Mengenal Halima Aden, Model Berhijab Pertama yang Muncul di Majalah Bikini

Silmia Putri - wolipop Selasa, 30 Apr 2019 13:00 WIB
Halima Aden. Foto: Dok. Yu Tsai/Sports Illustrated Swimsuit Halima Aden. Foto: Dok. Yu Tsai/Sports Illustrated Swimsuit

Jakarta - Model berhijab semakin eksis di industri fashion. Bahkan, untuk pertama kalinya majalah Sports Illustrated yang setiap tahunnya mengeluarkan edisi swimsuit, menggandeng model berhijab.

Model yang terpilih adalah Halima Aden. Wanita berdarah Somalia itu bukan sosok baru di dunia hijabers. Ia berkali-kali mencetak sejarah di panggung fashion dunia.

Namanya pertama kali dikenal saat menjadi satu-satunya kontestan berhijab di ajang Miss Mninnesouta USA tahun 2016. Ia pun menarik perhatian saat tampil memakai burkini (busana renang tertutup untuk muslimah), saat peserta lain tampil seksi berbikini.


Mengenal Halima Aden, Model Berhijab Pertama yang Muncul di Majalah BikiniHalima Aden mengenakan burkini di Miss Minnesouta USA. Foto: Twitter

Setelah itu, Halima kembali menuai atensi saat digandeng Kanye West menjadi model berhijab pertama dan satu-satunya di fashion show Yeezy Season 5, New York Fashion Week 2017. Kala itu, Halima langsung dikontrak IMG, agensi model ternama yang menaungi Gigi Hadid dan Karlie Kloss.

Digandeng agensi model besar, pintu karir modeling Halima Aden semakin terbuka. Di usianya yang masih 19 tahun kala itu, Halima menjadi model berhijab pertama yang melenggang di Milan Fashion Week, membawakan koleksi Max Mara.


Popularitas Halima menarik perhatian majalah fashion ternama dunia, Vogue. Untuk pertama kalinya, Vogue menayangkan model berhijab di sampul majalahnya dan Halima adalah satu-satunya hijabers yang terpilih.

Mengenal Halima Aden, Model Berhijab Pertama yang Muncul di Majalah BikiniHalima Aden di cover majalah Vogue. Foto: Vogue Arabia

Tak hanya berhijab, latar belakang kehidupan Halima ikut jadi perhatian. Ia tak lahir di rumah apalagi di rumah sakit, tapi di tenda pengungsian Kenya. Ia tinggal di sana hingga usia tujuh tahun lalu merantau ke Amerika Serikat.

Video: Halima Aden Jadi Hijabers Pertama di Sports Illustrated: Swimsuit

[Gambas:Video 20detik]



Kepribadiannya juga menarik perhatian. Meski tak jarang mendapatkan kritik hingga cemoohan, ia membalasnya dengan senyuman dan prestasi. Dari media sosialnya, ia berteman baik dengan para model ternama seperti Gigi Hadid.
Mengenal Halima Aden, Model Berhijab Pertama yang Muncul di Majalah BikiniHalima Aden melenggang di fashion show ternama. Foto: Dok. Vogue

Cerita hidupnya membuat Halima dinobatkan menjadi brand ambassador UNICEF USA bersama deretan artis dunia seperti Selena Gomez. Pernah tinggal di pengungsian dan melewati banyak tantangan hidup, membuatnya dengan sepenuh hati mengkampanyekan program UNICEF.

Mengenal Halima Aden, Model Berhijab Pertama yang Muncul di Majalah BikiniHalima Aden dan Gigi Hadid untuk UNICEF Indonesia. Foto: Instagram/Halima

Kini, di usianya yang masih 21 tahun, Halima telah berkali-kali menjadi model sampul majalah terkenal seperti Allure, Vogue, dan Elle. Melenggang di panggung fashion week ternama seperti Paris Fashion Week dan Milan Fashion Week sudah tak asing baginya.

Tak banyak model berhijab yang berhasil berada di titik tersebut. Tak heran, jika Halima menjadi salah satu ikon hijabers terpopuler saat ini. (sil/sil)