ADVERTISEMENT

Mengenal Muskaan Khan, Hijabers India Tokoh Perlawanan Larangan Pakai Hijab

gaf - wolipop Senin, 14 Feb 2022 21:00 WIB
Foto Muskaa Khan, wanita berani yang memperjuangkan hijab di India. Foto Muskaan Khan yang viral di media sosial. Foto: Dok. Instagram @mvslim.
New Delhi -

Sosok Muskaan Khan mendadak mencuri perhatian publik karena menjadi wajah perlawanan bagi wanita Muslim India yang berhijab. Aksi perlawnan ini muncul setelah sebelumnya, heboh berita tentang siswi di sebuah perguruan tinggi pra-universitas, setara dengan sekolah menengah di distrik Udupi Karnataka, India, dilarang masuk kelas karena memakai hijab.

Masalah pelarangan memakai hijab itu semakin merebak hingga muncul protes dari berbagai kalangan. Sekolah menengah dan perguruan tinggi yang menerapkan larangan berhijab tersebut pun ditutup sementara oleh pemerintah Tarnataka. Bahkan kasus ini sudah sampai di pengadilan tinggi negara bagian.

Seiring munculnya gerakan mendukung perlawanan larangan memakai hijab, ada juga sejumlah pria yang menggelar unjuk rasa menentang pemakaian hijab di lingkungan kampus. Dalam sebuah video viral, tiba-tiba sosok Muskaan Khan melawan para pendemo tersebut. Video viral menunjukkan dia berada di tengah gerombolan pria yang kompak memakai selendang safron, warna yang diasosiasikan dengan kelompok Hindu yang mulai meneriaki "Jai Shri Ram" atau "kemenangan bagi Dewa Ram".

Foto Muskaa Khan, wanita berani yang memperjuangkan hijab di India.Foto Muskaa Khan, wanita berani yang memperjuangkan hijab di India. Foto: Dok. Instagram @mvslim.

Segerombolan pria terus mencemooh Muskaan Khan yang mengenakan gamis, hijab dan masker hitam. Muskaan kemudian menyerukan sambil berteriak, "Allahu Akbar." Pihak otoritas perguruan tinggi langsung menyuruh Muskaan untuk masuk ke dalam kampus.

Muskaan Khan mengatakan ia dan wanita Muslim di India mengenakan hijab dan burqa setiap hari. Akan tetapi pilihan tersebut berubah menjadi kontroversi beberapa pekan terakhir. Sementara itu, kampus tampaknya terpolarisasi dengan mahasiswa Hindu muncul mengenakan selendang safron.

"Saya sampai di perguruan tinggi untuk menghadiri kelas dan menemukan bahwa ada banyak anak muda yang mengenakan selendang safron," kata Muskaan kepada BBC.

Foto Muskaa Khan, wanita berani yang memperjuangkan hijab di India.Foto Muskaa Khan, wanita berani yang memperjuangkan hijab di India. Foto: Dok. Instagram @mvslim.

Mahasiswi 19 tahun itu mengaku para pria yang sedang berdemo menghalanginya masuk ke kampus. "Mereka memblokir jalan saya dan mengatakan bahwa saya tidak bisa memasuki gedung perguruan tinggi," lanjut Muskaan.

Ketika Muskaan sampai di gerbang, dia melihat ada tiga atau empat siswa yang mengenakan burqa dan ditolak oleh para pemuda pendemo tersebut. Dan Muskaan tetap bertekad untuk melawan. Sekitar 30-40 pria datang ke arahnya sambil berteriak "Jai Shri Ram."

"Sekali lagi, mereka mengatakan kepada saya untuk melepaskan hijab jika saya ingin masuk ke dalam," geram Muskaan. "Ya, saya berteriak Allahu Akbar. Ketika saya takut, saya berseru kepada Allah dan itu memberikan saya kekuatan," lanjutnya.

Saat itulah kepala sekolah dan guru bergegas keluar dan mengawal Muskaan untuk masuk. Aksi seruan Muskaan langsung viral di media sosial.

Muskaan Khan pun mengaku senang ketika melihat apresiasi terhadapnya di media sosial. "Begitu banyak cinta yang mereka berikan kepada saya dan itu memberi saya begitu banyak kekuatan. Saya sangat berterima kasih kepada mereka," ucap Muskaan yang merasa terharu.

Dia juga menjelaskan bahwa dia "tidak membedakan antara Hindu dan Muslim". "Anak-anak laki ini tidak mengizinkan saya untuk mendidik [diri saya sendiri] karena saya mengenakan hijab," katanya. "Jadi, saya hanya membela hak-hak saya," tutupnya.

(gaf/eny)