Peggy Melati Sukma Hijrah & Bercadar, Kini Berjuang Melawan Tumor

Silmia Putri - wolipop Senin, 29 Apr 2019 14:00 WIB
Peggy Melati Sukma. Foto: Desi Puspasari/detikHOT Peggy Melati Sukma. Foto: Desi Puspasari/detikHOT

Jakarta - Nama Peggy Melati Sukma populer sebagai aktris di tahun 1990-an. Sejumlah sinetron hits yang pernah ia bintangi adalah Si Kabayan dan Gerhana. Ia pun pernah meraih penghargaan sebagai Pemeran Utama Terbaik Kategori Komedi Festival Sinetron berkat aktingnya di sinetron Si Kabayan.

Sejak berhijrah beberapa tahun lalu, sosoknya sempat menghilang di layar kaca. Ia mendalami agama dan aktif di berbagai kajian di berbagai wilayah Tanah Air. Bahkan, ia mengubah namanya menjadi Khadija pada tahun 2017 lalu.

Tak hanya berhijab, Peggy juga memutuskan untuk memakai cadar sebagai bagian dari sunnah dalam agama Islam. Meski tak banyak muncul di layar kaca, Peggy Melati Sukma sering diundang menjadi pembicara di acara keagamaan ataupun pengajian.


Bercadar dan Kena Tumor, Peggy Melati Sukma Ajak Muslimah untuk BersyukurFoto: Desi Puspasari/detikHOT


Salah satunya adalah acara HC Day, yang dihelat di Kota Kasablanka, Sabtu (29/04/2019). Hari itu, ia bersama rekan artis berhijab lainnya yaitu Chacha Frederica, Fitri Tropica, dan Dian Ayu, berbincang-bincang dengan tema 'Blessed to Have You'.

View this post on Instagram

A post shared by HIJABERS COMMUNITY OFFICIAL (@hijaberscommunityofficial) on Apr 27, 2019 at 2:47am PDT


Peggy yang juga kini kerap disapa Teteh Khadija mengungkapkan pentingnya para wanita untuk mengingat fitrahnya. Kedudukan wanita dalam Islam sangatlah tinggi, bahkan para wanita bisa masuk ke surga lewat pintu mana saja jika dia taat.


Namun sayangnya, menurut Peggy ada banyak wanita yang mengeluhkan kodratnya dan tidak menjaga lisannya. Padahal, amalan yang baik untuk mengantarkan wanita ke surga bisa rusak karena ucapan-ucapan yang buruk.

"Biar gimana pun kita nggak pantes ngeluh, karena Allah sudah memberi lebih untuk kita, Allah sudah pasti ngasih apa yang kita butuh" ungkap Peggy kepada audiens di Main Hall, Kota Kasablanka.

Hal ini ia terapkan pada dirinya sendiri. Belum lama ini, ia divonis menderita tumor. Ayahnya pun divonis kanker. Namun, saat ditanya oleh awak media, ia menjawab penyakit tersebut adalah rezeki.

"Ya alhamdulillah ya, ini rezeki dari Allah, semua rezeki dari Allah, alhamdulillah. Sakit, sehat, semua dari Allah," tutur Peggy kepada awak media.

Kini, ia sudah menjalani operasi pengangkatan tumor dan tak lepas berdoa agar Allah mengangkat penyakitnya. Meski sakit, Peggy masih aktif mengisi berbagai kajian.
(sil/sil)