ADVERTISEMENT

Gaya Iriana Joko Widodo di Sidang Tahunan MPR, Kebaya dan Hijab Pink

Gresnia Arela Febriani - wolipop Selasa, 16 Agu 2022 14:45 WIB
Jokowi Pakai Baju Adat dari Bangka Belitung Jokowi dan Iriana di Sidang Tahunan MPR 2022. Foto: Biro Pers Setpres.
Jakarta -

Presiden Joko Widodo menghadiri sidang tahunan MPR 2022 dengan mengenakan baju adat dari Bangka Belitung, yaitu baju Paksian. Sedangkan Ibu Negara Iriana yang mendampinginya, anggun memakai kebaya warna pastel pink.

Cerita soal baju adat yang dipakai Jokowi di sidang tahunan MPR terungkap dari pernyataan Sekretaris Pribadi Presiden Jokowi, Anggit Nugroho. Dalam keterangan kepada wartawan, Selasa (16/8/2022), Anggit mengatakan Jokowi memerintahkannya menyiapkan baju adat untuk dipakai dalam pidato kenegaraan pada 16 Agustus 2022 dan upacara HUT RI pada 17 Agustus 2022.

"Dikumpulkanlah baju-baju adat dari daerah-daerah yang belum pernah dikenakan Presiden. Dari sekian banyak busana adat tersebut diseleksi hingga tinggal 3 buah," kata Anggit.

Jokowi Pakai Baju Adat dari Bangka BelitungJokowi Pakai Baju Adat dari Bangka Belitung, Ibu Negara Mengenakan Kebaya Pink. Foto: Biro Pers Setpres.

Sedangkan Iriana Joko Widodo, disampaikan Anggit, busananya tidak dipersiapkan secara khusus oleh sespri. Iriana disebut menyiapkan sendiri busana yang akan dikenakannya.

"Dari mulai desain, pemilihan bahan, hingga menjadi baju siap pakai," ujar Anggit.

Iriana tidak menggunakan baju dengan adat yang sama dengan Jokowi. Ibu Negara memilih menggunakan kebaya warna pink dengan detail tile dan beads, dan selendang chiffon yang dihiasi aksen payet pada bagian bahu sebelah kanan.

Jokowi Pakai Baju Adat dari Bangka BelitungJokowi Pakai Baju Adat Belitung, Iriana Mengenakan Kebaya Pink di Sidang Tahunan MPR. Foto: Biro Pers Setpres

Wanita kelahiran 1 Oktober 1963 ini memakai hijab segi empat bahan pollycotton yang dilengkapi dengan inner hijab. Hijab dibentuk rapi dengan diikat rapi ke belakang. Iriana juga mengenakan masker yang sama dengan motif detail kebaya agar lebih serasi.

Ibu dari Gibran Rakabuming Raka, Kahiyang Ayu, dan Kaesang Pangarep itu memadukan kebaya pink dengan kain motif tradisonal warna cokelat dan hand bag hitam. Ia juga terlihat memegang kipas tangan bahan batik.

(gaf/eny)