Bacaan Doa Qunut Salat Subuh Lengkap dengan Arti dan Tulisan Latin

Arina Yulistara - wolipop Rabu, 03 Nov 2021 05:30 WIB
Muslim Woman pray and Beautiful background. Bacaan doa qunut lengkap Arab dan Latin serta artinya. Foto: Getty Images/iStockphoto/Arthit_Longwilai
Jakarta -

Doa qunut menjadi salah satu amalan salat Subuh yang dianjurkan. Meski hukumnya tidak wajib namun doa qunut akan menyempurnakan salatmu. Berikut bacaan doa qunut dan artinya.

Apa kamu sering membaca doa qunut saat salat subuh? Atau mungkin sering lupa dan memilih melewatinya? Jika iya, yuk pahami lebih dalam mengenai manfaat luar biasa dari doa qunut.

Tidak hanya menyempurnakan salat, doa qunut juga membuat hidup lebih berkah. Bahkan doa qunut bisa membuatmu terhindar dari segala penyakit berbahaya, terutama penyakit hati.

Buat kamu yang belum paham manfaat membaca doa qunut saat salat subuh, ayo cari tahu di sini. Sebelum tahu manfaat luar biasa doa qunut, hapalkan lebih dulu dan mengerti artinya. Berikut bacaan doa qunut dalam bahasa Arab, latin, dan artinya.

Bacaan Doa Qunut

Baca doa qunut di pertengahan salat subuh. Bacaan doa qunut dilakukan setelah i'tidal dan sebelum sujud pada rakaat terakhir. Hukum membaca doa qunut pada pertengahan salat subuh adalah dianjurkan.

Hal ini tertuang dalam buku berjudul 'Kupas Tuntas Qunut Subuh' oleh M. Abdul Wahab, Lc. Mayoritas ulama menyatakan kalau hukum membaca doa qunut saat salat subuh adalah sunnah.

Dalam madzhab syafi'i menyatakan bahwa membaca doa qunut itu dianjurkan baik ketika terjadi bencana (nazilah) atau ketika tidak ada bencana (qunut subuh). Beberapa sahabat Nabi Muhammad SAW juga menganjurkan membaca doa qunut saat subuh. Mereka yang menganjurkan membaca doa qunut saat salat subuh ada Abu bakar As-Shidiq, Umar bin Khathab, Utsman, Ali, Ibnu Abbas, dan Al-Barra bin 'Azib.

Bagi kamu yang belum hapal doa qunut, mari baca sekarang. Berikut bacaan doa qunut yang bisa diamalkan saat salat subuh:

Bacaan Doa Qunut Arab:

اَللهُمَّ اهْدِنِيْ فِيْمَنْ هَدَيْتَ، وَعَافِنِيْ فِيْمَنْ عَافَيْتَ، وَتَوَلَّنِيْ فِيْمَنْ تَوَلَّيْتَ، وَبَارِكْ لِيْ فِيْمَاأَعْطَيْتَ، وَقِنِيْ شَرَّمَا قَضَيْتَ، فَاِنَّكَ تَقْضِىْ وَلاَيُقْضَى عَلَيْكَ، فَاِنَّهُ لاَيَذِلُّ مَنْ وَالَيْتَ، وَلاَيَعِزُّ مَنْ عَادَيْتَ، تَبَارَكْتَ رَبَّنَا وَتَعَالَيْتَ، فَلَكَ الْحَمْدُ عَلَى مَاقَضَيْتَ، أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوْبُ اِلَيْكَ، وَصَلَّى اللهَ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ النَّبِيِّ اْلاُمِّيِّ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَبَارَكَ وَسَلَّمَ

Bacaan Doa Qunut Latin:

Allahhummahdinii fiiman hadait, wa'a finii fiman 'aafait, wa tawallanii fiiman tawal-laiit, wa baarik lii fiimaa a'thait, wa qinii syarra maa qadhait.

Fainnaka taqdhii walaa yuqdha 'alaik, wa innahu laayadzilu man walait, wa laa ya'izzu man 'aadait, tabaa rakta rabbanaa wata'aalait.

Falakalhamdu 'alaa maaqadhait, Astaghfiruka wa'atuubu ilaik, Wasallallahu 'ala Sayyidina Muhammadin nabiyyil ummiyyi. Wa'alaa aalihi washahbihi wasallam.

Arti Bacaan Doa Qunut:

"Ya Allah tunjukkanlah padaku sebagaimana pada mereka yang telah Engkau beri petunjuk. Dan berilah padaku pengampunan sebagaimana pada mereka yang Engkau beri ampun. Dan peliharalah aku sebagaimana pada mereka yang Engkau pelihara. Dan berilah padaku keberkatan sebagaimana yang telah Engkau karuniakan pada mereka. Dan selamatkan aku dari mara bahaya yang telah Engkau tentukan.

Maka sesungguhnya Engkaulah yang menghukum dan bukan yang kena hukum. Maka sesungguhnya tidaklah hina pada mereka orang yang Engkau pimpin, dan tidak mulia orang yang Engkau musuhi. Maha Suci Engkau wahai Tuhan kami dan Maha tinggi Engkau.

Maka bagi Engkau segala puji atas yang Engkau hukumkan. Aku mohon ampun kepada Engkau dan aku bertaubat kepada Engkau. Dan semoga Allah mencurahkan rahmat dan kesejahteraan atas junjungan kami Nabi Muhammad, keluarga, dan para sahabatnya."

Itulah bacaan doa qunut yang menyempurnakan Salat Subuhmu. Semoga kita umat muslim bisa mengamalkannya dan mendapatkan pahala dari Allah SWT.



Simak Video "Nurul si Pendongeng Cantik - Sunsilk Hijab Hunt 2019 Yogyakarta"
[Gambas:Video 20detik]
(eny/eny)