Tata Cara Sholat Hajat Lengkap dengan Niat, Bacaan dan Doa

Tim Wolipop - wolipop Senin, 13 Sep 2021 05:30 WIB
Tata cara sholat hajat lengkap dengan niat, bacaan dan doa. Foto: Getty Images/staticnak1983 Tata cara sholat hajat lengkap dengan niat, bacaan dan doa. Foto: Getty Images/staticnak1983
Jakarta -

Bagi kamu muslimah yang sedang terkena masalah atau memiliki keinginan tertentu bisa mencoba melakukan sholat hajat. Berikut tata cara sholat hajat lengkap dengan niat, bacaan dan doanya.

Apa itu sholat hajat? Para Nabi banyak menjadikan sholat ini sebagai media untuk mengadukan masalah hidupnya.

Menurut buku Sholat Hajat yang ditulis oleh Ghaida Halah Ikram, sholat hajat adalah sholat sunnah yang dikerjakan karena adanya suatu hajat atau keperluan yang sangat penting agar apa yang dibutuhkan dapat dikabulkan oleh Allah SWT.

Allah berfirman dalam QS Yusuf ayat 87 yang berbunyi:

يَا بَنِيَّ اذْهَبُوا فَتَحَسَّسُوا مِنْ يُوسُفَ وَأَخِيهِ وَلَا تَيْأَسُوا مِنْ رَوْحِ اللَّهِ ۖ إِنَّهُ لَا يَيْأَسُ مِنْ رَوْحِ اللَّهِ إِلَّا الْقَوْمُ الْكَافِرُونَ

Artinya: "Hai anak-anakku, pergilah kamu, maka carilah berita tentang Yusuf dan saudaranya dan jangan kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya tiada berputus asa dari rahmat Allah, melainkan kaum yang kafir," (QS. Yusuf: 87).

Hukum dan Waktu Sholat Hajat

Menurut buku Panduan Sholat Untuk Perempuan karya Nurul Jazimah, hukum melakukan sholat hajat adalah sunnah. Jadi jika kamu melakukan sholat hajat makan akan mendapat pahala. Tapi jika kamu meninggalkannya tidak akan berdosa. Pada umumnya sholat hajat dilaksanakan pada malam hari, seperti waktu pelaksanaan sholat witir dan sholat tahajud sebanyak dua rakaat.

Niat Sholat Hajat

Sama seperti sholat lainnya, kamu harus memulai sholat hajat dengan niat. Lafazkan niat berikut ini dalam hati saat melakukan sholat hajat:

أُصَلِّيْ سُنَّةَ الْحَاجَةِ رَكْعَتَيْنِ لِلَّهِ تَعَالَى

Latin: usholli sunnatal haajati rak'ataini lillaahi ta'ala

Artinya: Aku niat sholat hajat dua rakaat karena Allah Taala

Tata Cara Sholat Hajat

Cara melakukan sholat hajat seperti dikutip dari buku Mudah dan Cepat Hafal Semua Bacaan Shalat, Doa Pilihan & Surat Pendek oleh Ustadz Khalili Amrin Ali al-Sunguti dimulai dengan niat dilanjutkan dengan membaca takbiratul ihram.

Berikut selengkapnya tata cara sholat hajat:

1. Membaca niat

2. Takbiratul ihram;

3. Kedua telapak tangan disedekapkan, lalu membaca doa iftitah;

4. Membaca surat Al Fatihah;

5. Membaca ayat Al Quran;

6. Ruku';

7. I'tidal;

8. Sujud;

9. Duduk di antara dua sujud;

10. Sujud kedua;

11. Lakukan rakaat kedua sebagaimana rakaat pertama;

12. Duduk tasyahud akhir;

13. Salam.

Setelah mengikuti tata cara sholat hajat tersebut, lanjutkan dengan membaca doa setelah sholat hajat. Bagaimana doanya? KLIK HALAMAN SELANJUTNYA.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Deretan Kontroversi yang Iringi Kesuksesan Squid Game"
[Gambas:Video 20detik]