ADVERTISEMENT

Wearing Klamby Bawa Kain Tenun Garut ke London Fashion Week 2022

Gresnia Arela Febriani - wolipop Selasa, 13 Sep 2022 10:30 WIB
Wearing Klamby akan tampil di London Fashion Week 2022. Foto: Dok. Wearing Klamby.
Jakarta -

Wearing Klamby menjadi brand lokal modest dan hijab pertama dari Indonesia yang akan menampilkan karyanya di gelaran London Fashion Week (LFW) 2022. Wearing Klamby menggandeng Raisa, Patricia Gouw dan Tantri Namirah untuk tampil di LFW 2022.

"Klamby akan menjadi modest fashion brand yang akan berjalan di London Fashion Show 2022," Kata Nadine Gaus saat ditemui dalam acara Klamby London Fashion Week 2022, di Peacock Lounge Hotel Fairmont, Jakarta (12/9/2022).

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan mendukung Klamby yang akan unjuk gigi di runaway London Fashion Week 2022. Zulkifli memuji Klamby karena akan menjadi modest fashion Indonesia pertama yang tampil di London Fashion Week.

Wearing Klamby akan tampil di London Fashion Week 2022.Wearing Klamby akan tampil di London Fashion Week 2022. Foto: Dok. Wearing Klamby.

"Kuncinya kerja sama ada Tokopedia, Wardah, tentunya pemerintah. Walaupun pemerintah belum bisa membuat banyak. Kita mendukung Jakarta Fashion Week dan ini peluangnya besar sekali. Kita itu beragam punya kearifan lokal, itu kalau bisa dikemas itu luar biasa," ujar Zulkifli Hasan.

"Kalau kita ngomong fashion muslim itu besar 25% di dunia 2045 bisa 30%. Baru-baru ini kita membuka kerja sama dengan negara Timur Tengah, Afrika dan untuk bisa pajaknya 0. Kita itu kaya, kita akan memperluas kerja sama dagang. Ini peluangnya besar, semoga kita menjadi modest yang nomor 1 di dunia," lanjutnya lagi.

Nadine Gaus sebagai pemilik brand Wearing Klamby menceritakan awal mula bisa bergabung di ajang London Fashion Week 2022. Nadine mengakui banyak seleksi yang dilakukan hingga akhirnya bisa lolos seleksi.

"Jadi ceritanya sudah ada tahun lalu karena 2022 10 tahun berkarya. Momen 10 tahun berkarya kami ingin berkontribusi besar. Kayaknya kita harus melakukan sesuatu makanya kita mencoba untuk masuk ke kurasinya LFW 2022 dengan proses yang panjang kurang lebih harus mengumpulkan portofolio desain, fashion show juga itu termasuk journeynya dan hingga bisa diterima di LFW. Karena Klamby DNA kuat dan kita modest fashion brand. LFW ingin lebih diversity dan salah satunya Klamby," ungkap Nadine Gaus haru.

Nadine akan menampilkan sentuhan kekayaan Indonesia dalam setiap koleksi yang ditampilkan di London Fashion Week 2022. "Ini sejalan dengan visi Klamby inspire dan goals yang kita harapnkan Klamby ini kan DNA Indonesia, kita harap lokal sebagai negara yang kaya akan budayanya," tutur Nadine.

Istri Ridho Jufri ini menjelaskan detail koleksi yang akan tampil di London Fashion Show 2022 mengangkat kain tenun Garut. Warna-warna busana yang dihadirkan di antaranya, kuning, biru dan fuschia.

"Jadi koleksinya spring summer yang akan hightlight tenun Garut. Sebenarnya wastra Indonesia itu banyak banget aku lihat punya potensi besar di luar. Mulai dari pilihan warna yang berani. Selain itu materialnya natural fiber sangat diminati internasional market," terang Nadine.

(gaf/eny)