Prancis Larang Wanita Berhijab Antar Anak 'Field Trip' Sekolah

Silmia Putri - wolipop Rabu, 22 Mei 2019 08:09 WIB
Foto: Thinkstock Foto: Thinkstock

Jakarta - Prancis menjadi salah satu negara di Eropa yang memiliki aturan ketat untuk muslim. Negara ini menjadi yang pertama melarang pemakaian cadar untuk wanita muslim di tempat umum.

Pada Mei 2019, Prancis meresmikan aturan baru. Pemerintah Prancis melarang wanita berhijab menemani anak di kegiatan school trip atau field trip.

Pada peraturan tersebut, pemerintah Prancis melarang pemakaian atribut keagamaan secara umum. Tapi, dilansir dari Dailymail, Prancis menargetkan wanita muslim yang memakai hijab.

Aturan ini ditolak oleh sejumlah anggota parlemen karena dianggap menghalangi kebebasan beragama. Namun, suaranya masih kalah dibandingkan anggota yang setuju.

Anggota parlemen yang setuju dengan peraturan tersebut berjumlah 186 suara, sedangkan anggota parlemen yang tidak setuju berjumlah 100 suara. Ada pula 159 suara yang absen.

Prancis bukan satu-satunya negara yang meresmikan larangan untuk hijab minggu ini. Sebelumnya, Austria secara resmi melarang pemakaian hijab di sekolah.

Sama seperti Prancis, Austria secara umum melarang pemakaian atribut keagamaan di sekolah. Namun, banyak yang menyebut peraturan ini dikhususkan untuk muslim yang berhijab.
(sil/ami)