Hijabers Pemimpin Organisasi Muslim Terbesar Jadi 25 Wanita Berpengaruh 2021

Gresnia Arela Febriani - wolipop Jumat, 15 Okt 2021 11:00 WIB
Zara Mohammed sekretaris jendral Dewan Muslim Inggris, masuk dalam daftar 25 wanita paling berpengaruh tahun 2021 versi Vogue Inggris. Foto Zara Mohammed. Foto: Dok. Instagram @zara_m02.
Inggris -

Zara Mohammed menjadi sorotan publik usai menjadi wanita pertama yang menjadi sekretaris jenderal Dewan Muslim Inggris, organisasi Muslim terbesar di negeri Ratu Elizabeth II. Kini dia kembali jadi atensi karena masuk dalam daftar 25 wanita paling berpengaruh tahun 2021 versi Vogue Inggris. Zara terpilih berkat kepemimpinannya, dan berhasil 'meletakkan dasar untuk masa depan yang lebih setara.'

"Ada banyak stereotip bahwa wanita Muslim tertindas. Saya di sini untuk membantu memecahkan persepsi itu," kata Zara Mohammed kepada majalah Vogue seperti dilansir dari About Islam.

Pada Januari 2021, Zara Mohammed menjadi wanita termuda dan pertama yang terpilih sebagai sekretaris jenderal Dewan Muslim Inggris. Usianya saat itu 29 tahun.

Zara Mohammed sekretaris jendral Dewan Muslim Inggris, masuk dalam daftar 25 wanita paling berpengaruh tahun 2021 versi Vogue Inggris.Zara Mohammed sekretaris jendral Dewan Muslim Inggris, masuk dalam daftar 25 wanita paling berpengaruh tahun 2021 versi Vogue Inggris. Foto: Dok. Instagram @zara_m02.

Wanita berhijab ini menggantikan Harun Khan, yang menduduki jabatan tersebut selama empat tahun terakhir. Melalui pencapaiannya di organisasi Muslim terbesar di Inggris, Zara ingin menunjukkan kepada rekan-rekannya dan dunia bahwa kaum muda dan wanita dapat memimpin.

"Kami akan menjadi orang-orang yang mengatakan siapa kami dan apa yang kami wakili," ucapnya.

Zara merupakan lulusan dari University of Strathclyde, Glasgow. Dia lulus dengan gelar Legum Baccalaureus (LLB) atau sarjana hukum dalam Hukum Hak Asasi Manusia.

Pada 2016, Zara menjadi wanita pertama yang memimpin Federasi Masyarakat Islam Mahasiswa (FOSIS). Dia membuat kagum publik karena prestasinya tersebut.

Zara pun mengucapkan rasa terimakasih karena berhasil masuk dalam daftar 25 wanita yang berpengaruh dalam Vogue Inggris, melalui akun Twitternya @ZaraM01.

"Suatu kehormatan tersendiri bisa berasa di @britishvogue bersama 25 wanita paling berpengaruh dan menginspirasi di Inggris, yang ini untuk semua wanita, rangkul siapa saja dan kemampuan kamu untuk membuat perubahan yang positif @MuslimCouncil," tulis Zara Mohammed (@ZaraM01).

Postingan tersebut sudah mendapatkan 1.025 Likes, 143 Retweets dan 27 komentar. Warganet pun bangga dan memuji pencapaian Zara.

"Masha Allah ini adalah hal yang brilian dan positif," puji akun @rkmoyna.

"Pencapaian yang luar biasa dan kamu sangat hebat," kagum pengguna Twitter @BushraKhawaja7.

"Masha Allah, kau terlihat cantik... paparan yang luar biasa!" salut akun @HoliH1.

"MaSha Allah benar-benar indah dan sangat menginspirasi," timpal akun @shaziaparv.

Meghan Markle dan Kate Middleton juga termasuk dalam daftar 25 wanita yang berpengaruh dalam majalah Vogue Inggris. Selain itu ada Kate Bingham, ketua Gugus Tugas Vaksin Inggris.

Round-up tahunan tersebut, diterbitkan oleh majalah Vogue edisi September 2021. Dan bertujuan untuk merayakan para wanita yang telah "membuka jalan" untuk "masa depan yang lebih setara".

(gaf/eny)