Keutamaan dan Amalan Bulan Muharram Tahun Baru Islam

Tim Wolipop - wolipop Kamis, 20 Agu 2020 06:51 WIB
tahun baru islam Foto: Getty Images/iStockphoto/sofirinaja/Keutamaan dan Amalan Bulan Muharram Tahun Baru Islam
Jakarta -

Muharram adalah salah satu dari empat bulan yang dimuliakan Allah. Empat bulan selain Ramadhan, yang dimuliakan Allah yakni Dzulqaidah, Dzulhijjah, Muharram, dan Rajab.

Hal itu tercantum dalam QS At Taubah ayat 36.

اِنَّ عِدَّةَ الشُّهُوْرِ عِنْدَ اللّٰهِ اثْنَا عَشَرَ شَهْرًا فِيْ كِتٰبِ اللّٰهِ يَوْمَ خَلَقَ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضَ مِنْهَآ اَرْبَعَةٌ حُرُمٌ ۗذٰلِكَ الدِّيْنُ الْقَيِّمُ ەۙ فَلَا تَظْلِمُوْا فِيْهِنَّ اَنْفُسَكُمْ وَقَاتِلُوا الْمُشْرِكِيْنَ كَاۤفَّةً كَمَا يُقَاتِلُوْنَكُمْ كَاۤفَّةً ۗوَاعْلَمُوْٓا اَنَّ اللّٰهَ مَعَ الْمُتَّقِيْنَ - ٣٦

Sesungguhnya jumlah bulan menurut Allah ialah dua belas bulan, (sebagaimana) dalam ketetapan Allah pada waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya ada empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kamu menzalimi dirimu dalam (bulan yang empat) itu, dan perangilah kaum musyrikin semuanya sebagaimana mereka pun memerangi kamu semuanya. Dan ketahuilah bahwa Allah beserta orang-orang yang takwa.

Dinamakan bulan haram yakni orang-orang Muslim pada bulan haram tersebut dilarang mengadakan peperangan.

Karena utamanya bulan Muharram, maka umat Islam dianjurkan untuk melakukan amalan-amalan seperti:

1. Doa Malam Tahun Baru Muharram

Doa malam tahun baru Muharram seperti tercantum dalam buku:
Dalam buku 'Misteri Bulan Suro: Perspektif Islam Jawa' oleh Muhammad Sholikhin:

لا إله إلا الله وحده لا شريك له له الملك وله الحمد يحي ويميت وهو على كل شيء قدير


Laa ilaaha illa-Llahu wahdah-u laa syariikalah-u, lahul-mulku wa lahul-hamdu yuhyi wa-yumiit-u, wa Huwa Hayyun laa yamuut-u bi-yadih-il-khayri, wa Huwa'ala kulli syai-in qodir.

"Tidak ada Tuhan selain Allah, Zat yang Maha Tunggal yang tidak mempunyai sekutu. Bagi-Nya kerajaan dan pujian, Yang Menghidupkan dan Yang Mematikan, Dia-lah yang mempunyai kekuasaan."

2. Sholat

Amalan lain yang disunahkan seperti qiyamul lail dengan sholat tahajud, sholat hajat, sholat sunnah taubah.

3. Membaca Al Quran

Al Quran yang dibaca bisa apa saja. Namun dianjurkan untuk membaca surat Surat Al Fatihah, Al Ikhlas, dan Surat Al Kautsar, seperti dalam buku 'Misteri Bulan Suro: Perspektif Islam Jawa' oleh Muhammad Sholikhin.

4. Zikir dan Sholawat

Zikir dengan menyebut nama Allah dan membaca sholawat, seperti dalam buku yang sama.

اللهم صل على سيدنا محمد وعلى آله وأصحابه والتابين وبارك وسلم

Allahumma sholli 'ala sayyidinaa Muhammadin wa'ala aalihi wa ash-habihi wat tabi'iina wa barik wa-sallim.


5. Puasa

Dalam buku 'Tanya Jawab Islam: Piss KTB' oleh PISS KTB, TIM Dakwah Pesantren, disebutkan, puasa yang dianjurkan pada bulan Muharram yakni pada 10 Muharam. Puasa 10 Muharam ini disebut Puasa Asyura. Selain puasa Asyura, umat Muslim pada bulan Muharam juga dianjurkan untuk berpuasa Tasu'a. Puasa yang tercantum dalam hadist riwayat Muslim ini dilakukan pada 9 Muharram. Dalam hadits Ibnu Abbas seperti dalam buku: Tanya Jawab Islam: Piss KTB oleh PISS KTB, TIM Dakwah Pesantren, disebutkan pahala berpuasa pada bulan Muharram yakni pahala 10 ribu malaikat, pahala mati syahid, dan sebagainya.

6. Sedekah

Dalam buku yang sama, umat Muslim menyebut bulan Muharram sebagai bulan anak yatim. Karena itu, umat Muslim disarankan untuk lebih banyak bersedekah pada bulan tersebut. Menyantuni dan memelihara anak yatim adalah sesuatu yang mulia, seperti dalam hadits Imam Baihaqi.



Simak Video "Nurul si Pendongeng Cantik - Sunsilk Hijab Hunt 2019 Yogyakarta"
[Gambas:Video 20detik]
(nwy/erd)