Viral Cucu Penyusun Buku Iqra, Bagi Ilmu Agama di TikTok

Pool - wolipop Sabtu, 14 Nov 2020 20:08 WIB
Frideswidi Aufi, Frideswidi Aufi, cucu dari KH As'Ad Humam yang menyusun buku Iqra. (Dok. TikTok)
Yogyakarta -

Mungkin belum banyak orang yang tahu bahwa buku Iqra disusun oleh KH As'Ad Humam. Meski beliau telah tiada, nama KH As'Ad Humam santer terdengar lagi berkat cucunya yang belakangan viral di TikTok.

Adalah Frideswidi Aufi, nama perempuan muda yang mengaku sebagai cucu pria wajahnya selalu menghiasi halaman belakang buku Iqra itu. Lewat media sosial, Frideswidi Aufi diketahui melanjutkan upaya sang kakek dalam mengedukasi mereka yang ingin belajar bahasa Arab dan memperdalam Islam.

Semasa hidupnya, KH As'Ad Humam mendedikasikan diri sebagai seorang pendidik dan guru ngaji. Kepeduliannya terhadap pendidikan Islam yang akhirnya memotivasi beliau untuk membuat buku Iqra.

Buku tersebut berisi metode-metode cara mudah membaca bahasa Arab dan melafalkannya. Edisi pertama diketahui terbit pada awal 1990-an. Metode baca Iqra yang sampai saat ini masih dipakai banyak orang.

KH As'Ad Humam meninggal di Yogyakarta dalam usia 63 tahun pada 1996 ketika Frideswidi Aufi masih berusia tiga tahun. Memang pertemuannya dengan sang kakek terbilang singkat.

Namun sebagai cucu, Frideswidi Aufi ingin mengikuti jejak KH As'Ad Humam. Di TikTok, ia kerap berbagi ilmu seputar bahasa Arab dan Islam.

[Gambas:Instagram]



Frideswidi juga sesekali membagikan video tentang sosok almarhum kakeknya. Dia menceritakan lebih lengkap tentang sosok KH As'ad Humam saat semasa hidup.

Rupanya, konten-konten dia di TikTok disukai banyak orang dan kerap berujung viral. Tak heran, bila saat ini ia memiliki 56 ribu pengikut.

Dari unggahnnya di TikTok, ia diketahui berkuliah di Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta. Ibunya adalah seorang penulis.

(dtg/dtg)