ADVERTISEMENT

Viral Atlet Pencak Silat Non Muslim Pakai Hijab saat Tanding, Ini Alasannya

Gresnia Arela Febriani - wolipop Senin, 08 Agu 2022 16:15 WIB
Sosok atlet silat viral, Merrywati Manuil beragama Kristen tapi memakai hijab. Foto Merrywati pakai hijab saat bertanding. Foto: Dok. @alifasyrafsuhaimi
Malaysia -

Nama atlet pencak silat Merrywati Manuil mendadak jadi sorotan publik. Pasalnya ia merupakan seorang non muslim yang mengaku suka memakai hijab saat pertandingan pencak silat.

Sang atlet mengungkapkan perasaan nyamannya memakai hijab melalui akun Facebooknya, Merrywati Manuil. Atlet berusia 21 tahun ini menjawab berbagai pertanyaan warganet tentang penampilannya yang viral memakai hijab saat bertanding.

"Banyak yang tertanya kenapa saya pakai tudung walaupun saya Kristian😊. Silat adalah warisan orang-orang Melayu. Saya sebagai orang bukan Melayu sangat menghormati, menggagumi dan mencintai silat. Walaupun tidak diwajibkan untuk memakai hijab tetapi saya lebih memilih untuk memakai hijab ketika pertandingan," tulis akun Facebook Merrywati Manuil (7/8/2022).

Merrywati Manuil saat ini menjalani kuliah di Mahsa College, Sabah, Malaysia. Ia mengaku lebih nyaman pakai hijab saat bertanding dan keinginan berhijab itu datang dari dalam dirinya sendiri.

"Hijab bukan saja wajib untuk menutup aurat bagi wanita Melayu tetapi bagi saya (berhijab) terlihat lebih sopan, rapi dan beradab saat pertandingan. Tidak paksaan dari pihak mana pun. Saya belajar ilmu orang Melayu sudah tentu saya mengikuti dan melakukan apa yang saya pelajari. Semoga persoalan berkaitan memakai hijab ini terjawab😁 Aihh jangan serius bah kita-kita juga baini. Kalau orang Melayu ada MAT KILAU. Saya orang murut ada Aki ANTANOM✨," lanjut Merrywati di Facebooknya.

Wanita yang berasal dari Keningau, Malaysia ini meraih juara 1 dalam 19th World Pencak Silat Championship 2022 di Melaka, Malaysia pada 25-31 Juli 2022. Tampil berhijab, dia unggul mengalahkan Puspa Arumsari dari Indonesia dengan nilai 9.950-9.910 dalam kategori seni tunggal putri.

Sosok atlet silat viral, Merrywati Manuil beragama Kristen tapi memakai hijab.Sosok atlet silat viral, Merrywati Manuil beragama non muslim tampil berhijab saat bertanding. Foto: Dok. @alifasyrafsuhaimi

Merrywati Manuil termasuk tujuh emas skuad silat nasional di turnamen tersebut sehingga mencapai target yang ditetapkan oleh Persekutuan Silat Nasional Malaysia (Pesaka). Ia tak canggung memakai hijab selama bertanding pencak silat.

Pengakuan Merrywati di akun Facebooknya ini sudah mendapatkan lebih dari 8,5 ribu Likes, 4,2 ribu dibagikan ulang dan 901 komentar. Pengakuan dan penampilan Merrywati yang berhijab saat tanding mendapatkan beragam komentar dari warganet.

"Tidak perlu mengejar pengaruh pada masalah ini, dirusak oleh keaslian gaun Melayu, itu cukup untuk dirusak karena ideologi konservatif "seragam" kebiasaan menurut ide mereka dangkal, cukup. Cukup," ucap Jango Ria.

Sosok atlet silat viral, Merrywati Manuil beragama Kristen tapi memakai hijab.Sosok atlet silat viral, Merrywati Manuil (tengah) beragama non muslim tampil berhijab saat bertanding. Foto: Dok. Instagram @wawatty_.

"Terima kasih sebab ada nasehat hijab wajib untuk mereka beragama islam dan berbangsa melayu," ucap pengguna Facebook Wan Ahmad Shahmi.

"Menutup aurat bukan wajib bagi wanita Melayu...salah tu...tutup aurat wajib bagi wanita Islam...sebab di nusantara ini ada yang Melayunya tapi bukan islam... 🥰🥰🥰" saut akun Khairil Affendi Razali.

"Tahniah dan terima kasih atas penghormatan yang diberi kepada orang Melayu. Semoga terus mengharumkan nama negara..terbaik!" kata akun @Abu.

Wolipop sudah menghubungi atlet pencak silat asal Malaysia, Merrywati Manuil, melalui Facebook, namun belum mendapatkan respon.

(gaf/eny)