحَمَّدٍوَآلِمُحَمَّدٍاَنْلاَتُعَذِّبَهَذَاالْمَيِّتِ

Doa Ziarah Kubur Singkat Latin

Allâhumma innî as-aluka bihaqqi Muhammadin wa âli Muhammad an lâ tu'adzdziba hâdzal may¬yit.

Artinya :

Ya Allah, aku memohon pada-Mu dengan hak Muhammad dan keluarga Muhammad janganlah azab penghuni kubur ini.

3. Doa Ziarah Kubur Singkat

Doa ini dibaca sambil meletakkan tangan di atas kuburan. Berikut bacaannya :

اَللَّهُمَّارْحَمْغُرْبَتَهُ،وَصِلْوَحْدَتَهُ،وَاَنِسْوَحْشَتَهُ،وَاَمِنْرَوْعَتَهُ،وَاَسْكِنْاِلَيْهِمِنْرَحْمَتِكَيَسْـتَغْنِيبِهَاعَنْرَحْمَةٍمِنْسِوَاكَ،وَاَلْحِقْهُبِمَنْكَانَيَتَوَلاَّهُ

Allâhumarham ghurbatahu, wa shil wahdatahu, wa anis wahsyatahu, wa amin raw'atahu, wa askin ilayhi min rahmatika yastaghnî bihâ 'an rahmatin min siwâka, wa alhiqhu biman kâma yatawallâhu.

Artinya :

Ya Allah, kasihi keterasingannya, sambungkan kesendiriannya, hiburlah kesepiannya, tenteramkan kekhawatirannya, tenangkan ia dengan rahmat-Mu yang dengannya tidak membutuhkan kasih sayang dari selain-Mu, dan susulkan ia kepada orang yang ia cintai.

Demikianlah doa ziarah kubur singkat yang bisa dilafalkan sesuai ajaran Rasulullah. Beberapa sumber juga menyebutkan bisa membaca Alfatihah, QS Al Qadar, Al Falaq, An Nas, dan Al Ikhlas saat berziarah ke kuburan.



Simak Video "Gaya Seksi Rachel Vennya saat Rayakan Ultah ke-27 Jadi Kontroversi "
[Gambas:Video 20detik]
(eny/eny)