Ajak Anak Berdoa Setelah Berwudhu, Yuk Ketahui Keutamaannya

Lusiana Mustinda - wolipop Kamis, 24 Des 2020 19:30 WIB
Istanbul, Turkey - April 07, 2012: Man performing ablution. Ablution is a ritual act, where the person washes himself/herself in order to get ready for the prayer. Image taken during midday at the fountains next to Sultanahmet Mosque in Istanbul. Foto: iStock
Jakarta -

Berdoa setelah wudhu bisa dibiasakan sejak dini. Meskipun si kecil belum mahir menghafal, akan tetapi jika setiap hari ia mendengarnya tentu bisa jadi kebiasaan yang nantinya lambat laun akan melekat di otak si kecil.

Bunda, salah satu doa setelah berwudhu ini merupakan sunah Nabi Muhammad SAW lho. Sehingga tidak ada salahnya jika kita selalu membiasakan si kecil untuk membaca doa setelah berwudhu.

Berbeda dengan orang dewasa, mengajarkan si kecil tidak bisa dipaksakan. Yang terpenting Bunda selalu mencontohkan dan dilakukan berkali-kali dengan si kecil, insha Allah anak cepat menghafalnya.

Menurut buku "Kedahsyatan Manfaat Air Wudhu: Panduan Wajib untuk Setiap Keluarga Muslim" oleh Mukhlis Matheer, wudhu adalah salah satu syarat yang terpenting agar dapat melakukan ibadah wajib dan penambah pahala untuk menunaikan ibadah sunah yang tidak mengharuskan untuk wudhu.

Misalnya, seseorang yang ingin melaksanakan sholat fardhu, maka wudhu akan menjadi syarat terpenting. Dan apabila tidak berwudhu, maka sholat fardhu yang dikerjakan tidak sah.

Abu Hurairah ra menuturkan Rasulullah Saw bersabda, "Apabila seorang Muslim atau mukmin berwudhu, maka ketika dia membasuh muka hilanglah segala dosa matanya, hanyut bersama air hingga tetes penghabisan. Apabila ia mencuci tangan, hilang pula segala dosa yang diperbuat tangannya, hanyut bersama air hingga tetes penghabisan. Apabila ia mencuci kaki, hapus jualah dosa-dosa yang dilakukan kakinya, hanyut bersama air hingga tetes terakhir. Sehingga akhirnya ia bersih dari segala dosa". (H.R Muslim).

Klik Di SINI untuk mengetahui bacaan doa setelah wudhu secara lengkap ya Bunda.



Simak Video "Tips untuk Orang Tua Agar Stay at Home Menyenangkan bagi Anak"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/erd)