Doa Ibu Menyusui yang Bisa Diamalkan Saat ASI Tak Lancar

Tim Hikmah detikcom - wolipop Jumat, 20 Nov 2020 08:00 WIB
Doa Ibu Menyusui (Ilustrasi: Tim Infografis detikcom) Doa Ibu Menyusui (Ilustrasi: Tim Infografis detikcom)
Jakarta -

Bunda Sahabat Hikmah detikcom, pernahkah mengalami kekhawatiran saat produksi Air Susu Ibu (ASI) tidak lancar, padahal sedang menyusui? Ada baiknya Bunda membaca doa ibu menyusui saat ASI tidak lancar.

Berdoa merupakan perintah Allah SWT sebagaimana firman-NYA di dalam Al Quran surat Al Mukmin ayat 60.

وَقَالَ رَبُّكُمُ ٱدْعُونِىٓ أَسْتَجِبْ لَكُمْ ۚ إِنَّ ٱلَّذِينَ يَسْتَكْبِرُونَ عَنْ عِبَادَتِى سَيَدْخُلُونَ جَهَنَّمَ دَاخِرِينَ


"Dan Rabbmu berfirman: "Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Kukabulkan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku akan masuk neraka Jahanam dalam keadaan hina dina."

Menurut Ibnu Qayyim Al Jauziyyah dalam salah satu kitabnya yang berjudul Ad Daa' Wa Ad Dawaa, doa merupakan obat bagi segala penyakit. Melalui doa, hati seseorang bisa menjadi tenang sebab percaya bahwa Allah SWT akan mengabulkan permohonan hamba-NYA.

Memanjatkan doa ibu menyusui sangat penting mengusir rasa khawatir yang muncul saat ASI tidak lancar. Menurut Dr Jack Newman, dokter spesialis anak dalam buku The Ultimate Breastfeeding Book of Answer, seperti dikutip dari Haibunda.com, rasa khawatir itu muncul karena perilaku bayi saat menyusu namun ASI tidak lancar.

"Jika bayi sering kali menyusu dalam waktu yang lama dan sepertinya tidak kenyang, maka banyak wanita (dan juga keluarganya) akan menyimpulkan bahwa sang ibu tidak bisa memberikan cukup ASI atau ASI-nya dikatakan jelek atau tidak bagus," kata Newman.

Nah dalam beberapa kasus, ada juga Bunda yang mengalami gangguan medis sehingga kesulitan saat harus menyusui. Padahal di dalam Al Quran disebutkan bahwa masa menyusui anak itu dua tahun. Allah SWT berfirman di dalam Al Quran surat Al Baqarah ayat 233:

"Para ibu hendaklah menyusukan anak-anaknya selama dua tahun penuh, yaitu bagi yang ingin menyempurnakan penyusuan."

Apabila ASI tidak lancar, agar tak muncul rasa khawatir coba Bunda amalkan doa ibu menyusui yang selengkapnya bisa diklik DI SINI.

Selanjutnya doa ibu menyusui di halaman berikutnya

Selanjutnya
Halaman
1 2