Doa Setelah Sholat Istikharah, Lengkap Arab, Latin, dan Artinya

Tim Wolipop - wolipop Jumat, 12 Jun 2020 06:00 WIB
A young muslim in prayer Foto: iStock/Doa Setelah Sholat Istikharah, Lengkap Arab, Latin, dan Artinya
Jakarta -

Sholat istikharah adalah sholat yang dilakukan untuk memohon kepada Allah agar diberi pilihan yang baik dari dua pilihan yang ada. Imam Al Ghazali dalam bukunya Ihya 'Ulumiddin menuliskan, Rasulullah SAW sangat menganjurkan bagi umat Islam yang sedang bingung menentukan pilihan.

Sahabat Jabir Ibn 'Abdullah dalam sebuah hadits riwayat Bukhari mengatakan, Rasulullah SAW bersabda:

"Jika kalian menginginkan suatu perkara, maka sholatlah dua rakaat dan sebutlah perkaranya, lalu berdoa seperti yang telah kami ajarkan."

Sholat istikharah hukumnya sunah. Sholat ini bisa dilakukan sewaktu-waktu baik siang maupun malam di luar waktu makruh dan dilarang untuk sholat. Namun yang paling afdhol, sholat istikharah dikerjakan di sepertiga malam yang terakhir seperti Sholat Tahajud.


Cara mengerjakan sholat istikharah yakni sama dengan sholat sunah lainnya. Perbedaannya hanya niatnya saja. Setelah sholat istikharah perbuatan atau masalah yang diminta untuk memilih pada Allah akan terjawab melalui mimpi.

Niat sholat istikharah:

أصلى سنة الإستخارة ركعتين لله تعالى

artinya: "Aku berniat shalat istikharah dua raka'at karena Allah Ta'ala".

Jumlah rakaat sholat istikharah dua rakaat. Bacaan surah yang dianjurkan untuk dibaca pada rakaat pertama membaca surat Al Kafirun dan di rakaat kedua membaca surat Al Ikhlas.


Doa Setelah sholat istikharah:

اللَّهُمَّ إِنِّيْ أَسْتَخِيْرُكَ بِعِلْمِكَ، وَأَسْتَقْدِرُكَ بِقُدْرَتِكَ، وَأَسْأَلُكَ مِنْ فَضْلِكَ الْعَظِيْمِ، فَإِنَّكَ تَقْدِرُ وَلاَ أَقْدِرُ، وَتَعْلَمُ وَلاَ أَعْلَمُ، وَأَنْتَ عَلاَّمُ الْغُيُوْبِ. اَللَّهُمَّ إِنْ كُنْتَ تَعْلَمُ أَنَّ هَذَا اْلأَمْرَ -وَيُسَمَّى حَاجَتَهُ- خَيْرٌ لِيْ فِيْ دِيْنِيْ وَمَعَاشِيْ وَعَاقِبَةِ أَمْرِيْ فَاقْدُرْهُ لِيْ وَيَسِّرْهُ لِيْ ثُمَّ بَارِكْ لِيْ فِيْهِ، وَإِنْ كُنْتَ تَعْلَمُ أَنَّ هَذَا اْلأَمْرَ شَرٌّ لِيْ فِيْ دِيْنِيْ وَمَعَاشِيْ وَعَاقِبَةِ أَمْرِيْ فَاصْرِفْهُ عَنِّيْ وَاصْرِفْنِيْ عَنْهُ وَاقْدُرْ لِيَ الْخَيْرَ حَيْثُ كَانَ ثُمَّ أَرْضِنِيْ بِهِ

Allaahumma innii astakhiiru bi'ilmika wa astaqdiru bi qudratika as'aluka min fadhlikal a'zham fainnaka aqdiru wa ta'lamu wa laa a'lamu wa anta 'allaamul ghuyuubu. Allaahumma in kunta ta'lamu anna hadzal amra khairunlii fi diini wa ma'aasyi wa aaqibati amri faqdirhuli wa yassirhu lii tsumma baariklii fiihi wa in kunta ta'lamu anna hadzlamra syarrunlii fii diini wa ma'aasyi wa aaqibati amri fashrifhu 'anni fashrifni 'anhu waqdirliyal khaira haautsu kaana tsumma ardhini bihi innaka 'alaa kulli syai'in qadiir.

"Ya Allah sesungguhnya saya memohon kepada-Mu memilihkan mana yang baik menurut pengetahuan-Mu dan saya memohon kepada-Mu untuk memberi ketentuan dengan kekuasaan-Mu, dan saya memohon anugerah-Mu yang agung, karena sesungguhnya Engkau Maha Kuasa, sedangkan saya tidak berkuasa dan Engkau Maha Mengetahui sedangkan saya tidak mengetahui dan Engkaulah Yang Maha Mengetahui akan yang gaib. Ya Allah apabila Engkau ketahui bahwa perkara ini (sebutkan perkara yang kita hadapi) baik bagiku, dalam agamaku, penghidupanku, dan baik akibatnya maka tetapkanlah perkara itu untukku dan mudahkahlah bagiku dan berikanlah keberkahan bagiku. Apabila Engkau ketahui bahwa perkara ini (sebutkan perkara yang kita hadapi) buruk bagiku dalam agamaku, untuk penghidupanku dan buruk akibatnya maka jauhkanlah perkara itu dariku dan jauhkanlah aku dari padanya dan tetapkanlah yang baik untukku di mana saja berada. Lalu jadikanlah saya rida denganmu. Sesungguhnya Engkau Maha Berkuasa atas segala sesuatu".

Doa sholat istikharah ini seperti diriwatkan Jabir Ibn 'Abdullah dalam hadits al Bukhari dikutip dari Kitab Ihya 'Ulumiddin.



Simak Video "Antusiasme 12 Asdos Bareng Maudy Ayunda di d'Youthizen"
[Gambas:Video 20detik]
(nwy/erd)