Rindu Kampung Halaman, Ria Miranda Rilis Koleksi Baju Lebaran 'Nagari'

Daniel Ngantung - wolipop Selasa, 21 Apr 2020 18:32 WIB
Baju Lebaran 2020 Ria Miranda Ria Miranda rilis koleksi baju Lebaran 2020 bertajuk 'Nagari'. (Foto: Dok. RiaMiranda)
Jakarta -

Pandemi COVID-19 tak mematahkan semangat Ria Miranda untuk tetap berkarya. Menyambut Idul Fitri, desainer busana muslim tersebut merilis koleksi baju Lebaran yang bertajuk "Nagari".

Perilisan koleksi ini berbeda dari biasanya. Tidak ada peragaan busana dengan model yang lalu-lalang melenggang di catwalk. Keriuhan suasana belakang panggung atau ramah tamah antara komunitas hijabers dari Ria Miranda Loyal Community (RMLC) juga absen.

Mematuhi kebijakan pemerintah untuk mempraktikkan pembatasan sosial atau social distancing, Ria Miranda memperkenalkan koleksi baju Lebaran 2020 kepada media secara virtual, Selasa (21/4/2020). "Ini baru pertama kalinya. Semoga esensi yang didapat tetap sama walau caranya berbeda," tutur Ria Miranda saat menyapa awak media di sesi jumpa pers virtual tersebut bersama Pandu Rosadi, suaminya yang juga CEO label RiaMiranda.

Baju Lebaran 2020 Ria MirandaBaju Lebaran 2020 rancangan Ria Miranda (Foto: Dok. RiaMiranda)


Untuk baju Lebaran di koleksi Raya 2020, Ria Miranda kembali mengangkat keindahan budaya kampung halamannya, Minangkabau, Sumatera Barat. 'Nagari' yang dalam bahasa Minang berarti 'Negeri' dimaknai Ria sebagai kerinduannya untuk kembali pulang.

Tanpa diduga-duga oleh Ria, koleksi yang telah disiapkan sejak delapan bulan lalu ini terasa pas dengan situasi sekarang. "Imbas Corona kita jadi tidak boleh mudik. Berat memang. Setidaknya koleksi ini bisa mengobati kerinduan tersebut," ungkap Ria yang sudah sebulan terakhir bekerja dari rumah.

Ini bukan kali pertama perancang kelahiran Padang, 34 tahun lalu itu, menggali inspirasi dari budaya Minang. Koleksi busana dengan inspirasi yang sama perdana diluncurkannya saat Jakarta Fashion Week 2012 silam.

"Bedanya kali ini, kami mengeksplor ornamen-ornamen yang ada di Rumah Gadang untuk diaplikasikan menjadi detail menarik pada busana," kata Ria.

Tak hanya itu, ia turut memberdayakan perajin bordir di Bukittinggi untuk mengolah material koleksi ini. Mereka membordir di atas material dengan olahan print-digital yang dikirim dari Jakarta. Keindahan sulam khas Minang juga diangkat. "Sulaman mirip di bagian bawah songket. Suka ada yang seperti motif bunga," tambah Ria.

Baju Lebaran 2020 Ria MirandaKoleksi Raya 2020 RiaMiranda yang bertajuk 'Nagari'. (Foto: Dok. RiaMiranda)



Hasilnya dapat dilihat dalam hijab yang diberi nama Rancak Scarf. Potongannya tetap terasa modern khas Ria dengan permainan bordir yang hanya sebagai pemanis. "Karena ini bukan untuk label premium, bordir memang dibuat seringan mungkin," tambah Ria.

Terdapat pula tunik yang dapat dipakai dengan dua cara berbeda dan beberapa pilihan busana muslim lainnya. Selain busana bagi muslimah, Ria juga menyertakan koleksi busana pria yang terbuat dari material ATBM (alat tenun bukan mesin). Tidak ketinggalan busana khusus anak-anak. "Kami juga menghadirkan beberapa set mukena," tambah Pandu.

Koleksi baju Lebaran 2020 'Nagari' RiaMiranda mulai tersedia besok, Rabu (22/4/2020), dan dapat dibeli secara online. Harga mulai dari Rp 200 ribuan.



Simak Video "Tips Memadu Padankan Batik untuk Hari Raya"
[Gambas:Video 20detik]
(dtg/dtg)