Tokoh Wanita Korea Ini Menginspirasi Koleksi KAMI di JFW 2019

Silmia Putri - wolipop Rabu, 24 Okt 2018 15:35 WIB
Tokoh wanita Korea menginspirasi koleksi KAMI di JFW 2019. Foto: Dok. KAMI Tokoh wanita Korea menginspirasi koleksi KAMI di JFW 2019. Foto: Dok. KAMI

Jakarta - Seiring dengan pesatnya perkembangan hiburan dan wisata Korea, semakin banyak desainer Indonesia yang mengambil inspirasi dari negeri ginseng tersebut. Setelah Ria Miranda yang menampilkan keindahah kota Seoul di Jakarta Fashion Week (JFW) 2019, ada label fashion KAMI yang mengangkat sisi lain dari Korea.

KAMI menampilkan koleksi bernama NEOMA. Koleksi bernuansa feminin terinspirasi dari seorang tokoh wanita Korea bernama Hwan Jin Yi. Dalam sejarahnya, nama Hwan Jin Yi begitu dikenang oleh masyarakat Korea.



Lahir di dinasti Joseon, Hwan Jin Yi terkenal dengan karya-karya puisinya. Tulisan-tulisannya dikenang hingga sekarang. Bahkan sosoknya diangkat dalam sebuah film Korea di tahun 2007.

"Hwang Jin Yi sangat independen dalam menentukan nasibnya sendiri di era yang masyarakatnya masih konservatif. Memang dia cantik, tetapi dia tahu bahwa kecantikannya bukan menjadi jaminan untuk mendapatkan keinginannya, jadi dia memgembangkan bakatnya di hal lain seperti seni musik dan seni puisi," ungkap Nadya Karina, Creative Director dan Co-Founder KAMI di sela acara JFW 2019 beberapa waktu lalu.

Tokoh Wanita Korea Ini Menginspirasi Koleksi KAMI di JFW 2019Koleksi KAMI di JFW 2019. Foto: Dok. KAMI


Kecintaan Hwang Jin Yi pada seni musik dan puisi diterjemahkan KAMI ke dalam busana yang lembut tapi juga terkesan kuat. KAMI membawa warna-warna khasnya seperti khaki, peach, dan terakota.

Baca juga:


Meski terinspirasi dari budaya Korea, KAMI tetap menerjemahkannya menjadi koleksi urban yang tegas. Seperti potongan hanbook yang disulap menjadi outer berlayer. Nahan vitrase, polywool, lace, dan polyester yang dijahit menjadi potongan desain yang sedikit bervolume, menjuntai dan berlapis.

Label yang digawangi Istafiana Candarini, Nadya Karina, dan Afina Candarini itu tak hanya menyajikan detail printing seperti ciri khasnya, tapi juga aksen bordir dan sulam cantik. Pada koleksi tersebut, KAMI bekerja sama dengan studio lace dan bordir yaitu Lace Story.

Tokoh Wanita Korea Ini Menginspirasi Koleksi KAMI di JFW 2019KAMI di JFW 2019. Foto: Dok. KAMI


Tak hanya busana, label yang berdiri tahun 2009 itu juga menyajikan koleksi sepatu yang senada dengan busananya. Aksesori scarf juga masih menjadi primadona brand ini. Gaya hijab yang unik ikut menarik perhatian selama pertunjukkan.

KAMI berharap koleksi terbarunya ini dapat menjadi tren baru untuk pakaian modest di kalangan pecinta fashion di Indonesia dan mancanegara. Sebagaimana label ini telah berhasil populer di Malaysia, KAMI berharap bisa terus mengepakkan sayapnya.



Tonton juga 'Gaya Keren Susi Pudjiastuti Saat Berlenggang di JFW 2019':

[Gambas:Video 20detik]


(sil/hst)