Doa Saat Hamil yang Bisa Dibaca Setiap Hari

Lusiana Mustinda - wolipop Sabtu, 28 Des 2019 07:00 WIB
Amalan doa ketika hamil. Foto: iStock
Jakarta - Doa dan dzikir sangat ampuh untuk menjaga diri kita selain sholat 5 waktu. Ketika hamil, ada beberapa doa yang bisa dipanjatkan untuk melindungi kita dan janin.

Nash-nash Al-Qur'an dan hadist banyak menjelaskan mengenai keutamaan doa dan dzikir. Sebagaimana dalam firman Allah SWT:



"Fadzkuruunii adzkurkum wasy kuruu lii wa laa takfuruun."


Artinya: "Maka ingatlah kamu kepada-Ku, niscaya Aku ingat (pula) kepadamu dan bersyukurlah kepada-Ku, dan janganlah kamu mengingkari (nikmat)Ku. (QS. Al-Baqarah: 152).


Dikutip dalam buku berjudul 'Doa dan Zikir Mustajab untuk Ibu Hamil dan Menyusui' oleh Ummu Azzam ada sebuah hadist yang mengatakan, "Sesungguhnya setiap kamu dibentuk di perut ibumu selama 40 hari, kemudian berbentuk 'alaqah kemudian menjadi mudhghah, kemudian Allah mengutus malaikat untuk meniupkan ruh dan menetapkan 4 masalah," (HR Bukhari, Ibnu Majah dan Tirmizy)

Doa ketika hamilDoa ketika hamil Foto: iStock

Ketika sedang hamil perbanyaklah membaca doa. Doa-doa ini bisa dipanjatkan setiap hari. Apa saja doanya? Berikut ini beberapa doa yang dapat kita baca selama hamil:


1. Doa agar Janin Diberi Kesehatan



Semua calon ibu menginginkan janin yang ia kandung sehat. Selain rajin membaca Al-Qur'an, doa (https://www.detik.com/tag/hamil) berikut ini juga bisa dipanjatkan setelah sholat fardhu:



"Allahummah fazh waladii ma daama fii bathnii. Wasyfihi ma'ii. Anta asy-syaafii laa syifaa'an illa syifaa 'uka syifaa 'an laa yughaadiru saqamaa."



Artinya: Ya Allah, semoga Engkau lindungi bayiku ini selama ada dalam kandunganku, Berikanlah kesehatan kepadanya bersamaku. Sesungguhnya Engkaulah Maha Penyembuh. Tidak ada kesehatan selain kesehatan yang Engkau berikan, kesehatan yang tidak diakhiri dengan penyakit lain."



2. Doa Menghadapi Kepayahan selama Kehamilan



Tidak semua kehamilan berjalan dengan lancar. Ada beberapa orang yang mengalami kehamilan dengan beberapa tantangan. Untuk menghindari hal ini, kamu bisa membaca doa ini:



"Allaahumma 'aafinii fii badanii wa 'aafinii fii sam'ii wa 'aafini fii basharii"

Artinya: Ya Allah, sehatkan badanku, sehatkan pendengaranku, dan sehatkan penglihatanku."



3. Doa agar Janin dalam Kandungan Dikuatkan



Berdoa dan meminta kepada Allah SWT agar janin yang ada di dalam kandungan supaya dikuatkan. Yuk, baca doa ini:



"Bismillahilladziilaailaaha illaa huwal haliimul kariimu rabbil 'arsyil 'azhiim. Laa ilaaha illallaahu rabbus samaawaati wa rabbul'arsyil 'azhiim."



Artinya: "Dengan menyebut nama Allah yang tiada Tuhan selain Dia, Yang Maha Penyabar, Yang Mahamulia, Tuhan 'Arsy yang agung. Tiada Tuhan selain Allah, Tuhan semesta langit dan bumi dan tuhan 'Arsy yang agung."



4. Doa agar Diberi Anak yang Saleh



Setiap orang tua menginginkan memiliki anak yang saleh. Ketika hamil, para orang tua juga bisa mengamalkan doa ini:


"Rabbi hab lii minash shaalihiin"

Artinya: "Ya Tuhanku, anugerahkanlah kepadku (seorang anak) yang termasuk orang-orang yang saleh." (QS. Ash-Shaaffaat [37]:100).





Simak Video "Gigi Hadid Unggah Foto Maternity dengan Gaun Transparan"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/erd)