ADVERTISEMENT

Kisah Siswi Dilarang Masuk Kelas karena Pakai Hijab Jadi Kontroversi

Gresnia Arela Febriani - wolipop Jumat, 21 Jan 2022 11:40 WIB
Foto siswi yang sedang duduk di tangga sekolah. Mereka tidak boleh masuk kelas karena menggunakan hijab. Foto: Dok. Al Jazeera. Foto siswi yang sedang duduk di tangga sekolah. Mereka tidak boleh masuk kelas karena menggunakan hijab. Foto: Dok. Al Jazeera.
Jakarta -

Siswi yang bernama A H Almas (18 tahun) dan dua temannya terkejut ketika ingin masuk ruangan kelas. Sebab, sang guru berteriak dan menyuruh mereka untuk keluar kelas. Kejadian tersebut terjadi pada pagi di bulan Desember 2021.

Dikutip dari Al Jazeera, tiga siswi Muslim di India tidak diizinkan untuk duduk di kelas karena mengenakan hijab. Mereka adalah siswi di Perguruan Tinggi Pra-Universitas Negeri (Goverment PU College) khusus wanita di distrik Udupi, kota di negara bagian Karnataka, India,

"Ketika kami tiba di pintu kelas, guru mengatakan kami tidak bisa masuk kelas dengan hijab," kata Almas kepada Al Jazeera. "Guru meminta kami untuk melepaskannya," ucapnya lagi.

Ketiga siswi tersebut merasa bingung dan harus membuka hijab jika ingin masuk ke ruangan kelas. Sejak saat itu, bukan hanya tiga siswi tersebut yang tidak bisa masuk kelas karena berhijab, tiga siswi muslim lainnya yang memakai hijab mengalami nasib serupa. Mereka harus duduk di luar kelas.

Sejumlah wartawan yang menyoroti kasus mahasiwi tidak boleh masuk kelas karena memakai hijab.Sejumlah wartawan mewawancarai siswi tidak boleh masuk kelas karena memakai hijab. Foto: Dok. Al Jazeera.

Administrasi sekolah menyebut keenam siswi tersebut melanggar aturan karena mengenakan hijab, yang bukan bagian dari seragam. Tetapi para siswa mengatakan kepada Al Jazeera bahwa hijab adalah bagian dari iman mereka. Dan memakainya adalah hak yang dijamin oleh hukum.

A H Almas dan siswi lainnya yang berhijab dinyatakan absen dari kelas sejak 31 Desember 2021. Padahal mereka datang ke sekolah setiap hari.

"Kami tidak akan mengalah, tidak mungkin," ucap Aliya Assadi, siswa berhijab lainnya yang tidak diizinkan masuk kelas, kepada Al Jazeera.

Kisah para siswi di India dilarang masuk kelas karena berhijab ini viral setelah foto mereka duduk di tangga, di luar kelas mereka. Foto ini menarik perhatian netizen yang ikut memprotes tindakan sekolah pada para siswi berhijab tersebut.

"Karena foto inilah masalah kami disorot di media," kata Aliya Assadi.

Pihak sekolah memaksa siswi untuk menuliskan surat pernyataan jika mereka sengaja tidak masuk kelas. Klik halaman selanjutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2