Bacaan Surat Al Ikhlas, Arti, dan Keutamaannya yang Bisa Lancarkan Rezeki

Arina Yulistara - wolipop Selasa, 26 Okt 2021 05:30 WIB
Bacaan surat Al Ikhlas, arti dan keutamaannya. Foto: Getty Images/iStockphoto/Poetra Dimatra Bacaan surat Al Ikhlas, arti dan keutamaannya. Foto: Getty Images/iStockphoto/Poetra Dimatra
Jakarta -

Bacaan surat Al Ikhlas memiliki arti dan keutamaan yang luar biasa jika sering diamalkan. Bacaan surat Al Ikhlas disarankan tak hanya dibaca saat sholat lima waktu tapi juga ketika sedang berdoa kepada Allah SWT.

Memang bagaimana bacaan surat Al Ikhlas, arti, dan keutamaannya bisa mempengaruhi doa-doa kita sebagai umat Muslim? Rasulullah SAW pernah menceritakan mengenai bacaan surat Al Ikhlas, arti, dan keutamaannya untuk seorang Muslim.

Melansir buku 'Samudera Al-Fatihah, Al-Ikhlas, Al-Falaq dan An-Naas: Tafsir Ibnu Katsir' oleh Imam Ibnu Katsir, dikatakan bahwa suatu pagi ada orang datang menghadap Nabi Muhammad SAW lalu bercerita mengenai seseorang yang sering memanjatkan bacaan surat Al Ikhlas.

Seolah orang tersebut merendahkan bacaan surat Al Ikhlas padahal arti dan keutamaannya sangat luar biasa. Kemudian Rasulullah SAW menjawab, bacaan surat Al Ikhlas memiliki arti dan keutamaan yang sangat istimewa, yakni sebanding dengan sepertiga Al Quran.

وَالَّذِى نَفْسِى بِيَدِهِ إِنَّهَا لَتَعْدِلُ ثُلُثَ الْقُرْآنِ

Artinya:

"Demi yang jiwaku berada di tangan-Nya, sesungguhnya surat ini sebanding dengan sepertiga Al Quran." (HR. Bukhari)

Mengutip dari Quran Kemenag, surat Al Ikhlas artinya keikhlasan dan keesaan Allah SWT. Bacaan surat Al Ikhlas termasuk surat ke-112 dalam Al Quran. Yuk simak bacaan surat Al Ikhlas, arti, dan keutamaannya.

Bacaan Surat Al Ikhlas dan Artinya

قُلْ هُوَ اللّٰهُ اَحَدٌۚ - ١

Artinya:

"Katakanlah (Muhammad), "Dialah Allah, Yang Maha Esa."

اَللّٰهُ الصَّمَدُۚ - ٢

Artinya:

"Allah tempat meminta segala sesuatu."

لَمْ يَلِدْ وَلَمْ يُوْلَدْۙ - ٣

Artinya:

"(Allah) tidak beranak dan tidak pula diperanakkan."

وَلَمْ يَكُنْ لَّهٗ كُفُوًا اَحَدٌ ࣖ - ٤

Artinya:

"Dan tidak ada sesuatu yang setara dengan Dia."

Setelah memahami bacaan surat Al Ikhlas dan artinya, kamu juga perlu mengetahui keutamaan membaca surat pendek ini. KLIK HALAMAN SELANJUTNYA.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3