Desainer Ini Rilis Cadar Warna Cerah, Agar Tak Identik Dengan Teroris

Silmia Putri - wolipop Jumat, 08 Jun 2018 12:02 WIB
Niqab berwarna jadi solusi agar tampil tak menyeramkan. Foto: Instagram/Taqiya_id Niqab berwarna jadi solusi agar tampil tak menyeramkan. Foto: Instagram/Taqiya_id

Jakarta - Setelah tragedi pengeboman gereja di Surabaya beberapa waktu lalu, penampilan wanita bercadar seringkali dianggap berbahaya. Hal ini membuat wanita bercadar merasa sedih hingga tak berani tampil di depan umum.

Pengalaman ini dirasakan langsung oleh Diana Nurliana, desainer berniqab yang telah merilis dua brand fashion KARA Indonesia dan Taqiya. Ia mengungkapkan keresahannya dan teman-teman berniqab lainnya pada acara Taqiya Show Case, di Twin House, Cipete, Jakarta Selatan.

Niqab Berwarna Jadi Solusi agar Tak Tampil MenyeramkanDesainer Diana Nurliana. Foto: Silmia Putri/Wolipop


Menurutnya wanita muslimah sangat jauh dari terorisme. Wanita berniqab sama dengan wanita muslimah lainnya, hanya memiliki preferensi berbeda dalam pemilihan hijab karena ketaatan kepada Allah.

"Pernah teman saya yang berniqab, mau kerja, mau naik lift ke kantornya. Tiba-tiba setelah dia masuk lift, semua orang di dalam lift keluar karena ketakutan," tutur Diana kepada Wolipop.

Rasa takut tak hanya berasal dari orang asing, tapi juga dari keluarga sendiri. Diana menceritakan salah satu temannya yang merupakan keturunan Tionghoa harus berjuang agar keluarganya tak menilai negatif terhadap niqab yang ia kenakan.

Baca juga: Desainer Ini Buktikan Cadar Tetap Laris Walau Pernah Dipakai Teroris

Akhirnya, setelah perbincangan panjang bersama komunitas niqabers, muncullah satu ide agar penampilan mereka tidak tampak menyeramkan atau seperti 'ninja'. Salah satu rekan Diana menyarankan mereka untuk tampil lebih berwarna, karena tampil berwarna bukanlah sebuah dosa asalkan tidak berlebihan.

Niqab Berwarna Jadi Solusi agar Tak Tampil MenyeramkanPenampilan niqab berwarna dusty pink yang lembut. Foto: Instagram/Taqiya_id

Tak disengaja, Diana baru saja merilis produk niqab set berwarna pada Maret 2018. Produk niqab ini berada di bawah label Taqiya, label busana niqab pertama Diana Nurliana.

"Qadarullah, saya pun sebenarnya masih jarang banget pakai niqab berwarna. Tapi, respons dari teman-teman berniqab luar biasa. Koleksi pertama habis dalam 3 jam saja," tutur perancang yang jadi desainer berniqab pertama di Jakarta Fashion Week ini.

Baca juga: Job Di-cancel Hingga Naik Haji Gratis, Cerita Diana Setelah Bercadar

Dengan niqab berwarna, muslimah yang merupakan keturunan Tionghoa itu lebih diterima baik oleh keluarganya. Diana pun pernah mencoba memakai niqab berwarna saat berjalan-jalan ke Disneyland. Busana dan cadarnya yang bewarna cerah, membuat Diana lebih leluasa berlibur tanpa dianggap menyeramkan.



Mau tetap modis saat berniqab? Saksikan video 'Tips Tampil Modis dan Nyaman dengan Niqab':


(sil/sil)