Kisah Viral Hijabers Medan Alami Skoliosis: Mata dan Wajah Aku Tak Simetris

Gresnia Arela Febriani - wolipop Selasa, 06 Okt 2020 12:36 WIB
Avirisha Salwa yang mengalami skoliosis Salwa, berbagi kisah inspiratif saat alami skoliosis. Foto: Dok. pribadi salwa
Jakarta -

Remaja bernama lengkap Avirisha Salwa atau akrab disapa Salwa ini viral setelah menceritakan kisahnya mengalami skoliosis di akun TikToknya @avirishasalwaa. Kondisi ini dialaminya sejak lahir.

"Mata aku. Muka aku gak simetris. Skoliosis fighter, tinggi aku cuma 140 cm dan berat badan gak sampe 40 kg. Jangan lupa bersyukur," tulisnya.

Skoliosis adalah kelainan tulang belakang yang bengkok, biasanya terjadi pada anak-anak dan remaja. Namun demikian bukan berarti mereka yang sudah dewasa bisa bebas dari ancaman skoliosis ini.

Video Salwa mengenai kisahnya mengalami skoliosis itu hingga kini sudah ditonton lebih dari 102 ribu kali di TikTok. Lebih dari 4.000 komentar pun meramaikan video tersebut. Sebagian besar netizen menggumi ketegaran Salwa menjalani nasibnya.

"Salwa keren bisa sampai di titik ini, you did it," tulis akun @kripikcoklat.

"Kakak cantik banget, jangan insecure yaaa. Tetep semangat," tulis akun @jintube.

"Masya Allah cantik banget kamu, tetap percaya diri!" tulis akun @aura.

Avirisha Salwa yang mengalami skoliosisAvirisha Salwa yang mengalami skoliosis Foto: TikTok @avirishasalwaa

Cerita Salwa dan Skoliosisnya

Salwa yang kini masih sekolah kelas 11 di salah satu sekolah swasta di Medan berbagi kisah soal video skoliosis yang diunggahnya ke TikTok saat dikonfirmasi Wolipop. Remaja 16 tahun itu mengaku kaget dan tidak menyangka videonya itu viral.

"Reaksi awalnya kaget, karena memang nggak nyangka bisa FYP di TikTok. Beberapa kali aku buat video gak pernah ada yang FYP, tapi alhamdulillah video itu langsung masuk. Aku tahu video itu banyak yang nonton gara-gara HP aku waktu itu tiba-tiba rame banget masuk notif dari TikTok," tuturnya.

Salwa pun mengungkapkan alasannya mengunggah konten di TikTok. Kata anak pertama dari tiga bersaudara itu dia mengaku awalnya hanya iseng membuat konten. Namun karena banyak mendapat respon positif, dia pun melanjutkannya. Dia ingin menginspirasi sesama penderita skoliosis yang kondisinya sepertinya.

"Buat menginspirasi orang-orang yang mungkin keadaannya sama kayak aku. Tapi mereka takut buat menunjukkan diri mereka ke orang banyak. Biar buat inspirasi juga sama orang-orang supaya selalu bersyukur dengan keadaan yang dimiliki. Sementara aku banyak kekurangan Insha Allah bisa terima apa yang sudah dikasih oleh Allah SWT. Yang keadaan fisik sempurna kadang banyak yang nggak bersyukur," tuturnya.

Mengenai skoliosis yang dialaminya, kata Salma, kondisi tersebut sudah dideritanya sejak lahir. "Skoliosis itu penyakit tulang belakang miring ke kanan atau ke kiri, biasanya penyebabnya macam-macam ada yang dari lahir ada juga karena kecelakaan. Aku dari lahir memang sudah keadaannya kayak gini, aku skoliosis dan banyak kekurangan lainnya. Sudah beberapa kali operasi juga," ungkap Salwa saat dihubungi Wolipop, Selasa (29/9/2020).

Avirisha Salwa yang mengalami skoliosisAvirisha Salwa yang mengalami skoliosis Foto: TikTok @avirishasalwaa

Remaja yang aktif di TikTok mengaku mengalami beberapa kesulitan saat beraktifitas sehari-hari. Meski demikian kesulitan tersebut tak menjadi penghalangnya untuk menjalani berbagai kegiatan.

"Kesulitannya lebih kayak yang susah cari posisi tidur. Terus aku juga karena sudah operasi badannya agak kaku, kalau sebelum operasi mungkin kesulitannya susah buat bernafas aja," kata Salwa yang memiliki hobi makeup itu.

Memiliki kondisi skoliosis dan kerap membuat konten di TikTok, Salwa mengungkapkan pernah mendapatkan perlakuan yang kurang menyenangkan dan komentar negatif dari netizen. Ada yang mengira ia memakai filter atau soflens.

"Ada banyak komentar negatif yang aku dapat di media sosial, tapi aku juga berusaha buat nggak ngedengerin karena memang aku buat itu bukan buat orang lain tapi buat diri aku sendiri. Lagian nggak ada yang mau juga kayak gini. Jujur kadang agak sedih sama orang yang belum pernah ketemu bilang pakai softlens atau filter. Aku terlalu nggak ada kerjaan kalau pakai soflens atau filter," ujarnya.

Remaja yang lahir di Medan, Sumatera Utara itu pun pernah merasa putus asa akan kondisinya yang mengalami skoliosis. Namun dia selalu berusaha bangkit agar menjadi orang yang sukses.

"Kalau down sering banget. Cara biar bisa semangat lagi memotivasi diri sendiri aja, karena mau bahagiain orangtua, mau buktiin juga ke orang-orang yang nggak suka sama aku kalo aku bisa sukses nantinya," harap Salwa.



Simak Video "Aeshnina, Gadis Pemberani Asal Gresik yang Surati Pemimpin Dunia"
[Gambas:Video 20detik]
(gaf/eny)