Tampil Berkali-kali di Fashion Show Dunia, Ini Kunci Sukses Dian Pelangi

Silmia Putri - wolipop Rabu, 27 Feb 2019 14:42 WIB
Dian Pelangi di New York Fashion Week 2019. Foto: Getty Images Dian Pelangi di New York Fashion Week 2019. Foto: Getty Images

Jakarta - Profesi fashion desainer jadi salah satu impian banyak wanita masa kini. Namun, menjadi desainer sukses tak semudah membalikkan telapak tangan. Hal ini diakui oleh desainer busana muslim populer Indonesia, Dian Pelangi.

Dian Pelangi berhasil melenggang di beberapa ajang fashion show bergengsi di dunia seperti New York Fashion Week dan London Fashion Week. Bisa berada di titik tersebut, Dian mengaku diperlukan usaha dan doa yang panjang.

Ditemui di sela acara Media Update New York Fashion Week 2019 di Eastern Opulance, Jakarta (21/02/2019), Dian Pelangi bagikan kunci sukses menjadi seorang desainer. Desainer berusia 28 tahun itu merangkumnya menjadi 6P. Berikut ulasannya.

1. Passion

Poin pertama adalah passion. Penting bagi seorang desainer untuk memiliki passion yang besar terhadap fashion. Passion membuat seseorang berenergi untuk terus berkarya.

"Passion itu penting banget. Ibaratnya passion itu bahan bakar yang membuat kita gerak terus," ungkap Dian Pelangi.

Tampil Berkali-kali di Fashion Show Dunia, Ini Kunci Sukses Dian PelangiDian Pelangi di London Modest Fashion Week 2018. Foto: Instagram/Hijup



2. Persistence

Selanjutnya adalah persistence atau gigih. Tak hanya menjadi seorang desainer, sifat gigih sangat diperlukan dalam mencapai sebuah cita-cita. Menurut Dian, sifat tersebut wajib dimiliki siapapun yang ingin sukses.

"Kita harus nggak gampang nyerah. Kita harus optimis dengan apa yang kita lakukan. Meski ada kegagalan, tapi kita bangun lagi semangat lagi," ungkap desainer yang baru saja memamerkan karya di New York Fashion Week 2019 ini.

3. Preparation

Setelah memiliki kemauan yang kuat, kita juga harus melakukan persiapan yang matang. Salah satunya adalah memperkaya diri dengan ilmu. Ada banyak cara yang bisa ditempuh mulai dari short course atau jalur akademik formal.

"Education itu juga penting. Jangan sampai kita sudah punya passion, tapi kita tidak mengisi diri kita dengan berbagai macam ilmu pengetahuan," terang Dian.

Tampil Berkali-kali di Fashion Show Dunia, Ini Kunci Sukses Dian PelangiKarya Dian Pelangi di New York Fashion Week 2019. Foto: Getty Images


4. Proud

Seorang desainer wajib hukumnya untuk memiliki kepercayaan diri. Jika tidak bangga dengan hasil karyaanya, ia tidak akan berani menunjukkannya kepada dunia. Untuk itu, Dian Pelangi menyebut poin sukses berikutnya adalah 'Proud'.

"Kita harus bangga dengan siapa diri kita, kita juga harus percaya diri dengan apa yang kita buat," tutur desainer yang sudah memamerkan karya di Jakarta Fashion Week sejak usia 18 tahun ini.


5. Personality

Tampil Berkali-kali di Fashion Show Dunia, Ini Kunci Sukses Dian PelangiDian Pelangi bersama model berhijab populer dunia Halima Aden. Foto: Dok. Instagram/DianPelangi

Kepribadian juga sangat menunjang kesuksesan seorang desainer. Desainer tak melulu berhubungan dengan koleksi busana, tapi dia juga akan berhadapan dengan klien bahkan media.

"Kalau punya personality yang bagus, kita juga bisa jadi inspiration. Personality yang bisa bikin klien juga keep going sama kita. Talent itu 50%, tapi personality juga 50%. Sama pentingnya," ungkapnya.

6. Pray

Terakhir, sebagai seorang muslim wajib hukumnya untuk berdoa. Sertakan Allah dalam setiap usaha kita, agar usaha yang dilakukan lebih berkah dan bermanfaat untuk sesama. (sil/sil)