Doa Niat Wudhu Bahasa Arab, Latin dan Artinya Lengkap dengan Setelah Wudhu

Anggi Mayasari - wolipop Kamis, 28 Apr 2022 06:00 WIB
Ilustrasi wanita wudhu Doa niat wudhu. Foto: Tripa Ramadhan/Detikcom
Jakarta -

Doa niat wudhu adalah bagian yang dapat menyempurnakan wudhu. Bagaimana bacaan doa niat wudhu bahasa Arab dan latin?

Wudhu merupakan salah satu bentuk mensucikan diri menggunakan air. Wudhu adalah langkah pertama yang penting dari salat.

Wudhu dilakukan untuk menghilangkan hadats besar maupun kecil.Sebagai bagian dari ibadah, penting untuk memastikan wudhu dilakukan dengan benar.

Doa niat wudhu cukuplah dengan menyebut misalnya "nawaytu al-wudhu". Itu disebut sebagai niat wudhu pendek. Namun, ada doa niat wudhu yang lengkap.

Berikut selengkapnya doa niat wudhu:

Doa Niat Wudhu Arab

نَوَيْتُ الْوُضُوْءَ لِرَفْعِ الْحَدَثِ اْلاَصْغَرِ فَرْضًا ِللهِ تَعَالَى

Doa Niat Wudhu Latin

Nawaitul whuduua liraf'il hadatsil asghari fardal lillaahi ta'aalaa.

Doa Niat Wudhu dan Artinya

Saya niat berwudhu untuk menghilangkan hadats kecil fardhu karena Allah Ta'ala

Niat Wudhu Dibaca Ketika?

Dikutip dari buku yang berjudul Panduan Terlengkap Ibadah Muslim Sehari-hari karangan KH. Muhammad Habibillah disebutkan bahwa niat wudhu dilakukan bersamaan dengan membasuh muka.

Namun, Ba 'Ashin menyebutkan dalam Bushra al-Karim bahwa lebih baik niat wudhu dibaca sebelum membasuh muka untuk mendapatkan pahala sunnah. Niat sunnah harus dilakukan ketika mulai mencuci tangan dan bertepatan dengan mengucapkan "Bismillah".

Bagaimana Doa Setelah Wudhu?

Setelah berwudhu, umat Muslim juga dianjurkan untuk membaca doa. Berikut ini doa setelah wudhu dalam tulisan Arab, latin, dan Artinya

أَشْهَدُ أَنْ لَا إلَهَ إلَّا اللهَ وَحْدَهُ لَا شَرِيكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُولُهُ اللَّهُمَّ اجْعَلْنِي مِنَ التَّوَّابِينَ وَاجْعَلْنِيْ مِنْ الْمُتَطَهِّرِينَ سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ أَشْهَدُ أَنْ لَا إلَهَ إلَّا أَنْتَ أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوبُ إلَيْكَ وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَآلِ مُحَمَّدٍ

Asyhadu al laa ilaaha illallah wahdahu laa syariika lah, wa asyhadu anna muhammadan 'abduhu wa rasuuluhu. Allahumma ij'alni minat tawwaabiina waj'alni minal mutathahhiriin. Subhaanaka allahumma wa bihamdika asyhadu al laa ilaaha illa nta astaghfiruka wa atuubu ilaik. Wa shallallahu 'ala sayyidina Muhammad wa `aali Muhammad.

Arti Doa Setelah Wudhu:

"Aku bersaksi tiada Tuhan selain Allah, dan tiada sekutu bagi-Nya, dan aku bersaksi bahwa sesungguhnya Nabi Muhammad adalah hamba dan utusan Allah. Ya Allah, jadikanlah aku sebagian dari orang-orang yang bertaubat, dan jadikanlah aku sebagian dari orang yang suci. Maha suci engkau Ya Allah, dan dengan memuji-Mu. Aku bersaksi tiada Tuhan selain Engkau, aku meminta ampunan pada-Mu, dan bertaubat pada-Mu. Semoga berkah rahmat Allah senantiasa terlimpahkan pada nabi Muhammad dan keluarganya."

Itulah doa niat wudhu bahasa Arab, latin dan artinya lengkap dengan doa setelah wudhu.



Simak Video "Tren Jilbab di Pasar Tanah Abang yang Diburu Warga Jelang Lebaran"
[Gambas:Video 20detik]
(eny/eny)