ADVERTISEMENT

Waktu Ngemil yang Tepat Saat Diet untuk Turunkan Berat Badan

Hestianingsih Hestianingsih - wolipop Selasa, 10 Jan 2023 09:00 WIB
Ilustrasi seorang wanita yang makan terlalu banyak alias serakah Ilustrasi wanita diet. Foto: Thinkstock
Jakarta -

Ngemil saat diet penurunan berat badan bukanlah hal terlarang. Mengudap camilan di sela-sela jam makan justru disarankan agar gula darah tetap stabil dan mencegah makan berlebihan.

Pakar gizi menyarankan untuk makan setidaknya 4 hingga 5 kali sehari. Waktu makan dibagi tiga kali makanan utama dan 1-2 kali camilan.

Meskipun ngemil diperbolehkan dan sangat disarankan, cara mengonsumsinya tetap harus diperhatikan. Ngemil di malam hari terutama menjelang tidur sebaiknya tidak dilakukan karena bisa menumpuk gula dan akhirnya menjadi lemak berlebih.

Ahli gizi Brigitte Zeitlin, M.P.H., R.D., C.D.N., menyarankan waktu-waktu paling tepat untuk menikmati camilan yang bisa mendukung diet penurunan berat badan kamu. Kapan saja?

Pukul 10.00 - 10.30

Biasa disebut juga dengan brunch, ngemil pada jam-jam ini akan menjaga gula darah dan energi tetap stabil ketika Anda telat atau melewatkan makan siang. Brigitte menyarankan brunch sebaiknya tidak lebih dari 200 kalori sekali makan.

Camilan yang bisa dipilih pada jam ini bisa berupa satu ons kacang-kacangan karena tinggi akan protein, serat dan lemak sehat.

Alternatif lainnya adalah selembar roti gandum dengan irisan alpukat, olesan keju atau selai kacang. Roti gandum yang kaya akan serat dan karbohidrat kompleks, dipadu dengan olesan mengandung lemak serta protein akan menyediakan nutrisi yang cukup dan perut terasa kenyang hingga jam makan siang.

Lapar Tengah Malam? Ini 7 Camilan Sehat yang Tak Bikin GendutKacang, camilan Sehat yang tak bikin gendut. Foto: Getty Images/Rouzes

Pukul 16.00 - 16.30

Wajar jika kamu lapar beberapa jam setelah makan siang dan merasa ingin ngemil. Menyantap camilan sebelum makan malam tidaklah 'terlarang' bahkan dianjurkan untuk mencegah kalap makan saat malam hari. Selain itu pada jam ini gula darah juga menurun sehingga tubuh perlu tambahan energi.

Buah sangat disarankan sebagai camilan sore. Kamu bisa makan apel atau pisang dengan olesan selai kacang sebagai tambahan protein. Kacang almond umumnya lebih sehat ketimbang kacang tanah. Tapi karena kalori serta kolesterolnya juga tinggi, batasi konsumsinya hanya satu sendok makan sekali makan.Alternatif lainnya adalah kurma dan keju, atau popcorn dengan sedikit lelehan butter tawar.

"Mengenyangkan, hanya mengandung sedikit lemak, protein, dan karbohidrat, dan kaya serat. Camilan yang bagus," saran pakar gizi asal Toronto Abby Langer, R.D., seperti dikutip dari Self.



Simak Video "Gen Halilintar Masuk Nominasi Nickelodeon Kids Choice Awards 2023"
[Gambas:Video 20detik]
(hst/hst)