Prediksi Tren Fashion Muslim 2019 Menurut Ketua APPMI Jakarta

Silmia Putri - wolipop Senin, 25 Jun 2018 11:24 WIB
Tren fashion hijab 2019. Foto: Dok. APPMI
Jakarta - Tren busana muslim di Indonesia terus berkembang. Sejak tahun 2010, perkembangan tren busana muslim melaju lebih cepat dibantu oleh komunitas hijab dan perancang busana muslim yang semakin besar.

APPMI (Asosiasi Perancang dan Pengusaha Mode Indonesia) menjadi salah satu wadah bagi perancang busana muslim untuk berkreasi. Beberapa desainer busana muslim jebolan APPMI berhasil menciptakan tren baru di dunia fashion hijab.

Menghelat acara Ramadan Runaway pada 5 - 24 Juni 2018, APPMI kembali memberi contekan tentang tren busana muslim tahun depan. Acara bazaar dan fashion show itu sukses menghasilkan transaksi sekitar Rp 6,35 miliar.

Pada acara yang dihelat di Kota Kasablanka tersebut, Rudy Chandra, Ketua APPMI DKI Jakarta memprediksi tren busana muslim tahun 2019 dilihat dari karya desainer hingga selera pasar.

Baca juga: Hijab Organik hingga Anti Bakteri, Ini 5 Hijab Lokal yang Inovatif

Ia berpendapat busana berpotongan simpel dengan bahan yang ringan akan jadi primadona. Warna-warna yang menyejukkan dan netral juga akan lebih diminati, seperti off white, abu-abu, dan navy blue.

Tak hanya tren busana yang berkembang, tapi juga keberadaan desainer baru yang terus bermunculan menambah kekayaan fashion muslim di negara ini. Rudy mengungkapkan tiga desainer dari APPMI yang memiliki kreativitas kuat.

"Saya melihat ada sejumlah desainer yang memiliki kreativitas sangat kuat dan harus diantisipasi oleh fashionista muslim pada tahun depan, seperti Ariy Arka, Dana Duryatna dan Nita Seno Adjie," ujar Rudy kepada awak media pada Minggu (24/06/2018).

Prediksi Tren Fashion Muslim 2019 Menurut Ketua APPMI JakartaKarya Nita Seno Adji pada Ramadan Runaway. Foto: Dok. APPMI

Baca juga: Irna Mutiara Ungkap Prediksi Tren Busana Muslim 2019

Ketiga desainer yang disebutkan memiliki karakter busana yang cukup berbeda. Abee by Ariy Arka memiliki ciri khas sentuhan bordir dalam karyanya, Dana Duryatna menyukai desain busana-busana longgar dengan bahan-bahan print dari linen dan katun, sedangkan Nita Seno Adjie lihai memadukan desain modern dengan motif-motif tradisional.

Selain desainer baru, keberadaan brand lokal yang berjualan online juga tak bisa disepelekan. Tren busana muslim kerap datang dari media sosial dan para influencer hijab. Meski tahun 2019 masih enam bulan lagi, tak ada salahnya mulai menyiapkan diri menjadi trend setter busana muslim dari sekarang.



'Dear Fashion Desainer, Ada Pesan dari Presiden Jokowi Nih!' Saksikan juga video selengkapnya di 20Detik:

(sil/sil)