ADVERTISEMENT

Kimchi Makanan Paling Sehat di 2023 Menurut Ahli Gizi

Hestianingsih Hestianingsih - wolipop Sabtu, 18 Feb 2023 12:00 WIB
Ilustrasi kimchi atau kimchee Ilustrasi kimchi. Foto: Getty Images/iStockphoto/whitewish
Jakarta -

Suka makan kimchi? Kabar baik untuk para penyuka makanan khas Korea Selatan ini. Sayuran fermentasi dengan citarasa asam-pedas ini menjadi makanan paling sehat di 2023.

Dalam studi terbaru, para ahli gizi mengungkap bahwa kimchi dan makanan hasil fermentasi lainnya berada dalam jajaran teratas kategori superfood. Seperti diketahui, superfood adalah kelompok makanan yang kaya nutrisi dan dapat mendukung kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Dalam survei tahunan bertema 'What's Trending in Nutrition', sebanyak 757 ahli diet bersertifikat mengikuti polling untuk menentukan makanan tinggi nutrisi yang akan banyak disukai di 2023.

Ada 10 daftar makanan yang masuk kategori superfood dan untuk pertamakalinya dalam 11 tahun, sebagian besar diisi oleh makanan berbasis nabati. Hasil fermentasi sayur dan tanaman seperti kimchi, yoghurt, teh kombucha dan acar sayur berada di urutan pertama sebagai makanan paling sehat.

Fakta teh kombuchaTeh kombucha jadi salah satu minuman fermentasi yang dinilai paling sehat di 2023. Foto: iStock

Resesi dan krisis finansial menjadi salah satu alasan kenapa makanan berbasis nabati akan menjadi superfood paling populer di 2023. Sayur dan tanaman dinilai lebih ekonomis dan harganya terjangkau untuk menjalani hidup sehat ketimbang daging hewan.

Selain itu banyak manfaat kesehatan yang didapat dengan rajin mengonsumsi sayuran dan buah-buahan. Untuk sayuran fermentasi terutama, selain sehat secara nutrisi, jenis makanan ini juga bisa membantu menjaga kesehatan pencernaan sekaligus meningkatkan daya tahan tubuh.

"Karena konsumen kini menghadapi biaya yang lebih tinggi di toko bahan makanan, mereka akan mencari makanan dan camilan dengan harga terjangkau yang tetap bisa memberikan manfaat kesehatan," jelas Presiden Pollock Communications Louise Pollock, seperti dikutip dari Nextshark.

acar mentimunAcara sayur jadi salah satu superfood paling sehat di 2023. Foto: iStock

"Temuan survei kami mencerminkan bagaimana perilaku konsumen berubah saat pembatasan COVID-19 dilonggarkan, bekerja secara jarak jauh tetap ada, dan inflasi meningkat - mulai dari memprioritaskan makanan yang terjangkau hingga ketertarikan untuk ngemil," lanjutnya.

Makanan fermentasi dalam hal ini kimchi, diyakini memiliki manfaat luar biasa bagi tubuh. Kuliner khas Korea Selatan dari fermentasi sawi putih ini sudah lama dikenal sebagai makanan sehat -dan kini superfood- karena kandungan probiotik, antioksidan, kaya serat juga antikanker. Kimchi dan makanan fermentasi lainnya juga telah terbukti bisa mengurangi kerontokan rambut dan mengurangi kecemasan pada anak muda.

Superfood lainnya yang juga masuk daftar makanan paling sehat di 2023 adalah sayuran bunga (kembang kol, brokoli, brussel sprouts), jahe dan kunyit, buah berry, biji-bijian, biji rami, kopi, buah delima, dark chocolate, teh hijau dan artichoke.



Simak Video "Selena Gomez Ungkap Hailey Bieber Dapat Ancaman Pembunuhan"
[Gambas:Video 20detik]
(hst/hst)