Cerita UMKM Hijab Jualan di e-Commerce hingga Diterpa Pandemi

Nurcholis Maarif - wolipop Sabtu, 15 Mei 2021 12:16 WIB
Shopee Foto: Istimewa
Jakarta -

Platform digital seperti e-commerce diakui pelaku usaha dari UMKM mempermudah bisnis mereka terutama dalam menjangkau penjual yang lebih luas. Hal itu juga yang dirasakan Reni Afriyanti, pemilik Koyuhijab dari Rancaekek, Bandung yang bergerak di bidang fesyen muslim.

Reni menceritakan telah memanfaatkan Shopee sejak tahun 2015. Menjadi seorang seller Shopee menurut Reni, merupakan peluang bisnis yang baik karena mempermudah para pelanggannya menjangkau berbagai produk fesyen muslim Koyuhijab secara lebih efektif dan efisien.

Ia bercerita ketika marak terjadinya penipuan belanja online, Reni berhasil mendapatkan kepercayaan dan meyakinkan pelanggan Koyuhijab untuk tetap berbelanja di Shopee, yang sudah terjamin keamanannya tanpa harus khawatir terjebak penipuan.

"Melalui berbagai kampanye inovatif dan menarik yang ditawarkan, Shopee mempunyai andil yang cukup besar terhadap kesuksesan toko Koyuhijab," ujar dia dalam keterangan tertulis, Sabtu (15/5/2021).

"Terlebih dengan ragam promo menguntungkan yang ditawarkan seperti flashsale, gratis ongkir, dan masih banyak lagi, yang telah sukses menggiring lebih banyak lagi pelanggan yang tertarik untuk memenuhi berbagai kebutuhan fesyen muslimnya di toko Koyuhijab," imbuhnya.

Bagi Reni, Shopee dapat mengayomi para penjualnya. Sebab banyak pelatihan dan masukan terkait literasi digital penjual yang diberikan kepada bisnis Koyuhijab.

"Misalnya, tips dan trik pemasaran yang baik dan benar untuk bisa mendapatkan lebih banyak lagi pelanggan setia Koyuhijab, serta pemilihan akan jumlah barang jualan yang harus diproduksi untuk memenuhi permintaan pasar," ujarnya.

Pada awal 2020, situasi pandemi menjadi tantangan bagi semua orang, tak terkecuali toko Koyuhijab. Namun begitu, Reni mengaku tetap gigih mengembangkan bisnis toko Koyuhijab meski dalam keadaan serba tak menentu dengan segala keterbatasan.

Reni bercerita situasi pandemi menjadi salah satu rintangan yang kerap tak terlupakan. Sebab Shopee juga mengambil bagian penting dari bangkitnya bisnis Koyuhijab.

Walau dihadang pandemi, toko Koyuhijab justru tetap bisa bertahan berkat memiliki channel berjualan secara online di platform e-commerce Shopee Indonesia. Alhasil Koyuhijab tetap dapat memenuhi berbagai kebutuhan fesyen muslim pelanggannya sehari-hari.

Selain itu, bantuan yang tak kalah bermanfaat adalah dengan adanya gudang yang diberikan Shopee kepada para penjual tanpa biaya sewa. Gudang tersebut untuk menjamin ketersediaan stok yang disiapkan oleh Koyuhijab setiap harinya, yang juga turut membuka lapangan kerja bagi berbagai lapisan masyarakat Indonesia yang terkena dampak pandemi.

"Semenjak bergabung dengan Shopee, penjualan online Koyuhijab mengalami peningkatan yang sangat signifikan dibandingkan dengan penjualan offline. Khususnya pada kampanye Shopee Big Ramadan Sale 2021, jumlah transaksi Koyuhijab meningkat hingga 70% terhitung sejak masa pandemi di tahun 2020," ujarnya.

"Sebagai salah satu kampanye terbesar yang dihadirkan oleh Shopee, Big Ramadan Sale 2021 sangat membantu dalam hal mendorong performa bisnis Koyuhijab ke arah yang lebih baik lagi, dengan banyaknya produk Koyuhijab yang habis terjual setiap harinya di platform Shopee," jelasnya.

Lebih lanjut Reni mengatakan melalui berjualan di Shopee, bisnis fesyen muslim lokal Koyuhijab telah berhasil mengepakkan sayapnya untuk dapat menjangkau pasar yang lebih luas lagi dengan merambah ke pasar mancanegara.

"Ke depannya, saya berharap Shopee dapat terus memberikan dukungan penuh kepada Koyuhijab serta para pelaku UMKM lokal Indonesia lainnya di luar sana untuk bisa mencapai potensi yang paling maksimal," ujarnya.

"Koyuhijab akan senantiasa menghadirkan berbagai inovasi kreatif lainnya untuk menciptakan produk-produk fashion muslim terbaik, agar bisa menjadi inspirasi bagi penjual lain dan dapat dikenal oleh lebih banyak lagi orang dengan menembus tidak hanya pasar Indonesia, tetapi juga global," pungkasnya.



Simak Video "Handhika Jahja: Milenial di Balik Kemudi Raksasa E-Commerce Indonesia "
[Gambas:Video 20detik]
(akn/ega)