ADVERTISEMENT

10 Makanan Penurun Kolesterol Agar Tidak Jantungan di Usia Muda

Arina Yulistara - wolipop Jumat, 02 Des 2022 21:00 WIB
Makanan penurun kolesterol. Foto: Ilustrasi Getty Images/enviromantic Makanan penurun kolesterol. Foto: Ilustrasi Getty Images/enviromantic
Jakarta -

Tahukah kamu kalau penyakit jantung merupakan penyebab utama kematian di dunia? Salah satunya karena pengaruh kolesterol. Ini dia makanan penurun kolesterol agar hidupmu lebih sehat.

Dilansir dari situs Harvard Health Publising dan Healthline, kadar kolesterol tinggi, terutama LDL 'jahat' sering dikaitkan dengan peningkatan risiko penyakit jantung. Ini tidak memandang usia.

Kolesterol HDL 'baik' yang rendah dan trigliserida tinggi juga dikaitkan dengan peningkatan risiko penyakit jantung. Begitu pula dengan dietmu yang memiliki efek kuat pada kolesterol dan faktor risiko lainnya.

Ketika kamu melakukan cek kesehatan secara rutin dan menemukan kolesterol tinggi, ini ada beberapa makanan penurun kolesterol yang bisa dikonsumsi.

1. Oat

Top view of wholegrain and cereal composition shot on rustic wooden table. This type of food is rich of fiber and is ideal for dieting. The composition includes wholegrain sliced bread, various kinds of wholegrain pasta, wholegrain crackers, grissini, oat flakes, brown rice, spelt and flax seeds. Predominant color is brown. DSRL studio photo taken with Canon EOS 5D Mk II and Canon EF 100mm f/2.8L Macro IS USMMakanan menurunkan kolesterol. Foto: Getty Images/fcafotodigital

Makanan penurun kolesterol bisa dengan mengonsumsi semangkuk oatmeal atau sereal berbahan dasar oat dingin untuk sarapan pagi. Ini memberimu 1 hingga 2 gram serat larut.

Tambahkan pisang atau strawberry setengah gram lagi. Pedoman nutrisi saat ini merekomendasikan untuk mendapatkan 20 hingga 35 gram serat sehari dengan setidaknya 5 hingga 10 gram berasal dari serat larut.

2. Jelai dan biji-bijian utuh lainnya

Seperti oat , jelai dan biji-bijian utuh lainnya dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung, terutama melalui serat larut yang dihasilkannya. Biji-bijian utuh termasuk makanan penurun kolesterol.

3. Kacang

Kacang sangat kaya akan serat larut. Mereka juga membutuhkan waktu untuk dicerna tubuh yang berarti kamu merasa kenyang lebih lama setelah makan.

Itulah salah satu alasan kacang menjadi makanan penurun kolesterol sekaligus berguna bagi orang yang ingin menurunkan berat badan. Kacang memiliki nutrisi tambahan yang melindungi jantung.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa makan almond, kenari, kacang tanah, dan kacang-kacangan lainnya baik untuk jantung. Makan 2 ons kacang sehari bisa sedikit menurunkan LDL sekitar 5%.

4. Terong dan okra

okraokra, makanan menurunkan kolesterol Foto: iStock

Kedua sayuran rendah kalori ini merupakan sumber serat larut yang baik sehingga cocok sebagai makanan penurun kolesterol.

5. Minyak nabati

Menggunakan minyak nabati cair seperti kanola, sunflower, safflower, dan lainnya sebagai pengganti mentega saat memasak atau langsung ke makananmu membantu menurunkan LDL. Minyak nabati termasuk salah satu makanan penurun kolesterol.

6. Apel, anggur, stawberry, dan jeruk

Buah-buahan tersebut kaya akan pektin, sejenis serat larut yang menurunkan LDL. Cocok direkomendasikan sebagai makanan ringan penurun kolesterol.

Selanjutnya
Halaman
1 2