Ini Khadijah Mellah, Joki Berhijab Pertama di Pacuan Kuda Inggris

Gresnia Arela Febriani - wolipop Selasa, 30 Jul 2019 12:49 WIB
Khadijah Mellah menjadi hijabers pertama yang menjadi joki di arena pacuan kuda di Inggris. Foto: Dok. aboutislam.net Khadijah Mellah menjadi hijabers pertama yang menjadi joki di arena pacuan kuda di Inggris. Foto: Dok. aboutislam.net

Jakarta - Wanita berhijab bernama Khadijah Mellah menjadi hijabers pertama yang menjadi joki di arena pacuan kuda di Inggris. Menurut laporan The Guardian, wanita berusia 18 tahun ini akan ikut dalam kompetisi Magnolia Cup pada musim panas 2019. Magnolia Cup merupakan kompetisi khusus wanita untuk joki amatir yang setiap tahunnya menjadi bagian dari Qatar Goodwood Festival.

Kisah Khadijah di jalur pacuan kuda rupanya tak mudah. Dia butuh waktu selama dua tahun untuk bisa bergabung dengan Ebony Horse Club, sebuah klub berkuda di Brixton, London, Inggris.

Khadijah pun mengetahui mengenai klub berkuda tersebut secara tidak sengaja. "Ada masjid di Brixton, kadang kami mengikuti kelas pelajaran bahasa Arab atau agama Islam. Suatu hari, kami sedan berjalan dan ibuku melihat selebaran yang menempel di jendela berisi informasi ada klub berkuda di Brixton. Aku langsung membujuk ibuku untuk mengikutinya," kenangnya.



Khadijah Mellah menjadi hijabers pertama yang menjadi joki di arena pacuan kuda di Inggris. Khadijah Mellah menjadi hijabers pertama yang menjadi joki di arena pacuan kuda di Inggris. Foto: Dok. greatbritishracing


Lima bulan yang lalu, ambisi berkuda remaja Muslim ini hanya ingin mengikuti latihan di klub berkudanya. Namun, kini dia sudah siap bersaing dengan joki ternama lainnya di antaranya mantan joki dan atlet sepeda Victoria Pendleton, model Irlandia dan presenter TV Vogue Williams, dan runner-up Apprentice seri sembilan Luisa Zissman.

Khadijah Mellah menjadi hijabers pertama yang menjadi joki di arena pacuan kuda di Inggris. Khadijah Mellah menjadi hijabers pertama yang menjadi joki di arena pacuan kuda di Inggris. Foto: Dok. greatbritishracing


Saat ini Khadijah sedang dilatih oleh Hayley Turner dan Oli Bell. Pelatihnya itu sangat bangga padanya. "Dia bilang padaku, jika ada satu orang yang mengirimkan pesan padaku dan bilang aku menginspirasi, itu akan jadi momen paling membanggakan untukku," kata Bell mengingat ucapan Khadijah padanya.

Menekuni olahraga berkuda, Khadijah juga menyukai aktivitas fisik lainnya. Dia merupakan pemegang sabuk hitam karate. Dia juga mengidolakan atlet berhijab Mesir, Manal Rostom yang mendirikan grup pendukung hijabers Surviving Hijab.



Simak Video "Fitria Manalu, Tetap Semangat di Tengah Keterbatasan"
[Gambas:Video 20detik]
(gaf/eny)