7 Makanan untuk Menurunkan Kolesterol setelah Kalap Makan Daging

Hestianingsih - wolipop Selasa, 20 Jul 2021 15:00 WIB
Beef Bourguignon in an Enameled Cast Iron Dutch Oven Foto: Getty Images/rudisill
Jakarta -

Perayaan Idul Adha identik dengan hidangan serba daging. Mulai dari rendang, semur, gulai hingga sate.

Sajian makanan olahan daging qurban seperti sapi atau kambing memang menggugah selera terutama bagi para penggemar daging merah. Tapi hati-hati, jika kalap melahap banyak masakan dari daging qurban, kolesterol bisa naik.

Seperti dikutip dari detikHealth, kolesterol tinggi bisa menyebabkan berbagai gangguan kesehatan. Beberapa gejalanya adalah sakit kepala, nyeri dada, juga nyeri di bagian tengkuk.

Untuk itu seenak apapun sajian daging yang dihidangkan di depan kamu, perlu dibatasi konsumsinya. Tapi jika sudah terlanjur kalap, konsumsilah beberapa makanan ini untuk menetralisir kadar kolesterol.

Berikut ini daftar makanan untuk menurunkan kolesterol tinggi yang dirangkum Wolipop dari berbagai sumber.

1. Oatmeal

7 Alasan Oatmeal Jadi Sarapan Terbaik dan Perlu Dikonsumsi Tiap HariFoto: iStock

Oatmeal dikenal sebagai makanan sehat untuk melawan kolesterol tinggi karena tinggi akan beta-glukan, serat larut yang bisa membantu menurunkan kadar LDL, atau kolesterol jahat dalam darah. Saat masuk ke dalam tubuh, serat ini akan membentuk lapisan lengket di usus kecil yang dapat menghalangi kolesterol masuk dalam pembuluh darah.

2. Apel

apple isolated on wood backgroundFoto: iStock

Apel mengandung pectin, yakni jenis serat larut yang bekerja layaknya 'pengait' untuk memancing kolesterol jahat dan membawanya melewati sistem pencernaan hingga membuangnya melalui kotoran. Konsumsilah apel minimal sebutir sehari.

Apel ini bisa kamu makan begitu saja atau dijadikan salad. Khasiatnya dalam menurunkan kolesterol akan lebih efektif jika dimakan bersama kulitnya. Tapi pastikan sudah dicuci terlebih dahulu dengan air mengalis sebelum dikonsumsi.

3. Kacang-kacangan

Ramadan Atmosphere - Collection of Ramadan Fruits and Nuts with Lantern on wooden tableFoto: iStock

Jenis kacang-kacangan seperti walnut, almond, pistachio dan pecan telah terbukti bisa menurunkan kadar kolesterol jahat. Secara umum kacang kaya akan lemak tak jenuh tunggal, serat, beberapa vitamin dan mineral yang baik bagi kesehatan jantung.

Kacang juga mengandung sterol, zat alami yang bisa menghalangi kolesterol dari daging yang kamu makan memasuki pembuluh darah. Meskipun baik bagi tubuh dan rasanya gurih, kamu tetap harus membatasi konsumsi kacang karena termasuk makanan tinggi kalori. Cukup makan 1 ons almond setiap hari, karena sudah mengandung 163 kalori.

4. Alpukat

Ilustrasi alpukatIlustrasi alpukat. Foto: Getty Images/iStockphoto/Milan Krasula

Buah dengan tekstur dan citarasa creamy ini ternyata juga bisa membantu menurunkan kolesterol jahat (LDL). Alpukat menjadi makanan untuk menurunkan kolesterol karena kaya akan lemak sehat (tak jenuh tunggal), serat, antioksidan dan phytosterol yang terbukti mampu mengurangi LDL jika dikonsumsi secara rutin.

Nikmati alpukat dengan cara yang sehat. Misalnya dijadikan olesan roti panggang, campuran salad atau dimakan begitu saja dengan sedikit madu sebagai penambah rasa.

5. Dark Chocolate

Stack of dark chocolate bars with cocoa powder used for baking lies on top of a kitchen counter ready to be chopped and melted into a dessert.  Food preparation. No people. Foto: iStock

Penggemar cokelat boleh berbahagia, karena camilan sehat ini juga bisa melawan kolesterol jahat. Cokelat jenis dark chocolate dan bubuk cokelat mengandung flavonoid, jenis antioksidan yang membantu menurunkan kolesterol.

Konsumsilah 1-2 keping dark chocolate untuk mendapatkan manfaatnya. Kamu juga bisa menyeduh bubuk cokelat untuk dijadikan minuman hangat yang tak hanya menenangkan tapi juga menyehatkan. Tambahkan sedikit susu putih agar rasanya lebih nikmat.

6. Bawang Putih

Bawang PutihBawang Putih. Foto: iStock

Konsumsi bawang putih baik bagi jantung dan kesehatan tubuh secara keseluruhan. Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa bawang putih mampu mencegah pembentukan kolesterol jahat dalam liver. Selain itu bawang putih juga membantu menurunkan hipertensi.

Sebagai bumbu, bawang putih bisa dikonsumsi dengan cara apapun. Tapi kamu bisa menambahkannya lebih banyak ke dalam saus, bumbu masakan, salad dressing atau dijadikan acar untuk mendapatkan manfaat lebih maksimal.

7. Terong

Eggplant slices on cutting board on wooden backgroundFoto: Getty Images/iStockphoto/Qwart

Selain rasanya yang lezat dan mudah diolah menjadi berbagai macam masakan, terong ternyata merupakan salah satu makanan paling baik untuk menjaga kestabilan kolesterol dalam darah. Terong mengandung serat larut, antioksidan, vitamin serta mineral penting.

Terong bisa diolah dengan cara dipanggang, kukus, sebagai bahan tambahan pada masakan kari, tumisan bahkan pasta. Bisa juga dimakan mentah sebagai lalapan.

Itulah tujuh makanan untuk menurunkan kolesterol yang perlu dikonsumsi apabila kamu terlalu banyak makan daging. Namun lebih baik mencegah daripada mengobati, konsumsilah daging merah secukupnya untuk mendapatkan manfaat protein dan zat besi. Jika berlebihan akan tidak baik pula bagi kesehatan tubuh.

(hst/hst)