Intimate Interview

Pengakuan Hanin Dhiya yang Kini Berhijab, Bikin Ortu dan Teman Takjub

Gresnia Arela Febriani - wolipop Sabtu, 18 Jul 2020 08:01 WIB
Hanin Dhiya Hanin Dhiya berhijab. Foto: instagram @hanindhiyaatys
Jakarta -

Penyanyi Hanin Dhiya Citaningtyas kini memutuskan untuk memakai hijab. Runner-up ajang pencarian bakar Rising Star Indonesia itu mengaku mulai berhijab sejak pertengahan Ramadhan 2020.

Wolipop berbincang dengan Hanin tentang keputusannya yang mantap berhijab. Hanin Dhiya mengungkapkan niatnya ingin berhijab sebenarnya sudah lama ada.

"Yang buat aku yakin untuk berhijab sih nggak lebih karena hijab adalah kewajiban untuk wanita muslim. Niatnya sih udah lama sebenarnya, tapi entah kenapa waktu pertengahan bulan Ramadhan itu aku nggak mau menunda lagi. Aku takut juga kalau ditunda lagi malah nanti nggak jadi menjalankan kewajiban yang sudah semestinya," ungkap Hanin kepada Wolipop, Kamis (16/7/2020).

Seperti wanita pada umumnya yang baru memutuskan untuk berhijab, Hanin pun sempat merasa tidak nyaman dan belum menemukan gaya yang pas untuk dipakai. Dia juga merasa bentuk wajahnya jadi aneh setelah berhijab.

Hanin DhiyaHanin Dhiya Foto: instagram @hanindhiyaatys

"Waktu awal-awal rutin mengenakan hijab, ya pastinya ada rasa risih dan ribet. Karena biasanya nggak pernah ada yang menutup kepala aku. Terus sempat ngerasa bentuk wajah jadi aneh juga karena belum menemukan style yang pas di aku. Tapi alhamdulillah makin ke sini, makin sering cari tahu ini itu tentang hijab jadi terbiasa," kata pelantun lagu Pupus itu.

Selain itu, Hanin Dhiya yang pernah mewakili Indonesia di ajang ABU TV Song Festival 2019 di Tokyo, Jepang itu juga sempat merasa cemas karena penampilannya berhijab. Dia merasa dirinya tidak secantik wanita berhijab lainnya.

"Insecure sih pasti. Malah sampai sekarang pun masih suka insecure. Ngeliat orang lain kok cantik banget pake hijab, sedangkan aku ngerasanya nggak cantik dan malah aneh. Tapi aku berusaha meredam itu semua sih, baliknya lagi kan udah kewajiban ya jadi harus dijalanin. Berusaha ikhlas dan tetap bersyukur udah dikasih kesempurnaan sama Tuhan," ucap Hanin yang populer di YouTube dengan subscriber lebih dari 3,7 juta itu.

Keputusannya mengenakan hijab pun sempat membuat keluarga dan kerabat terdekatnya merasa takjub atas perubahan Hanin Dhiya. Mereka kaget karena Hanin mengubah penampilan secara tiba-tiba.

"Orangtua aku sebenarnya bisa dibilang agak kaget, karena aku kelihatan mendadak banget buat keputusan ini. Walaupun jauh sebelumnya memang aku sudah mempertimbangkan sendiri. Karena, seingat aku sih waktu itu, malamnya aku bilang mau berhijab. Lalu, besok paginya aku bener-bener langsung pakai. Walaupun orangtua aku sudah tahu keinginan aku untuk berhijab sejak lama, tapi nggak nyangka aja bakalan secepat ini aku memutuskan berhijab. Begitu juga respon teman-teman dekat, sama kaget, karena mendadak banget. Tapi alhamdulillah semua support keputusan aku ini," tutur Hanin yang suka meng-cover lagu penyanyi terkenal itu.

Aizat Amdan dan Hanin DhiyaAizat Amdan dan Hanin Dhiya Foto: Aizat Amdan dan Hanin Dhiya

Sebagai hijabers baru, penyanyi berusia 19 tahun ini pun menjajal berbagai gaya hijab. Mulai dari hijab segiempat hingga pashmina dicobanya. Dan akhirnya Hanin menemukan rasa nyaman saat mengenakan hijab pashmina.

"Aku lebih suka pakai pashmina. Karena, wajah aku jadi terlihat oval dan nggak bulet banget kalau pake pashmina," ujar Hanin seraya tertawa. Hanin sendiri sudah mengunggah beberapa foto dirinya memakai hijab pashmina ke akun Instagram @hanindhiyaatys


Profil Hanin Dhiya

Hanin Dhiya yang piawai bermain piano ini mencari inspirasi gaya hijab lewat Pinterest dan referensi gaya yang simpel dan casual. Sebagai wanita yang baru berhijab dia pun menemui kesulitan memakai jarum pentul.

Hanin yang sudah memiliki album perdana bertajuk 'Cerita Hanin Dhiya' itu pun memberikan pesan bagi wanita yang ingin berhijrah dan menggunakan hijab. Menurutnya jika sudah yakin jangan ditunda untuk mengenakan hijab.

"Untuk yang masih ragu, banyak-banyak berdoa aja minta sama Allah buat dimantapkan hatinya untuk menjalankan niat baik. Soalnya, kalau urusan berhijab walaupun ini memang kewajiban tapi realitanya juga butuh keyakinan dan keikhlasan dari hati kita masing-masing buat menjalankannya. Susah juga kalau dipaksa. Banyakin berdoa aja, terus yakin deh kalau berhijab itu nggak akan buat kita jadi terhambat melakukan apa pun. Kalau niatnya baik, pasti bakalan dikasih kelancaran juga kok. Tergantung kitanya aja pinter-pinter mengatur strategi. Sama satu lagi, kalau sekiranya udah yakin jangan ditunda ya!" ujar penyanyi Biar Waktu Hapus Sedihku itu.

[Gambas:Instagram]



Putri dari pasangan Ian Yuliantara dan Cicih Sunarsih ini sangat tertarik dengan musik semenjak kecil. Sebelum memulai karier di Rising Star Indonesia, Hanin Dhiya sudah banyak memenangkan kompetisi bernyanyi. Salah satunya ketika ia pertama kalinya tampil dalam Segmen Semprul Management di acara musik Inbox SCTV pada Januari 2014. Saat itu, Hanin membawakan lagu dari Destiny's Child berjudul "Stand Up for Love".

Karier Hanin Dhiya menanjak ketika lolos sebagai finalis dalam ajang Rising Star Indonesia yang ditayangkan stasiun televisi RCTI. Pada babak live audition kedua, ia membawakan lagu dari Celine Dion Surrender. Hasilnya, ia meraih 90% suara dan lolos ke babak duel.

Pada akhir kompetisi Rising Star Indonesia, Hanin Dhiya berhasil keluar sebagai Runner Up sekaligus membawa single pertamanya yang berjudul Yang Terbaik. Single tersebut pertama kali dibawakan Hanin pada grand final Rising Star Indonesia. Melalui single tersebut Hanin semakin dikenal dan semakin memiliki banyak fans yang dinamai Haninours.

Belum lama ini, Hanin Dhiya mengeluarkan single kolaborasinya bersama penyanyi asal Malaysia, Aziat Amdan yang berjudul 'Ku Mau'. Lagu tersebut dirilisnya sebelum lockdown di tengah pandemi.

Sukses terus dan semakin istiqomah ya Hanin!



Simak Video "164 Desainer Bakal Unjuk Gigi di Fashion Show Virtual 'ISEF 2020'"
[Gambas:Video 20detik]
(gaf/eny)