Tiktokers Berhijab dari Lebanon Viral Masak Rendang Banjir Pujian Netizen

Gresnia Arela Febriani - wolipop Selasa, 05 Apr 2022 07:30 WIB
Foto Abir Saghir yang sedang membuat rendang. Foto Abir sedang memasak rendang viral di media sosial. Foto: Dok. TikTok @abir.sag.
Lebanon -

SelebTok atau selebgram TikTok dan blogger Abir Saghir asal Lebanon mencuri atensi warganet di Tanah Air. Abir Saghir dikenal semenjak membuat masakan dari berbagai negara, kali ini ia mencoba memasak rendang Minang khas Indonesia.

Ia menjawab tantangan dari salah satu warganet yang berasal dari Indonesia. Ia lalu mencoba membuat sendiri hidangan daging rendang. Abir mengunggah tutorial masak rendang lewat akun TikToknya @abir.sag. Ia sengaja memakai suara latar lagu dari Indonesia.

"Reply to @cindyintan925 indonesian beef rendang ๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ #indonesia #abirzkitchen #fyp," balas akun TikTok @abir.sag.

Foto Abir Saghir yang sedang membuat rendang.Foto Abir Saghir yang sedang membuat rendang. Foto: Dok. TikTok @abir.sag.

Abir mempersiapkan bahan dasar untuk membuat rendang, yaitu ada daging, santan, bumbu-bumbu dasar, cabai merah, bawang putih, dan ketumbar. Lalu semua bahan di blender hingga halus. Kemudian cabai ditumis dengan kayu manis, cengkeh, setelah wangi masukkan daging yang sudah dipotong.

Setelah dagingnya berubah warna kemudian masukkan santan kental, ditambah daun salam dan serai. Abir juga menambahkan kelapa yang sudah dicincang dan disangrai hingga harum. Lalu kelapa dihaluskan dengan cara ditumbuk. Setelah itu kelapa dimasukkan ke dalam adonan daging rendang. Semua bahan diaduk rata dan api kompor dikecilkan. Sampai terlihat warna rendang yang mulai menghitam, tandanya daging rendang sudah siap dihidangkan. Abir pun memberikan bendera Merah Putih saat menyajikan rendang dengan nasi putih hangat.

@abir.sag Reply to @cindyintan925 indonesian beef rendang ๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ #indonesia #abirzkitchen #fyp โ™ฌ suara asli - SR Musik Chanel - ๐—ฆ๐—ฅ ๐— ๐˜‚๐˜€๐—ถ๐—ธ๐—–๐—ต๐—ฎ๐—ป๐—ฒ๐—น ๐Ÿ’ซ

Video Abir saat memasak rendang sudah ditonton lebih dari 13,2 juta Views dan 2 juta Likes. Warganet ada yang memuji dan kagum dengan cara memasak Abir.

"Biasanya orang luar kalau bikin rendang agak meleset, lha ini bener banget. Malah lengkap sama kelapanya. Gue aja kadang gak pake karena males bikinnya๐Ÿ˜‚," ucap pengguna akun TikTok @panci alumunium.

"Mbaknya hebat, pake kelapa gongseng lho. Indonesia sekaliii ๐Ÿฅฐ," ujar akun @Ruth Natashia, dr.

"Itu pasti usaha lebih sih buat cari bahan-bahan kaya daun salam, dan lainnya ๐Ÿ˜ณ i apprreciate that ๐Ÿ”ฅ respect," puji akun @Tentang laki-laki.

"Akhirnya ada juga masakan dari negaraku Indonesia , makasih miss ๐Ÿฅฐ๐Ÿฅฐ๐Ÿฅฐ," kagum akun @annarahayu84.

"Fix! Dia lebih pinter masak rendang dari gw, gw aja orang Minang ga sepinter ini๐Ÿ˜…๐Ÿ˜," kagum akun @Gorjess Febrian.

Foto Abir Saghir yang sedang membuat rendang.Foto Abir Saghir yang sedang membuat rendang. Foto: Dok. TikTok @abir.sag.

"Sampai merinding lihatnya ... keren banget... effort nyari bahan-bahannya...plus-plus lagunya ๐Ÿฅบ," timpal akun @dr. Nila Farahdiba Daulay.

"Kerenn pakai kelapa gongseng, di Indonesia zaman sekarang uda kurang yang pakai itu.. ๐Ÿฅฐ๐Ÿฅฐ๐Ÿฅฐ๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ," saut @astriichsan.

TikTokers yang berusia 23 tahun itu jadi sorotan warganet karena kerap membuat video memasak dengan resep klasik, dengan kualitas gambar yang enak dipandang mata dan menguggah selera.

Dilansir dari Periodicocubano, Abir bercerita dalam sebuah wawancara bahwa dia suka berada di dapurnya dan menggunakan barang-barangnya sendirian. "Jadi saya bisa memilah pikiran saya dan tidak terganggu (ketika memasak)," ucap Abir.

Selain populer di TikTok, wanita berhijab itu dikenal di Instagram dan sudah mempunyai lebih dari 554 ribu pengikut. Abir juga menjalani bisnis fashion wanita, gaun cantik untuk wanita berhijab dan membuat aneka resep di Instagram @abirzkitchen. Gaya hijab Abir pun menjadi sorotan hijabers karena mempunya unik dengan mengenakan hijab instan pashmina.

(gaf/eny)