Teladan 10 Sahabat Nabi yang Dijamin Surga, Bisa Jadi Cerita Anak Islami

Erwin Dariyanto - wolipop Senin, 14 Des 2020 18:05 WIB
Infografis garis keturunan Gadis Pemerah Susu Ilustrasi Cerita Anak Islami tentang sahabat nabi yang dijamin masuk surga (Foto: Fuad Hasyim/detikcom)
Jakarta -

Ada sepuluh sahabat Nabi Muhammad SAW yang dijamin masuk surga. Kisah dan teladan mereka bisa jadi cerita anak Islami untuk diceritakan kepada sang buah hati.


Kesepuluh sahabat Nabi Muhammad yang dijamin surga itu adalah: Abu Bakar Ash Shiddiq, Umar bin Khattab, Utsman bin Affan, Ali bin Abi Thalib, Thalhah bin Ubaidillah, Zubair bin Awwam, Abdurrahman bin Auf, Sa'ad bin Abi Waqqas, Sa'id bin Zaid, dan Abu Ubaidah bin Jarrah.

Nama sepuluh sahabat Nabi Muhammad SAW itu disebut dalam hadits riwayat Imam Tirmidzi bahwa Rasulullah SAW bersabda: "Abu Bakar di surga, Umar di surga, Usman di surga, Ali di surga, Thalhah di surga, Zubair di surga, Abdurrahman bin Auf di surga, Sa'ad di surga, Sa'id di surga, Abu Ubaidah bin Jarrah di surga."

Tentu bukan tanpa sebab jika sepuluh sahabat Nabi Muhammad SAW tersebut dijamin masuk surga. Banyak teladan sepuluh sahabat Nabi Muhammad tersebut yang bisa dikenalkan kepada anak-anak.

Tentunya anak-anak memiliki sejumlah tokoh favorit kesukaannya, misalnya saja superhero. Kisah sepuluh sahabat Nabi Muhammad tersebut bisa jadi cerita anak Islami yang tak kalah dari cerita superhero masa kini.

Sepuluh sahabat ini ikut berjuang bersama Nabi Muhammad dalam menyebarkan Agama Islam dan memerangi para kaum kafir Quraisy. Abu Bakar Ash Shiddiq misalnya adalah sahabat yang memiliki peran besar dan penting dalam dakwah Islam.

Abu Bakar adalah termasuk golongan yang pertama masuk Islam atau assabiqunal awwalun setelah Siti Khadijah, istri Nabi Muhammad. Abu Bakar juga sahabat yang menemani Nabi Muhammad dalam perjalanan hijrah dari Makkah ke Madinah.

Saat perjalan dari Makkah ke Madinah, Nabi Muhammad dan Abu Bakar sempat bersembunyi di Gua Tsur karena dikejar-kejar oleh kaum kafir Quraisy. Di gua inilah Abu Bakar Ash Shiddiq menunjukkan kecintaanya kepada Rasulullah SAW.

Demi melindungi Nabi Muhammad SAW yang sedang tertidur agar tidak digigit ular, Abu Bakar menutup semua lubang gua menggunakan kainnya yang dia sobek.

Saat kain habis ternyata masih ada satu lubang yang belum ditutupi. Maka Abu Bakar menutup dengan telapak kakinya.

Abu Bakar harus menahan sakit karena ternyata ular yang akan masuk ke dalam gua menggigit kakinya. Dia tak mau berteriak karena khawatir mengganggu tidur Rasulullah SAW.

Nabi Muhammad sangat mencintai Abu Bakar Ash Shiddiq karena memiliki sifat-sifat mulia. Seperti baik hati, dermawan, dan suka menolong. Sebelum memeluk Islam, Abu Bakar adalah pedagang yang kaya. Namun semua hartanya diberikan untuk perjuangan Islam.

Kisah sembilan sahabat Nabi Muhammad SAW lainnya juga tak kalah menarik dan bisa jadi cerita anak Islami untuk diceritakan kepada anak-anak.

KLIK DI SINI UNTUK MEMBACA



Simak Video "Nurul si Pendongeng Cantik - Sunsilk Hijab Hunt 2019 Yogyakarta"
[Gambas:Video 20detik]
(erd/nwy)